loading...

Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) Vacancy: Staf Penelitian dan Asisten Media - Yogyakarta

Didirikan pada Mei 2003 di Yogyakarta, Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada upaya promosi dan pembelaan dalam rangka pemenuhan hak difabel dalam berbagai aspek kehidupan demi terwujudnya masyarakat yang inklusif. Sejak pendiriannya, SIGAB telah aktif bekerja sama dengan pemerintah, akademisi, organisasi masyarakat sipil maupun organisasi dan komunitas difabel dalam rangka meningkatkan penyadaran akan perspektif difabilitas, membangun kebijakan publik yang lebih berperspektif difabel, serta aksi-aksi pembelaan atas pelanggaran hak difabel.

Ada beberapa program utama yang saat ini tengah dilakukan olleh SIGAB. Yang pertama adalah program Rintisan Desa Inklusi (RINDI) yang sedangdilaksanakan di delapan Desa di Yogyakarta. Kedua adalah program advokasi dan pendampingan hukum bagi Difabel yang merupakan korban ketidak adilan. Ketiga adalah penyediaan informasi tentang difabilitas melalui solider. Sedangkan keempat adalah penelitian independen serta penerbitan jurnal difabel.


Saat ini, SIGAB tengah membutuhkan beberapa staff untuk posisi di bawah ini:

A. Staf Penelitian
Durasi : 7 bulan dan akan diperpanjang berdasarkan performance dan kebutuhan lembaga.
Kode : SPSIGAB

Lokasi : Yogyakarta dengan kemungkinan perjalanan ke luar kota
Di bawah koordinasi manager penelitian, staf penelitian akan bertugas mengorganisir kegiatan-kegiatan terkait penelitian dan penerbitan jurnal Difabel yang diterbitkan secara berkala oleh SIGAB.

Tugas Pokok:
  • Mengelola kliping media (online dan offline) terkait pemberitaan isu difabel. 
  • Mengagendakan dan mengorganisir pertemuan-pertemuan peneliti, publikasi jurnal, serta diskusi-diskusi yang mendukung kegiatan penelitian. 
  • Mengarsipkan dokumentasi tim penelitian e.g. notulensi, ToR, proceeding, serta dokumentasi dalam bentuk lain. 
  • Melakukan pengumpulan data-data pendukung penelitian terkait difabilitas.
  • Mendukung komunikasi internal (dengan tim peneliti) maupun dengan pihak-pihak external terkait penyelenggaraan aktifitas penelitian dan jurnal Difabel.
  • Mendukung koordinator penelitian dalam melakukan tugas-tugas administratif dan pelaporan.
  • Tugas lain sesuai kebutuhan lembaga.
Persyaratan:
  • Laki-laki atau perempuan 
  • Difabel atau senang bekerja dalam tim dengan difabel
  • Pendidikan minimal S1, ilmu sosial 
  • Mempunyai pengalaman melakukan penelitian sosial yang dibuktikan dengan CV dan salah satu hasil penelitian yang pernah dilakukan 
  • Mempunyai pengalaman dan keterampilan penulisan laporan, proposal penelitian, serta mampu menyusun perencanaan program, kegiatan dan penganggaran. 
  • Menguasai atau mau mendalami isu-isu difabilitas, keadilan sosial dan kebijakan publik
  • Mampu bekerja penuh atau paruh waktu
  • Komunikatif, baik lisan maupun tulisan, penguasaan bahasa inggris baik lisan maupun tulisan akan diprioritaskan.
  • Menguasai komputer minimal Ms. Word, Ms. Power Point, Internet, e-mail application, Social Media. 
  • Mampu bekerja independen maupun dalam tim
  • Berkomitmen dan berkontribusi untuk mengembangkan SIGAB sebagai lembaga yang akuntabel dan mandiri
B. Asisten Media.
Durasi : 7 bulan dan akan diperpanjang berdasarkan performance dan kebutuhan lembaga.
Kode : AMSIGAB

Lokasi : Yogyakarta dengan kemungkinan perjalanan ke luar kota
Di bawah koordinasi koordinator media, asisten media akan bertugas mendukung tim media dalam melaksanakan tugas dalam ruang-lingkup media, dokumentasi dan informasi.

Tugas Pokok:
  • Membantu menjalankan dan mengelola program-program yang sudah ditetapkan dalam rencana kerja tim media SIGAB 
  • Membangun dan membina hubungan baik dengan staf, mitra, rekan media dan jejaring SIGAB 
  • Membantu mempromosikan semua program dan kegiatan SIGAB kepada mitra dan jejeraing SIGAB melalui media internal dan eksternal 
  • Memelihara dan mengupdate media informasi SIGAB seperti website, media sosial (facebook dan twitter) dan database 
  • Membantu produksi media kampanye SIGAB
  • Turut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh SIGAB dan pihak-pihak lain yang relevant dengan visi dan misi SIGAB.
Persyaratan Khusus:
  • Laki-laki atau perempuan,sia maksimal 30 tahun 
  • Berpengalaman dalam bidang komunikasi, jaringan, kemitraan, di komunitas, organisasi sosial maupun perusahaan yang dibuktikan dengan CV 
  • Memiliki kemampuan menulis dan menyunting yang baik,dan berbahasa Indonesia yang baik baik lisan maupun tulisan. 
  • Terampil menggunakan komputer, program microsoft office (Word, Excel, powerpoint,) internet, dan media sosial 
  • Memiliki kapasitas dan pengalaman dalam pengelolaan website dan media sosial (e-mail, mailing list, newsletter, facebook, twitter, dll) 
  • Kreatif, memiliki kemampuan komunikasi dan kerja sama tim yang baik 
  • Memiliki jaringan dan relasi yang luas 
  • Tidak sedang bekerja di lembaga lain dan bersedia bekerja penuh waktu 
  • Mampu bekerja dalam suasana positif dan membawa suasana yang menyenangkan
Persyaratan Umum untuk Setiap Pelamar
  • Sehat jasmani dan rohani (difabilitas bukan termasuk tidak sehat jasmani dan rohani). 
  • Berkelakuan baik, demokratis, dan berdedikasi untuk memajukan, melindungi dan mengadvokasi pemenuhan hak-hak Difabel. 
  • Sanggup bekerja keras dan menjaga nama baik SIGAB. 
  • Mempunyai etiket yang baik terhadap Difabel. 
  • Bersedia tinggal di Yogyakarta atau sekitarnya untuk kelancaran kerja dan koordinasi. 
  • Mengikuti wawancara dan ujian praktik yang akan dijadwalkan kemudian bagi yang lolos seleksi administratif.
Ketentuan Pengiriman Lamaran
Yang berminat silahkan kirimkan surat lamaran disertai dengan:

  • CV terbaru; 
  • Scan foto diri;
  • Ijazah terakhir, dan
  • Dua kontak pemberi referensi yang dapat dihubungi
Berkas lamaran dikirim ke sekretariat@sigab.or.id, CC: nur.widya@sigab.or.id dengan menuliskan “Aplikasi – (kode posisi)” pada subject line.

CATATAN:
  • Difabel dengan kualifikasi di atas sangat direkomendasikan melamar.
  • Hari penting:
    • 22 Maret 2016: Lamaran mulai dibuka
    • 31 Maret 2016: Pelamar yang lolos administratif akan dihubungi untuk interview
    • April 2016: Penempatan