RutgersWPF Indonesia adalah sebuah organisasi nirlaba
yang bekerja untuk bidang kesehatan reproduksi, seksualitas, dan HAM. Rutgers
WPF Indonesia bekerja dengan tim dinamis yang terdiri dari 20 orang. Kami
bekerjasama dengan organisasi mitra di Indonesia yang memiliki visi dan misi
yang sama dalam Aliansi Satu Visi.
Saat ini kami sedang mencari vendor untuk posisi:
RUMAH PRODUKSI
PEMBUATAN IKLAN TV DAN RADIO
Latar belakang
Program ASK (Access to Services and Knowledge) adalah program tiga tahun
yang didanai oleh Kementrian Luar Negri Kerajaan Belanda dengan tujuan
meningkatkan akses informasi dan layanan kesehatan seksual dan reproduksi pada
remaja usia 10 – 24 tahun, terutama pada kelompok remaja yang sulit dijangkau.
Program ASK adalah program bersama antara delapan organisasi internasional yang
berbasis di Belanda. Indonesia adalah adalah bagian dari program global ASK
yang dijalankan di 7 negara di Asia dan Afrika yang termasuk Kenya, Uganda,
Ethiopia, Ghana, Senegal, dan Pakistan.
Program ASK adalah program inovatif dan komprehensif yang ditujukan
kepada remaja yang sulit dijangkau untuk penyediaan informasi, layanan
kesehatan, dan pelibatan dalam pengambilan kebijakan terkait kesehatan
reproduksi, seksualitas, dan hak asasi manusia. Program ASK memiliki Empat
focus program yang disebut dengan Result Area. Penyediaan dan pemberian
informasi merupakan Result Area satu dan dalam result area ini untuk menjangkau
remaja menjadi lebih luas maka pengembangan dan penguatan akses informasi diberikan
secara langsung dengan menggunakan teknologi elektronik dan mobile dan
pengembangan website dan media online lainnya
Pada 4 -
7 Maret 2014 kami telah mengadakan workshop strategi komunikasi dasar
mengundang 20 peserta dari mitra pelaksana program dan juga berbagai ahli
komunikasi. Temuan dari workshop selama 4 hari tersebut
adalah keseluruhan mitra sudah menjalankan kampanye untuk meningkatkan akses
remaja terhadap informasi dan layanan namun masih banyak hal yang perlu
ditingkatkan yakni pesan bersama dalam kampanye secara nasional dan integrasi
keseluruhan kampanye di berbagai media.
Keluaran dari workshop ini adalah strategi
branding program ASK dimana kemitraan sepakat untuk mengusung “Sobat ASK”
sebagai branding program. Lebih jauh lagi, kami mengidentifikasi pilihan
media yang akan digunakan untuk pendukung strategi branding dan kampanye
program ASK. Untuk mendukung pemberian informasi dan kampanye program Ask yang telah
dilaksanakan oleh seluruh partner ASK, maka diperlukan dukungan kampanye
program ASK dan pemberian informasi SRHR melalui media yang bisa diberikan
bersamaan di tempat yang strategis sehingga program menjadi lebih dikenal di
kalangan umum terutama remaja. Untuk kebutuhan ini, kami mengidentifikasi
kebutuhan akan vendor untuk mengembangkan materi kampanye media televisi dan radio.
Tujuan
Mengembangkan materi untuk iklan layanan masyarakat yang terdiri dari dua konsep
yang akan dieksekusi yakni mendorong
remaja untuk mengakses layanan kesehatan seksual dan reproduksi dan konsep
untuk mempromosikan website ASK
Keluaran
- 2 iklan layanan masyarakat untuk televisi masing-masing 30 detik dan 2 iklan layanan masyarakat untuk radio masing-masing 30 detik. Dua topik yang akan dikerjakan adalah mendorong akses remaja ke layanan kesehatan seksual dan reproduksi dan mempromosikan website ASK
- Inception report (7 hari setelah penandatangan kontrak), yg mencantumkan, rencana kerja, timeline, dan strategi yang akan ditempuh berdasarkan pembicaraan dengan communication officer.
Metodologi
Pada saat permulaan pekerjaan, vendor akan menelaah penelitian dan program “Sobat ASK”.
Setelah menelaah, vendor akan membuat konsep
kampanye yang kemudian diterjemahkan ke dalam timeline. Dalam kerjanya, vendor akan berkoordinasi dengan Program Manager dan Communication Officer. Materi yang
dibuat akan melalui evaluasi oleh PM dan Communication Officer untuk kemudian
dieksekusi ke dalam materi kampanye yang akan disebar.
Keahlian yang dibutuhkan
Vendor dipilih berdasarkan keahliannya sebagai
praktisi di bidang kampanye khususnya pembuatan
iklan layanan masyarakat.
Keahlian yang dibutuhkan oleh vendor ini adalah:
- Kemampuan untuk mengembangkan strategi kreatif kampanye,
- Kemampuan untuk penulisan naskah materi kampanye
- Pengalaman sebagai praktisi komunikasi dengan beragam klien khususnya sosial.
Cara melamar pekerjaan ini
Vendor yg berminat diundang untuk
mengirim aplikasi dengan disertai:
- Tulisan pendek berisi expression of interest (maksimal 2 halaman) menjelaskan pemahaman terhadap pekerjaan, langkah, dan pendekatan yang akan digunakan dalam implementasi kampanye ini termasuk timeline, ketersediaan waktu, dan budget yang diajukan.
- CV yang relevan dengan konsultasi ini.
- Portofolio yang relevan yakni iklan TV dan iklan radio
Aplikasi dan lampiran dikirimkan melalui e-mail
ke recruitment.rutgerswpf.indo@gmail.com dengan mencantumkan posisi: Vendor Rumah Produksi Pembuatan Iklan TV dan Radio. Deadline aplikasi ini adalah 14 Desember 2014.