loading...

Direktorat Pendanaan Luar Negeri Membuka Lowongan Untuk Para Putra - Putri Terbaik Indonesia Tahun 2016

Direktorat Pendanaan Luar Negeri (PLN) Multilateral, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), akan mengembangkan suatu sistem pengelolaan pengetahuan dalam konteks kegiatan pinjaman dan hibah luar negeri, yang mampu mengumpulkan pengetahuan eksisting, mengorganisasikan pengetahuan, dan mengembangkan akses yang terstruktur terhadap pengetahuan. Lebih jauh lagi, sistem pengelolaan pengetahuan juga mampu untuk mengidentifikasi pengetahuan yang belum terdokumentasi, mengembangkan mekanisme dokumentasi, dan mendokumentasikan pengetahuan.

Pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan di Direktorat PLN Multilateral Bappenas merupakan bagian dari proyek Sustainable Economic Development through South-South and Triangular Cooperation (SEDSSTC)—dengan IFAD sebagai mitra dan Direktorat PLN Multilateral sebagai pelaksana proyek. Proyek SEDSSTC, melalui Studi Pelingkupan di tahun 2014, telah mengidentifikasi kebutuhan pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan dan saat ini telah dilakukan studi pengembangan desain sistem pengelolaan pengetahuan program kegiatan yang didanai oleh pendanaan luar negeri multilateral. Tahap selanjutnya dari kegiatan ini adalah menindaklanjuti hasil studi yang telah dilakukan dengan mulai membangun  desain sistem pengelolaan pengetahuan berbasis web yang direncanakan dalam konsep dalam studi yang telah dilakukan tersebut.

Untuk mencapai keluaran kegiatan di atas, proyek SEDSSTC akan mengontrak beberapa Tenaga Ahli individu. Tenaga Ahli akan bertanggungjawab kepada Direktur PLN Multilateral Bappenas, dan Manajer Proyek SEDSSTC akan mengawasi kemajuan pekerjaan Tenaga Ahli. Adapun Tenaga ahli yang akan direkrut adalah sebagai berikut: 

Policy and System Development Specialist (1 Orang). Kode PSD
Bertanggungjawab dalam hal:
  • Memimpin dan melakukan supervisi terhadap pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan;
  • Memastikan pengembangan sistem sesuai dengan keperluan Bappenas dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Bappenas;
  • Bertanggung jawab dalam penyusunan manual pengguna dan administrator Sistem Pengelolaan Pengetahuan;
  • Menjalin kerjasama dengan para pihak terkait dalam pengayaan baik aplikasi maupun database sistem pengelolaan pengetahuan;
  • Menyusun rencana pengembangan sistem dan aplikasi ke depan, termasuk bagaimana sistem ini terkoneksi dengan sistem lain yang relevan, baik yang ada di Bappenas maupun di luar Bappenas; 
  • Menyusun rencana serta melakukan training atau coaching bagi staf Bappenas dalam mengoperasikan Sistem baik sebagai pengguna maupun administrator;
  • Melakukan pekerjaan lain yang diberikan oleh Direktorat Pendanaan Luar Negeri Multilateral, Bappenas
Kualifikasi yang dibutuhkan:
  • Memiliki latar pendidikan S1 di bidang teknik dengan pengalaman kerja minimal 15 tahun;
  • Memiliki pengalaman bekerja dalam system pemerintah atau mitra pembangunan;
  • Memiliki pengalaman dan pemahaman dalam mengembangkan system dan aplikasi teknologi informasi di pemerintahan;
  • Memahami proses perencanaan dan penganggaran yang dijalankan oleh pemerintah;e. Memiliki pengalaman terkait proyek pengembangan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan mitra pembangunan;
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisa dan menjelaskan informasi yang rumit;
  • Memiliki kemampuan presentasi, komunikasi dan dapat menulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris;
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam tim sekaligus mampu bekerja secara independen untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas
Developer/Programmer (1 Orang). Kode: DP
Bertanggungjawab dalam hal:
  • Mengembangkan struktur database untuk sistem pengelolaan pengetahuan yang dikembangkan;
  • Mengembangkan Sistem Pengelolaan Pengetahuan berbasis Web dengan desain yang telah disetujui oleh Direktorat Pendanaan Luar Negeri Multilateral Bappenas;
  • Mengaktivasi Situs Pengelolaan Pengetahuan bekerjasama dengan Pusdatin, Bappenas, termasuk di dalamnya adalah manajemen dan konfigurasi server untuk keperluan aktivasi sistem;
  • Menyusun manual pengguna dan administrator Sistem Pengelolaan Pengetahuan;
  • Menyusun dokumentasi pengembangan struktur database dan pengembangan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengetahuan;
  • Bertanggung jawab terhadap penyelesaian masalah, konfigurasi database, capacity planning, dan performance tuning;
  • Melakukan training atau coaching bagi staf Bappenas dalam mengoperasikan Sistem baik sebagai pengguna maupun administrator;
Kualifikasi yang dibutuhkan:
  • Memiliki latar pendidikan S1 di bidang teknik informatika atau computer atau sejenis dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun;b. Memiliki pengalaman bekerja dalam system pemerintah atau mitra pembangunan;
  • Berpengalaman dalam mendesain internet-based distribution network dan mengembangkan website;
  • Menguasai dan berpengalaman dalam bahasa pemograman HTML, PHP, JavaScript, CSS
  • Memiliki pengalaman dalam bekerja menggunakan MS Access, XML/XLS dan MySql
  • Memiliki pengalaman menggunakan AJAX, DHTMLX dan jQuery
  • Memiliki kemampuan dalam menggunakan Windows XP, Windows 2000, Windows 95/98, Windows NT 4.0 and RedHat Linux operating systems
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam tim sekaligus mampu bekerja secara independen untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas
Data Analyst (2 orang). Kode DA
Bertanggung jawab dalam hal:
  • Menulis ringkasan informasi program pembangunan dalam format yang telah disetujui oleh Direktoran Pendanaan Luar Negeri Multilateral Bappenas;b. Mengumpulkan dan mengkonsolidasikan informasi dan pengetahuan yang merupakan hasil pembangunan untuk disimpan dan ditampilkan dalam sistem pengelolaan pengetahuan;
  • Melakukan kategorisasi informasi dan pengetahuan berdasarkan kategorisasi yang telah dikembangkan dalam sistem pengelolaan pengetahuan;
  • Mengunggah hasil ringkasan dan konsolidasi informasi dan pengetahuan ke dalam sistem;
  • Melakukan quality control terhadap sistem pengelolaan pengetahuan yang dikembangkan;
  • Memberikan masukan dalam pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan;
  • Membangun jejaring dengan pihak-pihak terkait diantaranya adalah Pusdatin, Pusbindiklatren dan Direktorat lain di Bappenas; Kementerian/Lembaga terkait; Mitra Pembangunan, Lembaga Penelitian dan Lembaga Non Pemerintah terkait; untuk bekerjasama menghimpun informasi dan pengetahuan dari lembaga-lembaga tersebut dalam rangka memperkaya database sistem pengelolaan pengetahuan;
  • Melakukan training atau coaching bagi staf Bappenas dalam mengoperasikan Sistem baik sebagai pengguna maupun administrator;
Kualifikasi yang dibutuhkan:
  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1 dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun;
  • Memiliki pengalaman bekerja dalam sistem pemerintah atau mitra pembangunan (donor);c. Memiliki kemampuan presentasi, komunikasi dan menulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris;
  • Memiliki pengalaman dan pemahaman dalam pengembangan sistem dan aplikasi teknologi informasi di pemerintahan, baik pusat maupun daerah;
  • Memiliki kemampuan menggunakan MS Word, MS Excel dan MS Access;
  • Kemampuan dan pengalaman bekerja menggunakan MS Access, XML/XLS dan MySql menjadi keunggulan yang sangat besar;
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam tim sekaligus mampu bekerja secara independen untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.
Bagi kandidat yang berminat dapat menyampaikan
Surat lamaran beserta dokumen pendukung (CV, Ijazah, KTP, NPWP ) 
Dengan mengirimkannya kepada Sekretariat SEDSSTC, melalui email:
SEDSSTC.IFAD@gmail.com
Selambatnya tanggal 8 Agustus 2016
Harap e-mail dapat dikirimkan dengan subyek dengan Kode masing-masing posisi