loading...

SNV Indonesia Mencari Mitra Lokal untuk Program Rural Sanitation di Provinsi Lampung

Kerangka Acuan Kerja
Mitra Lokal untuk Program Rural Sanitation di Provinsi Lampung

SNV Netherlands Development Organisation
SNV Netherlands Development Organisation adalah sebuah organisasi pembangunan nirlaba internasional. Didirikan di Belanda pada tahun 1965, SNV telah menjalin kemitraan lokal berjangka panjang dengan 39 negara-negara termiskin di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Tim penasihat global SNV bekerja sama dengan mitra lokal dalam membekali masyarakat, kalangan usaha, dan lembaga/organisasi dengan perangkat, pengetahuan, dan koneksi yang dibutuhkan guna meningkatkan pendapatan, memperoleh akses terhadap layanan dasar, memberdayakan mereka untuk memutus siklus kemiskinan, dan memandu pembangunan mereka sendiri.
SNV mendukung organisasi lokal, sebagian besar di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, melalu kombinasi antara konsultasi, perantara pengetahuan, dan layanan advokasi. Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) adalah salah satu dari 3 sektor kunci di mana SNV berkontribusi dalam pembangunan pro-rakyat miskin, melalui peningkatan akses terhadap layanan dasar, produksi, pendapatan, dan kesempatan kerja.
 
Program Rural Sanitation di Provinsi Lampung
SNV menyadari besarnya potensi sosial dan ekonomi dalam meningkatkan sanitasi dan higiene di Indonesia. Berbagai manfaat yang dihasilkan di antaranya adalah meningkatnya derajat kesehatan, menurunnya risiko penyakit, serta meningkatnya produktivitas dan pendapatan bagi jutaan keluarga.
Bertolak belakang dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat, 100 juta penduduknya masih belum memiliki akses terhadap sanitasi yang layak. Menyadari bahwa akses terhadap sanitasi adalah hak asasi yang mendasar, Pemerintah Indonesia mengembangkan strategi nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk meningkatkan layanan sanitasi dan higiene di wilayah perdesaan dengan tujuan 100% akses di tahun 2019. Strategi STBM mempromosikan pencapaian masyarakat terhadap 5 pilar perilaku sanitasi dan higiene, yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, penanganan air minum dan makanan yang aman, serta pengelolaan limbah padat dan limbah cair rumah tangga.
Strategi SNV adalah untuk mendorong dan bekerja sama dengan pemerintah dalam pelaksanaan STBM di lokasi yang ditargetkan. Dalam mendukung pelaksanaan program ini, SNV mencari organisasi lokal untuk menjadi Mitra Lokal SNV dalam Program Rural Sanitation di Provinsi Lampung.

Posisi yang Ditawarkan
Organisasi terpilih akan berperan sebagai mitra SNV di 3 kabupaten di Provinsi Lampung, dengan wilayah intervensi Kabupaten Lampung Selatan, Pringsewu, dan Tanggamus. Organisasi ini juga akan menyediakan 2 personel di masing-masing kabupaten dan mendukung pelaksanaan kegiatan SNV yang mencakup promosi kesehatan, penciptaan kebutuhan sanitasi, dukungan terhadap rantai pasok sanitasi, pelaksanaan kegiatan dan inisiatif bersama dengan pemerintah daerah dan mitra lainnya, serta dukungan terhadap aktivitas pemantauan dan evaluasi.
Organisasi terpilih disyaratkan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan hasil, metode, dan jadwal yang sudah disetujui bersama sebelumnya. Organisasi ini juga disyaratkan untuk memenuhi mekanisme pelaporan dan Kode Etik SNV.
 
Tanggung Jawab
  • Menyediakan personel berkompeten untuk melaksanakan aktivitas program Rural Sanitation di Kabupaten Lampung Selatan, Pringsewu, dan Tanggamus (2 personel di masing-masing kabupaten)
  • Berkoordinasi secara intensif dengan SNV dalam pelaksanaan kegiatan yang tertuang dalam rencana kerja  
  • Mendukung pencapaian target dan keluaran program Rural Sanitation 
  • Berkoordinasi secara intensif dengan masyarakat lokal di 3 kabupaten target
  • Berkoordinasi secara intensif dengan Pemerintah Daerah Mitra SNV 
  • Mematuhi prosedur pelaporan kegiatan dan keuangan SNV
  • Memenuhi Kode Etik SNV 
  • Melaksanakan rapat koordinasi rutin dengan SNV
Keluaran yang Diharapkan: Organisasi terpilih melaporkan kegiatan dan keuangan setiap 3 bulan sekali.

Profil Kandidat
Organisasi terpilih diharapkan memiliki:
  • Registrasi hukum, laporan naratif dan keuangan 2 tahun terakhir 
  • 5 tahun pengalaman bekerja di Provinsi Lampung 
  • Pengalaman di bidang promosi kesehatan, higiene, dan lingkungan, serta penciptaan kebutuhan sanitasi 
  • Kapasitas untuk menyediakan dan mengelola sumber daya manusia yang dibutuhkan 
  • Pengalaman dalam pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program 
  • Pengalaman dalam bekerja dengan masyarakat lokal dan instansi pemerintah daerah 
  • Pengalaman dalam bermitra dengan organisasi internasional merupakan nilai tambah 
  • Kapasitas untuk memenuhi persyaratan mekanisme pelaporan SNV
Lokasi Penempatan Kerja:
  • Provinsi Lampung; masing-masing 2 personel di setiap kabupaten (Lampung Selatan, Pringsewu, dan Tanggamus)
Durasi Kontrak: 1 tahun, dengan kesempatan perpanjangan hingga Maret 2017.

Cara Mengajukan Lamaran?
Kirimkan surat lamaran dengan menyertakan profil organisasi, CV, dan tim yang diusulkan (dalam Bahasa Indonesia/Bahasa Inggris), nilai yang ditawarkan, dan laporan keuangan 2 tahun terakhir ke procurement.snv@gmail.com selambat-lambatnya 8 Mei 2015 dengan subjek: “Mitra Lokal – Rural Sanitation Lampung”.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Procurement SNV Indonesia di 021-7199900.