loading...

RutgersWPF Indonesia Vacancy: Vendor Rumah Produksi untuk Pembuatan Iklan TV dan Radio

RutgersWPF Indonesia adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk bidang kesehatan reproduksi, seksualitas, dan HAM. Rutgers WPF Indonesia bekerja dengan tim dinamis yang terdiri dari 20 orang. Kami bekerjasama dengan organisasi mitra di Indonesia yang memiliki visi dan misi yang sama dalam Aliansi Satu Visi.

Saat ini kami sedang mencari vendor untuk posisi:

RUMAH PRODUKSI PEMBUATAN IKLAN TV DAN RADIO
 
Latar belakang
Program ASK (Access to Services and Knowledge) adalah program tiga tahun yang didanai oleh Kementrian Luar Negri Kerajaan Belanda dengan tujuan meningkatkan akses informasi dan layanan kesehatan seksual dan reproduksi pada remaja usia 10 – 24 tahun, terutama pada kelompok remaja yang sulit dijangkau. Program ASK adalah program bersama antara delapan organisasi internasional yang berbasis di Belanda. Indonesia adalah adalah bagian dari program global ASK yang dijalankan di 7 negara di Asia dan Afrika yang termasuk Kenya, Uganda, Ethiopia, Ghana, Senegal, dan Pakistan.

Program ASK adalah program inovatif dan komprehensif yang ditujukan kepada remaja yang sulit dijangkau untuk penyediaan informasi, layanan kesehatan, dan pelibatan dalam pengambilan kebijakan terkait kesehatan reproduksi, seksualitas, dan hak asasi manusia. Program ASK memiliki Empat focus program yang disebut dengan Result Area. Penyediaan dan pemberian informasi merupakan Result Area satu dan dalam result area ini untuk menjangkau remaja menjadi lebih luas maka pengembangan dan penguatan akses informasi diberikan secara langsung dengan menggunakan teknologi elektronik dan mobile dan pengembangan website dan media online lainnya

Pada 4 - 7 Maret 2014 kami telah mengadakan workshop strategi komunikasi dasar mengundang 20 peserta dari mitra pelaksana program dan juga berbagai ahli komunikasi. Temuan dari workshop selama 4 hari tersebut adalah keseluruhan mitra sudah menjalankan kampanye untuk meningkatkan akses remaja terhadap informasi dan layanan namun masih banyak hal yang perlu ditingkatkan yakni pesan bersama dalam kampanye secara nasional dan integrasi keseluruhan kampanye di berbagai media.

Keluaran dari workshop ini adalah strategi branding program ASK dimana kemitraan sepakat untuk mengusung “Sobat ASK” sebagai branding program. Lebih jauh lagi, kami mengidentifikasi pilihan media yang akan digunakan untuk pendukung strategi branding dan kampanye program ASK. Untuk mendukung pemberian informasi dan kampanye program Ask yang telah dilaksanakan oleh seluruh partner ASK, maka diperlukan dukungan kampanye program ASK dan pemberian informasi SRHR melalui media yang bisa diberikan bersamaan di tempat yang strategis sehingga program menjadi lebih dikenal di kalangan umum terutama remaja. Untuk kebutuhan ini, kami mengidentifikasi kebutuhan akan vendor untuk mengembangkan materi kampanye media televisi dan radio.

Tujuan
Mengembangkan materi untuk iklan layanan masyarakat yang terdiri dari dua konsep yang akan dieksekusi yakni mendorong remaja untuk mengakses layanan kesehatan seksual dan reproduksi dan konsep untuk  mempromosikan website ASK

Keluaran
  • 2 iklan layanan masyarakat untuk televisi masing-masing 30 detik dan 2 iklan layanan masyarakat untuk radio masing-masing 30 detik. Dua topik yang akan dikerjakan adalah mendorong akses remaja ke layanan kesehatan seksual dan reproduksi dan mempromosikan website ASK
  • Inception report (7 hari setelah penandatangan kontrak), yg mencantumkan, rencana kerja, timeline, dan strategi yang akan ditempuh berdasarkan pembicaraan dengan communication officer.
Metodologi
Pada saat permulaan pekerjaan, vendor akan menelaah penelitian dan program “Sobat ASK. Setelah menelaah, vendor akan membuat konsep kampanye yang kemudian diterjemahkan ke dalam timeline. Dalam kerjanya, vendor akan berkoordinasi dengan Program Manager dan Communication Officer. Materi yang dibuat akan melalui evaluasi oleh PM dan Communication Officer untuk kemudian dieksekusi ke dalam materi kampanye yang akan disebar.

Keahlian yang dibutuhkan
Vendor dipilih berdasarkan keahliannya sebagai praktisi di bidang kampanye khususnya pembuatan iklan layanan masyarakat.

Keahlian yang dibutuhkan oleh vendor ini adalah:
  • Kemampuan untuk mengembangkan strategi kreatif kampanye,
  • Kemampuan untuk penulisan naskah materi kampanye 
  • Pengalaman sebagai praktisi komunikasi dengan beragam klien khususnya sosial.
Cara melamar pekerjaan ini
Vendor yg berminat diundang untuk mengirim aplikasi dengan disertai:
  • Tulisan pendek berisi expression of interest (maksimal 2 halaman) menjelaskan pemahaman terhadap pekerjaan, langkah, dan pendekatan yang akan digunakan dalam implementasi kampanye ini termasuk timeline, ketersediaan waktu, dan budget yang diajukan. 
  • CV yang relevan dengan konsultasi ini.
  • Portofolio yang relevan yakni iklan TV dan iklan radio
Aplikasi dan lampiran dikirimkan melalui e-mail ke recruitment.rutgerswpf.indo@gmail.com dengan mencantumkan posisi: Vendor Rumah Produksi Pembuatan Iklan TV dan Radio. Deadline aplikasi ini adalah 14 Desember 2014.