Pusat
Manajemen dan Pelayanan Kesehatan (PMPK) dibentuk sebagai embrio di
dalam Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit
dan Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kedokteran
Universitas Gadjah Mada berdasarkan SK Dekan Fakultas Kedokteran
Universitas Gadjah Mada dengan No: UGM/KU/503/UM/01/39 tertanggal 5
Februari 1998. Di awal tahun 2013, PMPK telah berubah nama menjadi Pusat
Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK). Pusat Kebijakan dan Manajemen
Kesehatan dikelola di bawah pengawasan Fakultas Kedokteran Universitas
Gadjah Mada dan pengembangan strategi dan sistem kontrol mutu dilakukan
oleh Sistem Board, yang beranggotakan Resource Person yang berstatus
sebagai dosen/ staff pengajar di lingkup UGM. Organisasi PKMK tidak
bertumpu pada
dosen, namun lebih pada tenaga konsultan dan peneliti penuh dan paruh
waktu.
Saat
ini PKMK FK UGM dengan pendanaan dari DFAT sedang melakukan penelitian
tentang HIV & AIDS Policy and Programming within the Framework of
Health System in Indonesia hingga Desember 2015. Untuk mendukung
beberapa kegiatan dalam penelitian multicenter tersebut, Tim HIV &
AIDS PKMK FK UGM sedang mencari seorang Peneliti (Media dan Advokasi)
dengan kualifikasi sebagai berikut :
Ringkasan Jabatan:
Posisi
Jabatan ini akan bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan
berbagai kegiatan komunikasi dan penyediaan informasi untuk mendukung
kegiatan advokasi kebijakan kesehatan. Selain itu, posisi ini juga
bertanggungjawab keterlibatan aktif media, organisasi masyarakat sipil,
universitas dan pemerintah dalam bidang pengembangan kebijakan dan
legislasi terkait dengan promosi untuk membangun kebijakan AIDS yang
lebih baik di Indonesia.
Tugas dan Tanggung Jawab Pokok:
- Mengidentifikasi kebutuhan informasi penelitian dari tim AIDS PKMK FK UGM.
- Mengumpulkan dan melakukan analisis informasi yang relevan bagi organisasi untuk mendukung peran-peran strategis dalam advokasi kebijakan dalam HIV dan AIDS.
- Secara regular melakukan komunikasi dengan publik melalui media tentang isu-isu strategis Tim AIDS sebagai upaya untuk mendorong terbentuknya berbagai wacana kebijakan dan program HIV dan AIDS di tingkat nasional dan sub-nasional
- Memperkuat jaringan dengan kelompok masyarakat sipil, universitas, organisasi pembangunan internasional dan pemerintah untuk memastikan terbentuknya kebijakan dan program AIDS yang mencerminkan kebutuhan komunitas yang paling terdampak.
- Membangun jaringan dengan lembaga-lembaga yang memiliki tugas atau memiliki akses ke pengembangan kebijakan publik sehingga bisa terlibat secara efektif dalam proses penyusunan kebijakan dan program.
- Memastikan bahwa perencanaan kegiatan media, penyebaran informasi/pengetahuan dan advokasi bisa dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
- Bekerja dengan pimpinan lembaga untuk menanggapi berbagai permintaaan pemangku kepentingan atas informasi terkait dengan pengembangan sektor pengetahuan.
- Memperkuat visibilitas Tim AIDS dalam bidang penelitian, perencanaan dan implementasi program, dan advokasi dalam bidang HIV dan AIDS di Indonesi.
- Terlibat dalam upaya lembaga untuk melakukan mobilisasi sumber daya untuk mendukung kegiatan penelitian, penyediaan layanan dan advokasi melalui penyusunan proposal terkait.
Kualifikasi, Ketrampilan dan Pengalaman
- Memiliki latar belakang pendidikan S-2 dalam bidang kesehatan masyarakat, sosiologi, pembangunan sosial atau yang relevan.
- Minimum mempunyai pengalaman kerja dalam bidang penanggulangan HIV dan AIDS selama 3 tahun baik sebagai peneliti atau pengelola program advokasi atau layanan.
- Memiliki pengalaman dalam merancang dan mengelola kegiatan advokasi dan pengembangan sektor pengetahuan.
- Menunjukkan ketrampilan komunikasi dan interpersonal, kemampuan melakukan penelitian dan kemampuan berjejaring baik dengan organisasi masyarakat sipil, universitas, mitra pembangunan internasional dan pemerintah.
- Memiliki ketrampilan analitik, evaluasi dan menulis artikel/policy brief atau laporan penelitian.
- Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang teknologi informasi
- Mampu bekerja dalam lingkungan yang beragam dan sensitif
- Mampu bekerja sebagai bagian dari Tim dan mampu menunjukkan kepemimpinan, supervisi dan dukungan kepada mitra kerja.
- Mampu berbahasa Inggris aktif dalam berbicara atau menulis
PKMK FK UGM membuka kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan akan melalui proses perekrutan sesuai standar PKMK FK UGM.
Bagi
yang berminat dan memiliki kualifikasi seperti di atas, silahkan
mengirimkan CV dan surat lamaran ke : evianabudiawan@gmail.com dengan
subject : Rekrutmen Peneliti (Media & Advokasi) dengan batas waktu
sampai 22 Agustus 2014.