Yayasan
Inovasi Pemerintahan Daerah (YIPD) adalah yayasan independen,
non-profit yang juga merupakan yayasan pelayanan teknis dan sumber daya
berkelanjutan tentang ide, konsep, dan inovasi pada topik pemerintah
daerah dan sektor yang terkena dampak program desentralisasi di
Indonesia. YIPD bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi
proses desentralisasi di Indonesia dengan memungkinkan pemerintah daerah
untuk lebih profesional dalam mengelola sumber daya lokal dan secara
efektif dan efisien memberikan layanan kepada konstituen lokal.
Saat ini kami sedang mencari karyawan untuk mengisi jabatan Finance & Admin Manager
Lingkup Kerja (TOR)
Finance & Admin Manager YIPD
Tanggungjawab Umum:
Manajer Keuangan & Administrasi mempunyai tanggung jawab untuk memastikan
sistem, mekanisme, pelaksanaan dan pengelolaan keuangan dan
administrasi organisasi berjalan dengan baik, lancar, tertib, tepat
waktu dan akontabel.
Tanggungjawab Khusus:
- Mengelola anggaran, membukukan transaksi keuangan, dan menyiapkan laporan keuangan organisasi
- Mengelola dan menjalankan administrasi organisasi sesuai dengan peraturan organisasi
- Membantu dalam rekrutmen dan pengelolaan sumber daya manusia organisasi
Rincian Tugas:
- Menyiapkan semua transaksi keuangan, dan memastikan semua transaksi terdokumentasi dengan baik dan telah disetujui oleh Direktur Eksekutif atau wakilnya;
- Menyiapkan semua voucher dan cek dan memastikan semua voucher lengkap dengan lampiran/kwitansi sesuai dengan yang dibutuhkan;
- Memeriksa dan memproses laporan pertanggung jawaban uang perjalanan karyawan;
- Membukukan transaksi sesuai dengan kode rekening;
- Meng-input data keuangan dan menyiapkan laporan keuangan melalui sistem akuntansi yang telah disetujui oleh organisasi;
- Menyiapkan laporan keuangan bulanan kepada organisasi dan klien;
- Menyiapkan laporan rekonsiliasi bank untuk rekening bank organisasi;
- Menyiapkan anggaran untuk seluruh kegiatan dan program organisasi;
- Menyusun panduan, pedoman dan SOP keuangan organisasi;
- Mengawasi dan memantau staf keuangan dan semua aspek pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan terkait dengan keuangan organisasi;
- Menyusun panduan, pedoman dan SOP administrasi organisasi;
- Mengawasi dan memantau staf administrasi dan semua aspek pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan terkait dengan administrasi organisasi;
- Mengelola rekrutmen karyawan organisasi;
- Berkontribusi dalam pengutaan kapasitas karyawan organisasi di bidang keuangan dan administrasi;
- Berkontribusi pada pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia organisasi;
- Bekerjasama dengan Konsultan Pajak untuk memeriksa transaksi bulanan organisasi dan menyiapkan laporan pajak bulanan dan tahunan;
- Bersama dengan Direktur Eksekutif aktif bekerjasama dan menjadi kontak utama dalam hubungan dengan lembaga penyandang dana terkait dengan komunikasi dan urusan keuangan organisasi.
- Bersedia mengerjakan pekerjaan lain yang diberikan oleh Direktur Eksekutif atau wakilnya dalam mendukung kegiatan organisasi.
Kualifikasi:
- Sarjana di bidang manajemen keuangan dan/atau pembukuan
- Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris dengan baik
- Memiliki pengetahuan yang baik tentang kebijakan, prosedur dan peraturan dari berbagai donor yang bekerja di Indonesia
- Mempunyai kemampuan yang baik dalam hal organisasi, komunikasi (baik lisan maupun tertulis) dan menjalin hubungan dengan berbagai pihak
- Mempuyai kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun dalam tim, serta mempunyai inisiatif yang kuat
- Mempunyai kemampuan “multi-tasking” dan dapat bekerja dalam tekanan (untuk memenuhi tenggat waktu)
- Dapat bekerja efektif, efisien dan penuh integritas
- Mempunyai pengalaman minimal 7 tahun bekerja dalam isu-isu pembangunan
- Mempunyai pengetahuan dan keahlian terkait dengan hal teknis sebagai berikut: PSAK 45, MS Office, MYOB dan JAHIR
Pendaftaran:
- Kirimkan surat lamaran dan CV ke alamat: trini@yipd.or.id
- Pendaftaran ditutup paling lambat tanggal 24 Agustus 2014
- Proses seleksi akan dilakukan pada minggu terakhir Agustus sampai awal September 2014.