loading...

Kemitraan Partnership Vacancy: Researcher Untuk Pelaksanaan Mini - Evaluations Atas Reformasi Birokrasi

Currently we have immediate vacancy for high caliber Indonesians with high integrity to fill this following position:

RESEARCHER UNTUK PELAKSANAAN MINI-EVALUATIONS ATAS REFORMASI BIROKRASI


Latar Belakang 
Pemerintah Australia (AusAID, yang sekarang menjadi bagian dari Department of Foreign Affairs & Trade) telah memberikan dana sebesar AUD 6,2 juta hingga Juni 2015 kepada Kemitraan untuk memberikan dukungan teknis, bantuan peningkatan kapasitas, dukungan operasional terkait dengan inisiatif‐inisitiaf reformasi birokrasi di Indonesia. Program tersebut diberikan nama Reform the Reformers – the Continuation (RtR‐C), dan merupakan 4 komponen sebagai berikut: 
  1.  Komponen  Reformasi  Birokrasi  Internal  (RBI)  yaitu  komponen  yang  ditujukan  untuk memperkuat kapasitas internal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN‐RB);  
  2. Komponen Reformasi Birokrasi Nasional (RBN) yaitu komponen untuk penguatan kapasitas KemenPAN‐RB dalam memimpin Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Nasional (UPRBN); 
  3. Komponen  CSO  Engagement  yaitu  komponen  untuk  penguatan  kapasitas  organisasi masyarakat  sipil  (universitas,  media,  LSM  dan  parlemen)  untuk  melakukan  advokasi,  pengawasan,  lobi,  dan  mendukung  pelaksanaan  agenda  reformasi  birokrasi  serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan reformasi birokrasi;  
  4. Komponen BR Hub, yaitu  komponen untuk penumpulan bukti  kebijakan (policy evidence) dan  pembelajaran  terkait  dengan  isu‐isu  reformasi  birokrasi,  dengan  tujuan  bahwa manajemen  DFAT  dan  pejabat  tinggi  di  pemerintah  Indonesia  menggunakan  informasi tersebut untuk tetap mendukung dan mendorong reformasi birokrasi di Indonesia. 
Untuk  menarik  perhatian  DFAT  dan  program‐program  DFAT  yang  lain  terhadap reformasi birokrasi, RtR‐C punya kepentingan untuk menyusun berbagai mini‐evaluations (evaluasi singkat tentang  pelaksanaan  aktifitas terkait  dengan reformasi  birokrasi), stories  of  change  (sebuah kajian tentang bagaimana sebuah aktor terkait dengan reformasi birokrasi berubah), dan case studies  (kajian  tentang sebuah  aspek  dukungan  reformasi  birokrasi  tertentu  yang  dianggap menarik dan/atau istimewa). 

URAIAN TUGAS  
Researcher akan bertanggungjawab atas kegiatan sebagai berikut: 
  • Bekerjasama dengan tim RtR‐C (Team Leader, M&E Specialist, & Component Manager) serta perwakilan DFAT (Program Manager for Bureaucratic Reform, Performance Results & Knowledge Management Specialist) untuk mengidentifikasikan kegiatan/key outputs yang layak dikaji dengan melakukan mini‐evaluation / case study / story of change. 
  • Bekerjasama dengan RtR‐C M&E Specialist dan DFAT Performance Results & Knowledge Management Specialist untuk mendesain mini‐evaluation / case study / story of change, termasuk dengan mengidentifikasikan pengguna yang disasar, pertanyaan evaluasi, dan metodologi yang tepat.
  •  Melakukan mini‐evaluation / case study / story of change dengan mengumpulkan dan menganalisa data (kuantitatif maupun kualitatif) sesuai dengan desain.  
  • Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil kepada RtR‐C, pemerintah Indonesia, dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Membantu penulisan dan pengemasan hasil evaluasi dalam bentuk presentasi/policy brief/dsb.  
KUALIFIKASI
 
Spesifikasi Personal 

Kualifikasi:
  • S2 administrasi/kebijakan publik, ilmu administrasi, ilmu manajemen, atau disiplin ilmu‐ilmu sosial lainnya.
  •  Memahami tata kelola pemerintahan dan konteks reformasi birokrasi di Indonesia. 
Pengalaman:  
  • Memiliki pengalaman menjadi peniliti / evaluator minimum 5 tahun, termasuk di sektor pemerintahan di Indonesia.  
Kemampuan/Keterampilan Khusus:  
  • Mampu mendesain riset / evaluasi yang menggunakan metodologi yang tepat (baik kuantitatif maupun kualitatif, atau mixed method)
  • Mampu melakukan analisa data dan informasi dengan metode kuantitatif maupun kualitatif.
  • Mampu melakukan analisis terhadap kebijakan publik.
  •  Memiliki kemampuan untuk menyampaikan hasil riset (baik tertulis maupun lisan) dengan efektif, singkat dan jelas.
  • Memiliki keterampilan interpersonal yang baik dengan beragam stakeholders.
  • Mampu mengelola prioritas pekerjaan dengan pengawasan minimal.
  • Komitmen terhadap reformasi tata kelola pemerintahan di Indonesia  
Application deadline : 11 July 2014.
HR Unit Kemitraan <partnership_kemitraan@yahoo.co.id>