loading...

Lowongan Pembelajaran Proyek Public, Private & People Partnership di Jawa Timur

Kerangka Acuan Kegiatan
Penulisan Dokumen 
Pembelajaran Proyek Public, Private & People Partnership (P4) di Jawa Timur
Jakarta, April - Mei 2014


LATAR BELAKANG
Tidak diragukan lagi bahwa sektor swasta telah berkontribusi banyak pada tanggap darurat. Mereka telah mendonasikan uang, barang, dan jasa kepada para korban bencana di banyak tempat, seperti tsunami Aceh 2004, gempa Yogya 2006, gempa Padang 2009, banjir Jakarta 2007 dan 2013 dan lain-lain. Banyak perusahaan juga telah mendukung proses pemulihan dini setelah bencana, melalui kontribusi langsung dan bekerja dengan mitra. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Burke dan Fan (2014) di Indonesia menemukan bahwa “secara umum keterlibatan sektor swasta dalam bentuk bantuan bencana dalam jangka pendek, dibawah program corporate social responsibility (CSR)”.
 
Akan tetapi, pada kegiatan kesiapsiagaan, pencegahan, dan mitigasi, hanya sedikit perusahaan yang mengatakan telah melakukannya. Banyak perusahaan yang mungkin sudah melakukan pengurangan risiko, di bawah program CSR,  tetapi mereka tidak menggunakan istilah pengurangan risiko bencana. Sebagaimana disebutkan oleh Burke dan Fan (2014), salah satu hambatannya ialah “kurangnya pemahaman dan kepercayaan antara sektor swasta dan publik”. Proyek percontohan Public, Private and People Partnership (P4) di Jawa Timur, Indonesia membuktikan bahwa banyak lembaga usaha yang belum mengetahui bagaimana dan darimana harus memulai untuk mendukung pengembangan ketangguhan masyarakat.
  
BNPB memulai dengan proyek percontohan P4 untuk membangun ketangguhan masyarakat melalui kemitraan antara pemerintah, sektor swasta, universitas, LSM, dan masyarakat di 3 kabupaten di Jawa Timur. Proyek ini telah membuktikan bahwa banyak pelaku yang ingin berkontribusi pada pengembangan ketangguhan masyarakat. Itu juga menunjukkan perbedaan peran yang dilakukan oleh beragam pelaku dalam membangun ketangguhan, termasuk peran strategis BPBD dalam hal koordinasi dan integrasi program. Sehingga, contoh pembalajaran ini penting menjadi bagian dari berbagi pengalaman di ajang AMCDRR 6th, dimana banyak negara-negara Asia hadir untuk berdiskusi.     
 
TUJUAN
Kegiatan ini bertujuan untuk mendokumentasikan pembelajaran pelaksanaan proyek P4 di Jawa Timur dan membagikannya kepada peserta AMCDRR 6th di Thailand.
 
HASIL YANG DIHARAPKAN
1.       Ada dokumen pembelajaran model P4 untuk membangun ketangguhan masyarakat yang ditulis berdasarkan pengalaman pelaksanaan proyek percontohan di Jawa Timur
2.       Dokumen pembelajaran ditulis dalam edisi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
3.       Setidaknya ada 5 pejabat/staf BNPB yang mengikuti diskusi dalam proses penulisan dokumen tersebut
 
PENULIS DAN PENERJEMAH DOKUMEN
Penulis dokumen setidaknya memiliki kriteria sebagai berikut:
1.       Mengetahui konsep dan pelaksanaan pengelolaan risiko bencana di Indonesia.
2.       Mengetahui beragam pelaku dalam pemberdayaan masyarakat, yang meliputi pemerintah, organisasi sosial, dan lembaga usaha.
3.       Mengetahui konteks hubungan pemerintah, organisasi sosial, lembaga usaha, dan masyarakat.
4.       Mampu menggali informasi dari berbagai pelaku dalam proyek ini.
5.       Memiliki kemampuan tulis bahasa Indonesia yang bagus, yang dibuktikan dengan beberapa tulisan artikel/buku.
 
Penerjemah dokumen setidaknya memiliki kriteria sebagai berikut:
1.       Mengetahui konsep dan pelaksanaan pengelolaan risiko bencana di Indonesia.
2.       Mengetahui beragam pelaku dalam pemberdayaan masyarakat, yang meliputi pemerintah, organisasi sosial, dan lembaga usaha.
3.       Mengetahui konteks hubungan pemerintah, organisasi sosial, lembaga usaha, dan masyarakat.
4.       Memiliki kemampuan tulis bahasa Inggris yang bagus, yang dibuktikan dengan beberapa terjemahan artikel/buku dalam bahasa Inggris.
 
Catatan: kalau ada penulis yang juga memiliki kemampuan sebagai penerjemah, maka kegiatan ini bisa dilaksanakan oleh 1 orang.
 
WAKTU DAN TEMPAT
1.       Untuk penulis dokumen: penulisan dilakukan selama 1 April – 15 Mei 2014, termasuk dengan penggalian data di 3 kabupaten, yaitu Pacitan, Pasuruan, dan Lamongan.
2.       Untuk penerjemah dokumen: penerjemahan dokumen ke dalam bahasa Inggris dilaksanakan pada waktu 16 – 31 Mei 2014.
 
RINCIAN AGENDA KEGIATAN
WAKTU
KEGIATAN
1 – 2 April 2014
Diskusi desain dokumen pembelajaran
3 – 5 April 2014
Menggali data dan informasi di Kabupaten Pacitan
7 – 9 April 2014
Menggali data dan informasi di Kabupaten Lamongan
10 – 12 April 2014
Menggali data dan informasi di Kabupaten Pasuruan
14 – 23 April 2014
Menuliskan draf dokumen pembelajaran P4 di Jawa Timur
24 – 25 April 2014
Mendiskusikan draf dokumen pembelajaran P4
29 – 30 April 2014
Mengikuti semiloka refleksi program P4 di Surabaya
1 – 12 Mei 2014
Memfinalkan penulisan dokumen pembelajaran proyek P4
13 – 14 Mei 2014
Mendiskusikan draf final dokumen pembelajaran P4
16 – 23 Mei 2014
Layout buku dokumen pembelajaran P4
16 – 31 Mei 2014
Penerjemahan dokumen pembelajaran dalam bahasa Inggris
2 – 3 Juni 2014
Review draf final terjemahan dokumen pembelajaran P4
4 – 14 Juni 2014
Pencetakan buku dokumen pembelajaran P4 di Jawa Timur edisi bahasa Inggris dan Indonesia
 
 
Lamaran dan CV dikirimkan ke email hrhklogistics@yahoo.com dengan menuliskan pada subyek email-nya “Penulisan Dokumen P4 Jawa Timur” bagi mereka yang tertarik menjadi penulis dokumen atau “Penerjemahan Dokumen P4 Jawa Timur” bagi mereka yang tertarik untuk menjadi penerjemah atau “Penulisan dan Penerjemahan Dokumen P4 Jawa Timur” bagi mereka yang tertarik menjadi penulis dan penerjemah. Lamaran kami tunggu selambat-lambatnya tanggal 27 Maret 2014. Hanya mereka yang memenuhi persyaratan yang akan dihubungi untuk proses seleksi.