Proyek
The Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWASH) adalah prgram
enampuluh bulan yang didanai oleh United States Agency for International
Development dan dilaksanakan di bawah kepemimpinan DAI. IUWASH bekerja dengan
pemerintah, sektor swasta, LSM, kelompok masyarakat dan pemangku pemerintah
lainnya untuk akses terhadap air bersih dan sanitasi di daerah perkotaan di
Indonesia. Tujuan keseluruhan dari IUWASH adalah untuk membantu Pemerintah
Indonesia (GOI) dalam membuat kemajuan yang signifikan dalam mencapai tujuan
Millennium Development Goal (MDG) pada sektor air bersih dan sanitasi dengan memperluas akses ke layanan tersebut.
Hasil yang diharapkan akan dicapai adalah: 2 juta orang di perkotaan
mendapatkan akses ke persediaan air yang lebih baik; 250.000 orang di daerah
perkotaan mendapatkan akses ke fasilitas sanitasi yang baik; dan biaya per unit
air dibayar oleh penduduk miskin di daerah yang ditargetkan berkurang
setidaknya 20%.
Untuk mencapai di atas, bantuan yang diberikan oleh proyek
dibagi dalam tiga komponen teknis utama, termasuk:
- Mobilisasi permintaan untuk pasokan air dan pelayanan sanitasi;
- Meningkatkan dan memperluas kapasitas pelayanan air dan sanitasi; dan
- Kebijakan Penguatan dan memungkinkan lingkungan keuangan untuk meningkatkan pasokan air dan pelayanan sanitasi.
Untuk mencapai
tujuan ini, IUWASH membutuhkan tenaga-tenaga ahli untuk mengisi posisi jabatan
sebagai:
customer
relation & marketing specialist, penempatan di
Jakarta. Kode Jabatan: CRMS-JKT
Latar Belakang PD PAL Jaya
PD
PAL Jaya, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah, dibawahi oleh Pemerintah
Provinis DKI Jakarta, bertanggung jawab atas operasi sistem air limbah serta,
sejak 2014, juga bertanggung jawab atas pengelolaan lumpur tinja melalui
penyedotan (terjadwal) untuk semua daerah yang tidak terlayani oleh jaringan
pembuangan kotoran. Untuk program ini, PD PAL akan membentuk Unit terpisah
dalam PD PAL.
Tujuan
Customer Relation & Marketing Specialist akan bertanggung
jawab untuk mendukung penanganan pelanggan dan aspek pemasaran/promosi dari
Unit Penyedotan Limbah Rutin PD PAL Jaya, untuk memastikan hubungan pelanggan
dan kegiatan pemasaran yang diperlukan untuk kegiatan penyedotan rutin yang
dilakukan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Customer
Relation & Marketing Specialist akan memperkuat kapasitas sumber daya
manusia dari PD PAL Jaya dan kinerja
institusional di bidang pemasaran, promosi, pendaftaran pelanggan, database
pelanggan dan penanganan pengaduan serta pelaopran yang berkaitan dengan
penyedotan rutin.
Tugas
Customer Relation & Marketing Specialist harus memiliki keterampilan,
baik praktis (hubungan pelanggan) dan pengetahuan "perangkat lunak"
seperti pengelolaan sumber daya manusia, komunikasi dengan berbagai pihak, dll.
untuk menangani beberpa tugas dalam mendukung Unit Penyedotan Rutin PD PAL
Jaya, seperti:
Hubungan Pelanggan
- Pengembangan strategi hubungan pelanggan secara keseluruhan untuk rumah tangga yang mengikuti program penyedotan rutin
- Mengembangkan kebijakan dan prosedur penanganan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan untuk staf tambahan, peralatan, dll serta melakukan pelatihan untuk staf PD PAL
- Mengidentifikasi potensi kelompok pelanggan (termasuk kemungkinan PKK) dan memperkenalkan program penanganan pelanggan untuk kelompok pelanggan tersebut
- Menerapkan sistem penanganan pelanggan, termasuk trouble shooting, evaluasi dan membuat penyesuaian jika diperlukan
- Merancang dan mengimplementasikan sistem pendaftaran pelanggan, termasuk. persyaratan administrasi.
- Merancang dan operasi database pelanggan penyedotan rutin bersama dengan tim IT PD PAL Jaya.
- Pengembangan dan penerapan sistem penagihan pelanggan yang efektif bersama dengan tim RDU keuangan
Pemasaran
- Berdasarkan hasil sensus dan sarana lain seperti FGD, wawancara mendalam dan data sekunder dari masyarakat, strategi promosi desain dan Program.
- Bekerja sama dengan PKK dan kelurahan setempat dalam pengumpulan data karakteristik masyarakat / profil sebagai dasar dalam merancang strategi pemasaran dan promosi.
- Pengembangan strategi pemasaran untuk mempromosikan kepada rumah tangga di kelurahan terpilih di DKI untuk mengikuti program penyedotan rutin.
- Pengembangkan sistem internal prosedur dan pelatihan tim pemasaran.
- Merancang materi media untuk kegiatan promosi.
Penyampaian
- Strategi hubungan pelanggan, termasuk manual pelatihan, dll
- Contoh formulir dan pelaporan mengenai hubungan pelanggan, seperti pendaftaran pelanggan, penanganan keluhan, dll
- Strategi pemasaran sanitasi, termasuk bahan dan manual
- Profil pelanggan lengkap di setiap wilayah layanan
- Laporan bulanan kegiatan hubungan pelanggan dan promosi
Penempatan dan Hubungan Pelaporan
Customer Relation &
Marketing Specialist akan ditempatkan di kantor PD PAL Jaya di Jakarta dan
sesekali tugas lapangan di DKI Jakarta dan dukungan lain yang diperlukan. PD
PAL akan memberikan ruang kantor serta fasilitas dan peralatan kantor yang
diperlukan. Staff akan melaporkan kepada Manajer Unit Penyedotan Rutin sebagai
Pengawas Utama dan Koordinator IUWASH DKI sebagai Pengawas Sekunder. Staff akan
sering berkoordinasi dengan departemen-departemen PD PAL DKI yang terkait dan
akan menerima dukungan teknis dari tim Komunikasi IUWASH.
Durasi Pekerjaan
Spesialis Hubungan Pelanggan
dan Pemasaran akan dipekerjakan oleh IUWASH dengan kontrak satu tahun mulai
Januari 2015 sampai dengan Januari 2016.
Persyaratan yang Dibutuhkan
- Gelar sarjana atau gelar magister dalam bidang terkait seperti komunikasi, ilmu sosial, pengembangan masyarakat, kesehatan masyarakat, atau insinyur lingkungan;
- Berpengalaman minimal 3 tahun di bidang komunikasi, terutama hubungan pelanggan dan / atau pemasaran;
- Familiar dengan program sanitasi dan kebersihan di Indonesia;
- Memiliki pengalaman bekerja untuk / atau dengan pemerintah daerah;
- Memiliki pengalaman dalam pekerjaan pengorganisasian masyarakat;
- Memiliki pengalaman dalam mengelola mitra pelaksana dari CSO / LSM / Pemerintah Pusat;
- Kemampuan untuk memahami, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris;
- Fleksibilitas untuk bekerja pada malam hari dan akhir pekan jika diperlukan, dan melakukan perjalanan secara substansial di DKI.
PENGIRIMAN LAMARAN
Pelamar yang
berminat dapat mengirimkan lamaran lengkap dengan 3 (tiga) referensi ke email IUWASH_recruitment@dai.com paling lambat tanggal 29 Desember 2014 setelah pemasangan iklan ini. Mohon untuk menuliskan KODE jabatan pada
kolom judul email. Hanya pelamar dengan lamaran lengkap dan memenuhi syarat
yang akan dihubungi.