loading...

Lowongan Kerja - Konsultan Pengurangan Risiko Bencana

Pengumuman Lowongan Kerja Konsultan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) (untuk ditempatkan di Badan Nasional Penanggulangan Bencana)

1. Latar Belakang

AIFDR

Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) mewakili komitmen bilateral terbesar Australia untuk mengurangi dampak bencana dan merupakan komponen kunci dalam program pembangunan Australia di Indonesia. AIFDR bekerjasama erat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan fokus dalam meningkatkan kapasitas Indonesia untuk mengidentifikasi, memitigasi dan menanggapi risiko bencana alam. Salah satu komitmen yang masih berjalan hingga saat ini adalah program Capacity Development Support Programme (CDSP).

BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dibentuk melalui Keputusan Presiden tahun 2008 dan menjadi badan nasional utama yang bertanggung jawab dalam koordinasi dan melaksanakan upaya-upaya prabencana, tanggap darurat dan pascabencana sesuai dengan UU No. 24 tahun 2007 mengenai Penanggulangan Bencana.


2. Tujuan

- Mendukung Direktorat PRB dalam mengawal proses Post AMCDRR (Asian Ministerial Conference for Disaster Risk Reduction) mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi dan pembelajaran.
- Mendukung pengembangan kapasitas Direktorat PRB dalam sektor Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan upaya menginstitusionalisasi Post AMCDRR ke dalam kegiatan BNPB.
- Mendukung dan mengembangkan upaya kerjasama BNPB dengan universitas/perguruan tinggi atau lembaga penelitian lainnya sebagai ‘center of excellence’ dalam mengembangkan strategi implementasi, pembelajaran dan penelitian terkait Pengurangan Risiko Bencana.


3. Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas utama Konsultan Pengurangan Risiko Bencana termasuk: 
- Menilai perkembangan upaya-upaya yang telah dilakukan dalam merealisasikan Deklarasi Yogyakarta.
- Mengembangkan Kerangka Kerja Pelaksanaan, kapasitas yang diperlukan, Sistem serta Alat Monitoring dan Evaluasi agar Deklarasi Yogyakarta dapat tercapai sesuai dengan target-target yang dicanangkan pada AMCDRR, melalui proses konsultasi dengan multi-pihak, baik nasional maupun internasional.
- Bersama dengan BNPB, khususnya Direktorat PRB, mengembangkan jejaring kerja sama dengan Universitas/Perguruan Tinggi untuk mengembangkan, merancang dan memelihara sistem tentang strategi implementasi, pembelajaran dan penelitian dalam sektor Pengurangan Risiko Bencana. Data, informasi dan hasil penelitian dari proses ini dikumpulkan, dianalisa, disebarkan dan digunakan sebagai pedoman dalam implementasi program BNPB khususnya tentang PRB baik di tingkat nasional maupun sub-nasional.
- Mengamati, menganalisa dan mendokumentasikan semua rekam proses dan memberikan rekomendasi perbaikan Kerangka Kerja dan sistem serta alat monitoring.


4. Pelaporan

Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB dan manajer kegiatan di AIFDR.


5. Lingkup Kerja

Durasi tugas: Satu tahun, dengan kemungkinan diperpanjang.
Fasilitas Kantor: Berbagi-pakai printer dan jaringan internet.


6. Kriteria

- Berpengalaman minimal 5 tahun di Bidang Pengurangan Risiko Bencana dalam manajemen, komunikasi dan/atau monitoring-evaluasi 
- Memiliki pemahaman yang menyeluruh serta pengalaman tentang siklus manajemen program di bidang PRB.
- Memiliki kemampuan yang menganalisa peran multi-pemangku kepentingan, dan menjadi mediator serta fasiliator yang baik. 
- Memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan memelihara sistem progress-tracking yang terstruktur/sistematis.
- Memahami tentang kebijakan/peraturan dan prosedur manajemen bencana, serta pelaku pengurangan risiko bencana di tingkat nasional maupun internasional. 
- Memiliki kemampuan menulis yang baik, dalam Bahasa Indonesia maupun dalam Bahasa Inggris. 
- Berpengalaman dalam mentoring atau peningkatan kapasitas/pelatihan. 
- Memiliki kemampuan menganalisa, mengungkapkan ide secara terstruktur dan sistematis.
- Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam Monitoring dan Evaluasi.


7. Remunerasi

Sesuai dengan skala remunerasi yang berlaku di AIFDR, dengan negosiasi.


8. Prosedur Aplikasi

Terms of Reference dan Formulir Data Pribadi dapat diunduh pada website:

Kirimkan Surat Lamaran, Curriculum Vitae dan Formulir Data Pribadi yang sudah diisi lengkap ke alamat email recruitment@tripilar.com.

Gunakan sebagai subyek email: Aplikasi – Konsultan Pengurangan Risiko Bencana - <Nama>


9. Tanggal Penutupan

Tanggal 17 September 2013 (tengah malam). Aplikasi yang terlambat dan/atau tidak lengkap, tidak akan diproses lebih lanjut.


Perempuan didorong untuk melamar pada posisi ini.


LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!