loading...

Dicari Konsultan Modul Pengajaran Untuk Proyek Penguatan Kolaborasi Lintas - Iman

Search for Common Ground mencari Konsultan Modul Pengajaran untuk proyek “Penguatan Kolaborasi Lintas-Iman untuk Penghormatan dan Perlindungan Rumah Ibadah di Indonesia”

I. LATAR BELAKANG
Search for Common Ground (SFCG) adalah sebuah lembaga non-profit yang bergerak di bidang perdamaian dan transformasi konflik. SFCG percaya bahwa konflik adalah fenomena normal yang pasti terjadi dan, jika dikelola dengan baik, bisa bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan sosial. Pada tahun 2011, SFCG bekerjasama dengan beberapa lembaga lain yaitu Religions for Peace (RFP),  Oslo Center for Peace and Human Rights dan One World in Dialogue berhasil menyusun Holy Site Code of Conduct. Kode etik ini bertujuan untuk memperkuat komitmen antar umat beragama dalam menjaga rumah peribadatan dan mempromosikan kerjasama antar-iman.

Saat ini, selain berusaha untuk melembagakan kode etik ini melalui Persatuan Bangsa-Bangsa, SFCG juga menjalankan proyek percobaan penerapan Holy Site Code of Conduct di dua negara: Indonesia dan Nigeria.

Rangkaian kegiatan yang akan kami jalankan adalah pembuatan buku komik, video dan modul pengajaran, serta kampanye melalui sosial media, dan radio. Upaya ini diharapkan dapat membantu menyebarkan kesadaran akan Penghormatan dan Perlindungan Tempat-Tempat Suci kepada masyarakat luas, khususnya kepada para guru dan siswa di Sekolah Menengah Atas/Sederajat.

SFCG mencari seorang konsultan untuk membuat Modul Pengajaran yang menggambarkan pentingnya perlindungan tempat suci dalam proses bina damai. Modul Pengajaran ini akan berisi materi toleransi, menyoroti nilai-nilai kemanusiaan dan perdamian di semua keyakinan dan menjelaskan pentingnya saling menghormati dan memperkuat kerjasama lintas iman dalam penghormatan dan perlindungan tempat-tempat suci. Modul ini akan digunakan sebagai alat bantu pengajaran guru-guru agama di SMA di Jabodetabek.

II. TUJUAN KEGIATAN
  • Membekali guru-guru SMA/Sederajat dengan keahlian serta alat-alat untuk mengajarkan keragaman rumah ibadah dan toleransi. 
  • Membekali tokoh-tokoh agama dan masyarakat dengan keahlian serta alat-alat untuk mempromosikan keragaman rumah ibadah dan toleransi ke tengah masyarakat. 
  • Mendorong inisiatif anak-anak muda untuk melakukan kampanye perlindungan terhadap rumah ibadah melalui cara dan media kreatif. 
  • Meningkatnya jumlah kolaborasi lintas iman terkait perlindungan dan penghormatan terhadap tempat-tempat suci.
III. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KONSULTAN
  • Merumuskan konsep dan materi pengajaran.
  • Menulis naskah.
IV. RANGKAIAN KEGIATAN UNTUK KONSULTAN MODUL PENGAJARAN

Curriculum Development Meeting
Pertemuan ini akan menghadirkan sejumlah pemangku kepentingan mulai dari IRC, guru-guru agama se-Jabodetabek maupun lembaga non-pemerintah lain untuk merumuskan materi serta cara terbaik dalam menyebarkan pesan penghormatan dan perlindungan terhadap rumah ibadah di Indonesia kepada masyarakat, khususnya pelajar dan anak muda. Hasil yang diharapkan dari pertemuan ini adalah: kurikulum pengajaran serta bentuk-bentuk alat pengajaran yang dibutuhkan atau akan diproduksi selama proyek ini berlangsung. Konsultan diharapkan mengikuti pertemuan ini untuk mendapatkan gambaran tentang materi yang dibutuhkan dalam pembuatan modul.

Produksi modul pengajaran
Proses ini bertujuan untuk menindaklanjuti keputusan yang dihasilkan dalam curriculum development meeting. Modul yang dihasilkan akan disebarluaskan ke sekolah-sekolah agar bisa digunakan oleh guru-guru dalam mengajarkan materi toleransi serta penghormatan dan perlindungan umat beragama.

V. TARGET PENERIMA MODUL PENGAJARAN
Daerah
Jumlah Buku
Jumlah Sekolah
Total Buku
Jakarta
10
10
100
Bogor
10
10
100
Depok
10
10
100
Tangerang
10
10
100
Bekasi
10
10
100
TOTAL
50
50
500

VI. WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilangsungkan pada bulan April – Juni 2015 dengan rincian yang akan ditentukan kemudian.

VII. Persyaratan Umum:
  • Kandidat harus memiliki pengalaman dalam menulis Modul Pengajaran.
  • Kandidat memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.
  • Memahami isu-isu mengenai hubungan antar iman di Indonesia, akan lebih disukai.
  • Bersedia melakukan perjalanan ke daerah, untuk kepentingan riset, jika diperlukan.
Jika tertarik, silakan mengirim surat lamaran dan CV, beserta anggarannya , ke phandayani@sfcg.org cc aparamest@sfcg.org atau memalui link DISINI paling lambat pada tanggal 07 April 2015. Tolong cantumkan Konsultan Modul Pengajaran – holy site, pada kolom subjek di email.