loading...

Lowongan Water and Sanitation Policy and Action Planning (WASPOLA) Facility Project Advocacy Expert

REKRUTMEN
Water and Sanitation Policy and Action Planning (WASPOLA) Facility Project
Advocacy Expert

Deskripsi Kedudukan
Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional sebagai forum koordinasi lintas kementerian bertugas merumuskan kebijakan pembangunan air minum dan sanitasi. WASPOLA Facility merupakan salah satu program yang mendukung penyediaan layanan air minum dan sanitasi tersebut. Salah satu dukungan WASPOLA Facility adalah melalui pembentukan dan penguatan resource center Pokja AMPL Nasional yang disebut NAWASIS (National Water and Sanitation Information Services) yang dulu dikenal sebagai Pusat Informasi Nasional (PIN).

NAWASIS merupakan upaya untuk mengembangkan pusat layanan informasi yang menjadi referensi utama berbagai pengambil keputusan terkait dalam penyusunan kebijakan, perencanaan, pemantauan dan evaluasi pembangunan sektor AMPL. Perangkat NAWASIS diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas perencanaan, pemantauan dan evaluasi. Selain itu pengalokasian pendanaan untuk pembangunan sektor AMPL di Indonesia dilakukan melalui penyediaan data dan informasi yang relevan, akurat, dan aktual.

NAWASIS diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan tersedianya informasi strategis untuk para pengambil keputusan dan para pemangku kepentingan pad a sektor air minum dan sanitasi. Untuk itu dibutuhkan Tenaga Ahli Advokasi (Advocacy Expert) yang memahami prinsip-prinsip strategi komunikasi dan sektor air minum dan sanitasi serta mampu bekerja sama dengan tenaga fasilitator dalam Uji implementasi Layanan NAWASIS di daerah. 

Tanggung Jawab
Tenaga Ahli Advokasi akan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Sekretariat Pokja AMPL Nasional dalam pelaksanaan tugasnya dan secara tidak langsung kepada Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas selaku Ketua 1 Pokja AMPL Nasional.

Output
1.  Tersusunnya analisis kebutuhan advokasi pengelolaan AMPL berbasis data
2.  Tersusunnya rencana advokasi pengelolaan sektor AMPL 
3.  Terlaksananya kegiatan advokasi berbasis data di beberapa daerah terpilih yang merupakan daerah uji implementasi layanan NAWASIS

Deskripsi Pekerjaan
1. Pendidikan minimal S1 berbagai bidang; 
2. Memiliki pengalaman paling tidak 5 (lima) tahun di bidang advokasi dan kampanye publik; 
3. Memiliki pengalaman dan kemampuan menyusun strategi advokasi dan kampanye publik;
4. Memiliki pengalaman dalam melaksanakan kegiatan kehumasan, media relations dan kampanye publik; 
5. Memiliki pemahaman dan pengalaman bekerja di sektor air minum dan sanitasi;
6. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam tim serta menjalin kemitraan dengan para pemangku kepentingan dan para stakeholder.

Kualifikasi
1. Melakukan pemetaan dan analisis kebutuhan advokasi pengelolaan AMPl berbasis data;
2. Mengembangkan konsep dan strategi advokasi yang akan dilakukan dalam NAWASIS; 
3. Mengelola seluruh tahapan yang terkait dengan komponen advokasi layanan NAWASIS.

Masa Kerja
Masa kerja Tenaga Ahli Advokasi selama 6 (enam) bulan berdasarkan sistem time based .

Aplikasi beserta resume dapat dikirimkan ke: Panitia Pengadaan Barang dan Jasa-PHLN BAPPENAS; Gedung Madiun Lantai Basement, Ruang Sekretariat Pengadaan Barang dan Jasa PHLN; Jalan Taman Suropati No. 2, Jakarta Pusat 10310, IndonesiaTelp: (021) 31936207 ext.3551  Fax : (021) 31931392