loading...

Lowongan di Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) Tahun 2015

Pada tahun 2009 Pemerintah Indonesia membentuk Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) sebagai mekanisme keuangan terintegrasi pertama untuk mendukung kebijakan dan program nasional Indonesia mengenai perubahan iklim. Sebagai sebuah Lembaga Wali Amanat Nasional (National Trust Fund), misi ICCTF adalah untuk memobilisasi, mengelola, dan mengalokasikan dana dari dunia internasional serta sektor publikdan swasta untuk memfasilitasi pendanaan program dan proyek yang selaras dengan target mitigasi dan adaptasi nasional. Untuk memfasilitasi kegiatan mitigasi dan adaptasi, ICCTF memiliki tiga windows utamaMitigasi Berbasis Lahan, Konservasi Energi dan Energi Terbarukan, serta Ketahanan dan Adaptasi.
 
Terkait peran dan tanggung jawab ICCTF yang terus berkembang sebagai Lembaga Wali AmanatNasional dan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.80 tahun 2011 tentang Dana Perwalian, ICCTF saat ini berada di dalam masa peralihan menuju sebuah struktur Lembaga Wali AmanatNasional (National Trust Fund) sepenuhnya. Lembaga Wali Amanat ICCTF (LWA ICCTF) telah terbentuk dengan disahkannya Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas No.3 tahun 2013. LWA ICCTF terdiri dari Majelis Wali Amanat (MWA), Pengelola Dana Amanat (PDA), Sekretariat, dan Unit Pendukung Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).
 
Untuk mengakomodasi perannya yang terus berkembang, ICCTF saat ini merekrut beberapa staff untuk posisi-posisi di bawah ini:
 
1.    DEPUTY OF MONITORING & EVALUATION
Bekerja di bawah pengarahan langsung dari Executive Director ICCTF, Deputy of Monitoring & Evaluation ICCTF akan bertanggung-jawab untuk memastikan kualitas proyek yang didanai oleh Sekretariat ICCTF. Dengan dukungan dari program tim teknis (mitigasi berbasis lahan, energi dan adaptasi), Deputy of Monitoring & Evaluation akan 1) memastikan perencanaan yang sangat teliti dari proyek-proyek baru; 2) memantau perkembangan program dan pencairan keuangan proyek yang sedang berlangsung; dan 3) mengevaluasi hasil pembangunan dari proyek yang didanai ICCTF dan kontribusi mereka untuk mengatasi perubahan iklim serta 4) mendatabasekan dalam “knowledge management”. Deputy of Monitoring & Evaluation membantu Executive Director dalam meningkatkan kerja-sama, pendekatan terhadap klien yang konsisten dengan aturan dan regulasi Pemerintah Indonesia, untuk memastikan kesuksesan operasional ICCTF. Deputy of Monitoring & Evaluation akan bekerja-sama erat dengan Bappenas
 
Persyaratan:
Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, dan professional pada bidangnya yaitu pengembangan program, manajemen program, monitoring dan evaluasi, manajemen keuangan, perubahan iklim, pengembangan kapasitas dan pengembangan organisasi.
 
Pendidikan:
Minimum memiliki pendidikan Master atau setara yang berpengalaman di bidang Hubungan Internasional/Politik/ Manajemen Keuangan/Studi Lingkungan/Studi Pengembangan/ Perencanaan, Pemantauan dan Evaluasi
 
Pengalaman:
-        Minimal 8 tahun pengalaman kerja yang relevan di tingkat nasional maupun internasional dalam masalah-masalah pembangunan dan program/proyek monitoring dan evaluasi, lebih disukai pengalaman dalam lembaga pembangunan bilateral/multilateral, serta minimal 2 tahun yang harus dalam kapasitas yang sama di bidang proyek manajemen.
-        Profesional dalam pengetahuan/keahlian teknis pada metodologi M&E, termasuk teori, standar dan model, metode kualitatif/kualitatif/campuran, pengujian validitas/keandalan data, data analisis dan interpretasi.
-        Berpengalaman dalam monitoring dan evaluasi atau pemrogaman bantuan dengan latar belakang analisis masalah-masalah sosial-ekonomi dan hal-hal kebijakan terkait, idealnya dalam organisasi internasional, kementerian atau lembaga nasional lainnya
-        Mempunyai  pengalaman  dalam  mengembangkan  kerangka  kerja  M&E,  menerapkan strategi M&E, dan menjalin hubungan dengan pelaksana proyek dari instansi pemerintah pusat dan daerah, LSM/CSO, dan akademisi.
-        Pengalaman bekerja di bidang pelaporan dan monitoring, termasuk pengalaman dalam mengembangkan rencana, hasil pelacakan, pelaporan ke pemangku kepentingan yang berbeda.
-        Menunjukkan pengalaman bekerja dengan para pemangku kepentingan nasional yang terlibat dalam perubahan iklim atau pengelolaan lingkungan.
-        Berpengalaman dalam penggunaan komputer dan paket perangkat lunak perkantoran, berpengalaman dalam penanganan sistem manajemen berbasis web, lebih baik lagi berpengalaman dengan sistem Enterprise Resource Planning (ERP).
-        Mengenal sistem pelaporan Pemerintah Indonesia dan berpengalaman pendekatan manajemen program lebih disukai.
-        Diutamakan mengenal sistem trust fund di Indonesia.
-        Mampu mengelola dan bekerja sama dengan rekan-rekan dari latar belakang bangsa dan budaya yang berbeda.
-        Memperhatikan hal-hal yang bersifat detil dan mampu bekerja dalam tekanan.
 
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
 
2.    PLANNING, MONITORING AND EVALUATION OFFICER
Bekerja di bawah pengarahan langsung dari ICCTF Deputy of Monitoring & Evaluation, Planning, Monitoring and Evaluation Officer  akan bertanggung-jawab untuk memastikan kualitas proyek yang didanai oleh Sekretariat ICCTF. Dengan dukungan dari program tim teknis (mitigasi berbasis lahan, energi dan adaptasi), Planning, Monitoring and Evaluation Officer akan 1) memastikan perencanaan yang sangat teliti dari proyek-proyek baru; 2) memantau perkembangan program dan pencairan keuangan proyek yang sedang berlangsung; dan 3) mengevaluasi hasil pembangunan dari proyek yang didanai ICCTF dan kontribusi mereka untuk mengatasi perubahan iklim. Planning, Monitoring and Evaluation Officer  juga akan bertemu secara teratur dengan Deputy of Monitoring & Evaluation untuk memberikan saran berdasarkan bukti yang ada pada manajemen. Planning, Monitoring and Evaluation Officer membantu Deputy of Monitoring & Evaluation dalam meningkatkan kerja-sama, pendekatan terhadap klien yang konsisten dengan aturan dan regulasi Pemerintah Indonesia, untuk memastikan kesuksesan operasional ICCTF. Planning, Monitoring and Evaluation Officer bekerja-sama erat dengan Bappenas.
 
Persyaratan:
Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, dan professional pada bidangnya yaitu pengembangan program, manajemen program, monitoring dan evaluasi, manajemen keuangan, perubahan iklim, pengembangan kapasitas dan pengembangan organisasi.
 
Pendidikan:
Minimum memiliki pendidikan Master atau setara yang berpengalaman di bidang Hubungan Internasional/Politik/ Manajemen Keuangan/Studi Lingkungan/Studi Pengembangan/ Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi.
 
Pengalaman:
-     Minimal 6 tahun pengalaman kerja yang relevan di tingkat nasional maupun internasional dalam masalah-masalah pembangunan dan program/proyek monitoring dan evaluasi, lebih disukai pengalaman dalam lembaga pembangunan bilateral/multilateral, serta minimal 2 tahun yang harus dalam kapasitas yang sama di bidang proyek manajemen.
-     Profesional dalam pengetahuan/keahlian teknis pada metodologi M&E, termasuk teori, standar dan model, metode kualitatif/kualitatif/campuran, pengujian validitas/keandalan data, data analisis dan interpretasi.
-     Berpengalaman dalam monitoring dan evaluasi atau pemrogaman bantuan dengan latar belakang analisis masalah-masalah sosial-ekonomi dan hal-hal kebijakan terkait, idealnya dalam organisasi internasional, kementerian atau lembaga nasional lainnya
-     Mempunyai  pengalaman  dalam  mengembangkan  kerangka  kerja  M&E,  menerapkan strategi M&E, dan menjalin hubungan dengan pelaksana proyek dari instansi pemerintah pusat dan daerah, LSM/CSO, dan akademisi.
-     Pengalaman bekerja di bidang pelaporan dan monitoring, termasuk pengalaman dalam mengembangkan rencana, hasil pelacakan, pelaporan ke pemangku kepentingan yang berbeda.
-     Menunjukkan pengalaman bekerja dengan para pemangku kepentingan nasional yang terlibat dalam perjuangan melawan perubahan iklim atau pengelolaan lingkungan.
-     Berpengalaman dalam penggunaan komputer dan paket perangkat lunak perkantoran, berpengalaman dalam penanganan sistem manajemen berbasis web, lebih baik lagi berpengalaman dengan sistem Enterprise Resource Planning (ERP).
-     Mengenal  sistem  pelaporan  Pemerintah  Indonesia  dan  berpengalaman  pendekatan manajemen program lebih disukai.
-     Diutamakan mengenal sistem trust fund di Indonesia.
-     Mampu mengelola dan bekerja sama dengan rekan-rekan dari latar belakang bangsa dan budaya yang berbeda.
-     Memperhatikan hal-hal yang bersifat detil dan mampu bekerja dalam tekanan.
 
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
 
3.    LAND BASED MITIGATION WINDOW OFFICER
Land Based Mitigation Window Officer akan bertanggung jawab untuk memberikan dukungan teknis kepada Deputy of Monitoring & Evaluation pada pelaksanaan proyek dan penilaian usulan proyek pada Mitigasi Berbasis Lahan. Di bawah bimbingan dan pengawasan langsung dari  Deputy of Monitoring & Evaluation , Land Based Mitigation Window Officer akan juga bertanggung jawab dalam menjaga koordinasi kegiatan dan pemangku kepentingan operasi ICCTF saat ini pada Mitigasi Berbasis Lahan dan pengembangan organisasi ICCTF masa depan.
Persyaratan:
Posisi ini bagi individu yang matang, mandiri dan profesional dengan keahlian di bidang pertanian/kehutanan/lingkungan hidup/perubahan iklim dan pengetahuan organisasi.
Pendidikan:
Mempunyai pendidikan minimum Sarjana dibidang Kehutanan/Pertanian/Lingkungan/ Tata Ruang/Studi Pembangunan. Pendidikan Master lebih disukai.
Pengalaman:
-     Minimal mempunyai pengalaman kerja 4 tahun (untuk S1) atau 2 tahun (untuk S2) di bidang kehutanan/pertanian/perubahan iklim/lingkungan dan pembangunan di tingkat nasional atau internasional.
-     Diutamakan mempunyai pengalaman dalam penelitian lahan gambut yang terkait dengan sektor kehutanan dan pertanian.
-     Mempunyai  pengalaman  dalam  menjalin  hubungan  dan  bekerja  dengan  instansi pemerintah, organisasi non-pemerintah dan universitas dalam mengembangkan proposal proyek dan mengelola proyek.
-     Mempunyai pengalaman kerja dengan organisasi Pemerintah/organisasi internasional dan sistem trust fund di Indonesia
-     Mempunyai kemampuan dalam penggunaan komputer (worksheet, word processor dan paket database).
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
4.    ENERGY WINDOW OFFICER
Energy Window Officer akan bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan perubahan iklim bebasis Energi ICCTF dan mendukung pelayanan administrasi dalam memastikan dan penyusunan dokumentasi administrasi operasional Sekretariat ICCTF. Di bawah bimbingan dan pengarahan langsung dariDeputy of Monitoring and Evaluation, Energy Window Officer juga akan bertanggung jawab dalam menjaga koordinasi dan komunikasi dengan pemangku kepentingan ICCTF dan untuk pengembangan organisasi ICCTF ini
 
Persyaratan:
Posisi ini bagi individu yang berkeperibadian matang, mandiri dan profesional dengan keahlian di lingkungan hidup/perubahan iklim dan pengetahuan organisasi.
 
Pendidikan:
Pendikan Sarjana di bidang Teknik Mesin/Teknik Elektro/Teknik Industri/ Teknik Kimia/Teknik Lingkungan/Studi Pembangunan.P endidikan Master lebih disukai.
 
Pengalaman:
·      Minimum mempunyai pengalaman kerja4 tahun (untuk S1) atau 2 tahun (untuk S2) di bidang energi dan perubahan iklim/lingkungan dan pembangunan, di tingkat nasional atau internasional, dengan setidaknya 1 tahun pengalaman kerja di organisasi regional atau internasional di bidang pembangunan lingkungan hidup.
·      Berpengalaman dalam penelitian lingkungan yang berkaitan dengan sektor energi lebih disukai.
·      Mempunyai pengalaman sebagai penghubung dan bekerja dengan instansi pemerintah, organisasi non-pemerintah dan universitas dalam mengembangkan proposal proyek dan mengelola proyek.
·      Diutamakan mempunyai pengalaman kerja dengan system Pemerintah dan system trust fund di Indonesia.
·      Mempunyai kemampuan dalam penggunaan komputer (worksheet, word processor dan paket database).
 
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan
 
Resilience and Adaptation Window Officer akan bertanggung jawab untuk memberikan masukan teknis dan dukungan administratif terhadap pelaksanaan proyek dan penilaian proposal proyek Ketahanan dan Adaptasi. Dibawah bimbingan dan pengawasan langsung dari Deputy of Monitoring & Evaluation, Resilience and Adaptation Window Officer akan bertanggung jawab dalam menjaga koordinasi kegiatan dan pemangku kepentingan operasional ICCTF. Resilience and Adaptation Window Office bekerja sama dengan Unit Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi, Unit Komunikasi, Bappenas dan Kementerian lainnya, serta pelaksana proyek pada operasional ICCTF seperti administrasi atau masalah dokumentasi dan pertukaran informasi
 
Persyaratan: Posisi ini bagi individu yang berkepribadian matang, mandiri dan profesional dengan keahlian di bidang  perubahan iklim  dan  pengelolaan sumber  daya  alam  seperti  teknik  lingkungan, ilmu lingkungan, ilmu kelautan pesisir dan perikanan, pertanian, pengelolaan sumber daya air, kesehatan masyarakat, manajemen bencana alam, manajemen proyek lingkungan, pengembangan kapasitas dan pengembangan organisasi lingkungan.
Pendidikan: Sarjana   dalam   stud lingkungan/pengelolaan   sumbe daya   alam/kesehatan   masyarakat/pengelolaan pesisir/perencanaan tata ruang/pertanian/geografi. Pendidikan Master lebih disukai.
Pengalaman:
-            Minimal mempunyai pengalaman kerja 4 tahun (untuk S1) dan 2 tahun (untuk S2) di bidang adaptasi perubahan iklim/pengelolaan lingkungan/kelautan pesisir dan perikanan/ manajemen bencana di tingkat nasional maupun internasional.
-            Mempunyai pengalaman pada penelitian dan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.
-            Mempunyai  pengalaman  sebagai  penghubung  dan  bekerja  dengan  instansi  pemerintah/ organisasi non-pemerintah (lembaga swadaya masyarakat) dan universitas dalam mengembangkan proposal proyek dan mengelola proyek.
-            Mempunyai kemampuan untuk membangun jaringan, membangun kelompok, memfasilitasi kerja kelompok, organisasi dan komunikasi.
-            Diutamakan mempunyai pengalaman kerja dengan system Pemerintah/organisasi internasional dan sistem trust fund di Indonesia.
-            Mempunyai kemampuan dalam penggunaan komputer (worksheet, word processor dan paket database).
Persyaratan Bahasa: Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
6.    DEPUTY OF FINANCE & OPERATION
Deputy of Finance and Operation akan membantu Executive Director ICCTF, di bidang Keuangan dan Operasional ICCTF. Deputy of Finance and Operation akan memberikan pengarahan, mengawasi dan memperbaiki sistem, proses dan kebijakan operasional untuk mendukung misi organisasi dengan mendukung perencanaan organisasi, pelaporan manajemen, arus informasi, dan proses bisnis pada seluruh kegiatan operasional ICCTF yang berhubungan dengan Akunting, Manajemen Keuangan dan Anggaran, Administrasi, Pengadaan, Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi (TI) yang dapat memperkaya database analisisnya dalam “knowledge management”. Deputy of Finance and Operation akan bekerja sama erat dengan Kementerian PPN/Bappenas.
 
Persyaratan:
Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, dan professional dalam pengelolaan keuangan dan operasional, manajemen proyek, pengembangan kapasitas, dan pengembangan organisasi.
 
Pendidikan:
Minimum memiliki pendidikan Master di Bidang Commerce dan Keuangan dengan sertifikasi khusus (Chartered Accountant/CA) dan Register Akuntan Negara.  Pendidikan Sarjana dalam bidang Akuntansi diutamakan.
 
Pengalaman:
-         Mempunyai pengalaman minimal 8 tahun yang relevan di tingkat nasional maupun internasional dalam memberikan jasa manajemen keuangan dan/atau mengelola staf dan operasional sistem, dan minimal 2 tahun dalam kapasitas yang sama.
-         Mempunyai pengalaman dalam membentuk dan memimpin tim yang beragam dengan program kerja dari berbagai sektor.
-         Mempunyai keahlian untuk membangun, memimpin dan mengelola organisasi strategis dalam konteks nasional dan membimbing operasional harian.
-         Mempunyai pengalaman bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan di negara berkembang, negara dengan pendapatan-menengah dan negara maju.
-         Mempunyai rekam jejak yang kuat atas pengelolaan akuntabel sumber keuangandi tingkat senior, diutamakan dalam konteks keuangan pembangunan.
-         Diutamakan menguasai system KeuanganNegara  dansistem trust fund di Indonesia.
-         Memiliki pengetahuan tentang sistem Keuangan Pemerintah Indonesia.
-         Dapat bekerja sama baik secara individu maupun sebagai bagian dari tim, dapat mengelola dengan baik dan bekerja dengan rekan kerja dari berbagai latar belakang budaya dan kebangsaan.
-         Memiliki perhatian pada detail dan dapat bekerja di bawah tekanan.
 
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam  Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
 
7.    FINANCE OFFICER
Di bawah bimbingan dan pengarahan Finance Manager atau Deputy of Finance & Operation  ICCTF, Finance Officer bertanggung jawab untuk mendukung Deputy of Finance & Operation ICCTF dalam penyediaan jasa keuangan. Finance Officer akan melapor kepada Finance Manager atau Deputy of Finance & Operation
Persyaratan:
Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, mampu bekerja didalam tim dan dibawah tekanan, dan profesional dalam keahliannya tentang masalah-masalah keuangan/akuntansi, dan administrasi.
Pendidikan:
Minimum mempunyai pendidikan S1 di bidang Akuntansi/Manajemen Keuangan. Pendidikan Master di bidang yang sama lebih disukai.

Pengalaman:
-       Mempunyai pengalaman kerja minimum 4 tahun (untuk S1) atau 3 tahun (untuk S2) di Bidang Keuangan/Akuntansi. Diutamakan mempunyai pengalaman di organisasi internasional;
-       Diutamakan mempunyai pengalaman bekerja dengan lembaga pemerintah/organisasi non- pemerintah (LSM)/organisasi internasional/akademisi/sektor swasta dalam pengembangan keuangan dan akuntansi manajemen proyek.
-       Diutamakan menguasai sistem Keuangan Negara dan sistem trust fund di Indonesia.
-       Mempunyai kemampuan dalam penggunaan komputer (worksheet, word processor) dan paket database/akuntansi
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
 
8.    PROJECT FINANCE OFFICER
Di bawah bimbingan dan pengawasan Finance Manager atau Deputy of Finance & Operation, Project Finance Officer bertanggung jawab kepada Finance Manager atau Deputy of Finance & Operation untuk mendukung dan mengkordinir implementasi dari proyek pendanaan ICCTF di 3 fokus area, khususnya pada manajemen keuangan dan pelaporan administrasi. Project Finance Officer juga akan menjadi focal point untuk audit internal di Sekretariat ICCTF dan di Unit Manajemen Proyek yang didanai ICCTF
Persyaratan:
Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, mampu bekerja didalam tim dan dibawah tekanan, dan profesional dalam keahliannya tentang masalah-masalah keuangan/akuntansi, dan administrasi.
Pendidikan:
Minimum mempunyai pendidikan S1  di  bidang  Akuntansi/Manajemen Keuangan. Pendidikan Master di bidang yang sama lebih disukai.
Pengalaman:
-       Mempunyai pengalaman kerja minimum 4 tahun (untuk S1) atau 3 tahun (untuk S2) di Bidang Keuangan/Akuntansi. Diutamakan mempunyai pengalaman di organisasi internasional;
-       Diutamakan mempunyai pengalaman bekerja dengan lembaga pemerintah/organisasi non- pemerintah (LSM)/organisasi internasional/akademisi/sektor swasta dalam pengembangan keuangan dan akuntansi manajemen proyek.
-       Diutamakan menguasai sistem Keuangan Negara dan sistem trust fund di Indonesia.
-       Mempunyai kemampuan dalam penggunaan komputer (worksheet, word processor) dan paket database/akuntansi
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
9.    IT OFFICER
Di bawah bimbingan dan pengarahan dari Deputy of Finance & Operation dan Executive Director, IT Officer akan  bertanggung jawab  dalam  membangun, mengembangkan dan  memelihara sistem manajemen database untuk  operasional sehari-hari Sekretariat ICCTF,  termasuk  data  inventori Sekretariat ICCTF dan juga mengembangkan intranet dan internet ICCTF sebagai strategi komunikasi, berbagi informasi dan alat knowledge management”. Kedua platform tersebut harus dioptimalkan untuk transfer pengetahuan dan berbagi informasi.
Persyaratan:
-           Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, dan professional pada bidangnya yaitu Teknologi Informatika dan manajemen pengetahuan organisasi.
-           Kandidat yang berhasil harus proaktif dan inovatif
Pendidikan:
Minimum memiliki pendidikan Sarjana atau setara berpengalaman dari universitas terkenal di bidang Ilmu Komputer/Teknologi Informasi. Pendidikan Master lebih disukai.
Pengalaman:
-       Mempunyai pengalaman kerja minimal 4 tahun (untuk S1) atau 4 tahun (untuk S2) yang relevan di bidang pengembangan dan pemeliharaan website, terlibat dalam proses komunikasi dan/atau kampanye kesadaran masyarakat. Paling sedikit 1 tahun dalam kapasitas yang  sama  di  bidang  Teknologi  Informasi, lebih  disukai  dalam  lembaga pembangunan bilateral/multilateral
Mempunyai pengalaman dalam administrasi jaringan, manajemen platform hardware dan software, fasilitas telekomunikasi, paket/aplikasi pengetahuan berbasis Windows, desain web, pengembangan, dan pemeliharaan, juga penyediaan dukungan TI.
-       Mempunyai pengalaman dalam bekerja dengan organisasi nasional dan internasional, khususnya yang berkaitan dengan isu-isu pembangunan.
-       Mempunyai   pengetahuan   bekerj tentang   lay-out  publikasi   dan   desain,   dan pengembangan media audio-visual.
-       Diutamakan mempunyai pengalaman dengan sistem pemerintah dan sistem trust fund di Indonesia.
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan
 
10.  COMMUNICATION OFFICER
Communication Officer akan bertanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan ICCTF dalam berkomunikasi secara efektif dan berkonsultasi dengan pemangku kepentingan utama, mitra, dan masyarakat pad aumumnya. Di bawah bimbingan dan pengarahan langsung dariCommunication Manager atau Deputy of Fundraising, Communication Officer akan  mempromosikan materi yang meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kegiatan ICCTF dan mempublikasikannya melalui media. Communication Officer mengembangkan pendekatan kerja sama, berorientasi klien yang konsisten dengan aturan da nregulasi Pemerintah Indonesia, memastikan kinerja ICCTF berhasil dalam mendapatkan pengakuan nasional dan internasional. Communication Officer bekerja sama yang erat dengan Bappenas
 
Persyaratan:Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, dan professional pada bidangnya yaitu komunikasi/hubungan masyarakat/perubahan iklim dan pengetahuan organisasi.
 
Pendidikan: Sarjana atau setara dari universitas yang terkenal dari segala bidang, lebih disukai dalam bidang komunikasi massa/jurnalisme/hubungan dengan media/administrasi bisnis/ pembangunan internasional/studi pembangunan. Pendidikan Master lebih disukai.
 
Pengalaman:
-       Minimum pengalaman kerja minimal 4 tahun (untuk S1) atau 3 tahun (untuk S2) yang relevan dalam pengembangan produk informasi, keterlibatan dalam proses komunikasi dan/atau kampanye kesadaran masyarakat dll, setidaknya dua (2) tahun dalam kapasitas yang sama di bidang komunikasi masyarakat, sebaiknya dalam lembaga pembangunan bilateral/multilateral.
-       Mempunyai pengalaman dalam mengembangkan dan mengelola komunikasi dengan instansi pemerintah, mitra pembangunan, LSM, dan akademisi.
-       Mempunyai pengalaman dalam bekerj adengan organisasi nasional dan internasional, khususnya yang berkaitan dengan masalah pembangunan.
-       Pengetahuan bekerja tentanglayout dan desain publikasi, web dan pengembangan media audio-visual.
-       Berpengalaman dalam penggunaan computer dan paket perangkat lunak kantor (worksheet, word processor, grafis dan publikasi.
-       Diutamakan mempunyai pengalaman kerja dengan system pemerintah dan sistemtrust fund di Indonesia.
 
Persyaratan Bahasa:
Fasih dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
 
11.  GRAPHIC DESIGNER
Dibawah pengarahan CommunicatioManager/Senior Communication Officer  atau Deputy of Fundraising, Graphic Designer bertanggung jawab dalam penyediaan finalisasi dan publikasi serta presentasi layout ICCTF dalam bentuk hard copy, soft copy, web content, sampai proses produksi,  dan bertanggung-jawab kepada Communication Manager/Senior Communication Officer atau Deputy of Fundraising, untuk kualitas grafis yang sesuai tema publikasi ICCTF. Graphic Designer akan mendukung Sekretariat ICCTF dalam pengembangan dokumen operasional keseharian, serta operasional sistem ERP ICCTF.
Persyaratan:
Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, dan professional pada bidangnya yaitu Desain Grafis. Kandidat yang berhasil harus proaktif dan inovatif
Pendidikan:
Minimum memiliki pendidikan Sarjana visual komunikasi
Pengalaman:
-        Mempunyai pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang desain grafis khususnya pengembangan buku
-        Berorientasi kepada target
-        Kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomitmen terhadap tim
-        Bisa berkontribusi dalam tim dan mempunyai inisiatif tinggi, serta mampu bersosialisasi
-        Mempunyai kemampuan yang baik dalam berbagai aplikasi grafis
-        Mempunyai pengalaman dengan sistem pemerintah dan sistem trust fund di Indonesia lebih disukai.
Persyaratan Bahasa:
Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan
 
Untuk informasi detail Kerangka Acuan Kerja dan bagaimana cara pendaftaran, silahkan berkunjung ke website ICCTF DISINI