loading...

Lowongan Tenaga Event Organizer untuk “Female Food Hero” Event - Jakarta

OXFAM

SEKILAS TENTANG OXFAM DI INDONESIA
Satu dari tiga penduduk dunia hidup dalam kemiskinan. Oxfam bertekad untuk mengubah kondisi tersebut dengan menggerakkan pemberdayaan masyarakat untuk memerangi kemiskinan. Di seluruh dunia, Oxfam berupaya untuk menemukan solusi-solusi praktis dan inovatif guna membantu masyarakat untuk keluar dari kemiskinan dan hidup lebih baik. Oxfam menyelamatkan kehidupan dari berbagai ancaman dan membantu mengembangkan penghidupan masyarakat di masa krisis. Oxfam juga melakukan kampanye secara luas agar suara kaum miskin mampu mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Oxfam, dalam tiap upayanya, selalu bekerja bersama organisasi mitra serta bergandengan tangan dengan masyarakat rentan, baik perempuan maupun laki-laki,  untuk mengakhiri ketidakadilan yang menyebabkan kemiskinan.

Di Indonesia, Oxfam bekerja sejak tahun 1957 untuk membantu pengurangan kemiskinan serta memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh kaum miskin maupun kelompok rentan lainnya. OXfam telah menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai organisasi nasional dan lokal di berbagai wilayah di Indonesia guna memastikan pemenuhan hak perempuan atas penghidupan bekelanjutan, hak untuk menyuarakan kepentingan dan berpartisipasi dalam mengambil keputusan seta hak untuk memperoleh pelayanan sosial dasar, khususnya dalam pengurangan resiko kebencanaan. Salah satu titik tumpu kampanye Oxfam dalam mendorong keadilan ekonomi di Indonesia pada periode 2014-2015 adalah kampanye tentang pemenuhan hak atas pangan, khususnya bagi para penghasil pangan skala kecil, serta peningkatan kapasitas masyarakat dalam beradaptasi terjhadap perubahan iklim.

Event Organizer untuk “Female Food Hero” Event

LATAR BELAKANG
Petani perempuan di pedesaan adalah tulang punggung pertanian di Indonesia dan merupakan kunci untuk peningkatan kualitas pangan, adaptasi iklim, resiliensi pangan akan tetapi mereka kurang mendapatkan akses dan kontrol terhadap lahan dan sumber daya, peningkatan kapasitas, dan modal. Indeks Kesempatan Ekonomi Perempuan (Women Economic Opportunity Index) menunjukkan bahwa perempuan di Indonesia masih di skala 47,5 di tahun 2012 atau menempati rangking ke-85 dari 128 negara. Partisipasi perempuan di seluruh tingkatan baik rumah tangga, produsen, ketenagakerjaan, komunitas, dan nasional belum optimal dan kontribusi mereka seringkali tidak terlihat oleh karena itu, ekonomi pertanian Indonesia luput dari potensi besar yang dimiliki oleh perempuan petani, nelayan, dan wirausaha yang dapat berkontribusi pada ekonomi dan khususnya, mengentaskan kemiskinan.

Pada 2013 dan 2014 silam, Oxfam di Indonesia telah menyelenggarakan program bertajuk Female Food Hero yang bertujuan untuk memberikan ruang bagi petani perempuan agar memiliki kapasitas dan mampu membuka mata public secara luas bahwa peran perempuan petani hanya signifikan dalam rantai pangan. Antusiasme publik dan media secara khusus, untuk menempatkan perempuan produsen pangan menjadi pahlawan bagi masyarakat merupakan kunci bagi upaya perubahan agar kontribusi perempuan terhadap berjalannya rantai oangan diakui dan dihargai.

Dengan memilih pahlawan pejuang pangan perempuan, Oxfam di Indonesia mengharapkan akan terjadinya perubahan untuk perempuan penghasil pangan untuk dapat meningkatkan daya lenting/ketangguhan mereka agar memperoleh ketahanan pangan dan hak atas pangan. Kami juga ingin melibatkan peran anak muda, dengan demikian, harapan agar mereka dapat menjadi agen yang mempengaruhi perubahan baik di pedesaan maupun di perkotaan bahwa perempuan penghasil pangan merupakan pahlawan kita bersama.

TUJUAN:
Event Organizer akan mengorganisir paket kegiatan termasuk roadshow ke universitas – universitas dan komunitas muda – mudi, poster untuk mempromosikan video kompetisi, penghargaan, mengorganisir juri untuk pemilihan video, dan juga bertanggung jawab untuk menjangkau para muda  - mudi untuk bergabung dalam event ini.

Dikarenakan kampanye offline ini juga akan diadakan di lokasi outdoor, maka Event Organizer juga harus memiliki pengalaman dan kemampuan mengorganisir event pada lokasi outdoor.

Lokasi Kegiatan:
Jakarta

Target Audiens:
Anak muda, Petani dan juga Media

Target kegiatan:
  • Target audiens (anak muda/muda-mudi) dapat menemukan “The Female Food Hero” di daerah maupun perkotaan
  • Membuat video profile (snap chat) dari figure – figure diatas
Kulifikasi yang dibutuhkan:
  • Grup atau kelompok ataupun individu yang peduli dan focus pada lingkungan, keadilan pangan, gender.
  • Memiliki pengalaman membuat/mengorganisir kegiatan outdoor
  • Memiliki jaringan dengan muda – mudi/anak muda, kampus – kampus, grup/kelompok perempuan dan media massa
  • Memiliki pengetahuan mengenai gender pada isu – isu keadilan pangan
SYARAT & KETENTUAN
  • Memasukkan proposal
  • Budget yang ditawarkan meliputi budget untuk jasa transportasi, konsumsi kegiatan dan seluruh biaya terkait dengan pelaksanaan kegiatan termasuk honor  konsultan
  • Memasukan CV calon konsultan
Proposal dan budget dapat dikirimkan melalui email ke jakarta@oxfam.org.uk, dengan subject “EO – Female Food Hero”. Batas pengiriman proposal: 17 Juni 2016.
 
Oxfam works with others to overcome poverty and suffering

Oxfam works with others to overcome poverty and suffering
Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.

Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.
A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)