loading...

Beasiswa Riset Khusus Wanita Tahun 2014

Japanese Association of University Women (JAUW) membuka pendaftaran untuk program International Fellowship 2014. Program ini dibuka untuk para wanita yang berminat menyelesaikan studi dan riset di Jepang.

Untuk mendaftar program ini, Anda harus memiliki gelar Master dan tidak bekerja sebagai pengajar. Anda yang sedang meneliti untuk program pre-doktoral juga boleh mendaftar. Sementara itu, mahasiswa postdoctoral tidak akan menjadi prioritas seleksi.

Untuk diterima dalam program ini, Anda juga harus menemukan institusi atau perguruan tinggi di Jepang yang bersedia menjadi host riset. Anda harus melampirkan bukti penerimaan dari institusi tersebut atau dari calon pembimbing riset ketika mendaftar Fellowship.

Syarat selanjutnya, Anda harus menjelaskan dalam proposal mengapa Anda harus tinggal di Jepang untuk menyelesaikan studi/riset Anda. Selain itu, Anda juga perlu memberikan penjelasan dalam aspek apa Anda akan memberikan kontribusi kepada negara asal dengan penelitian/riset tersebut.

Ada dua fellowship yang akan diberikan melalui program ini. Besaran dana yang akan didapat fellows adalah sekira 700 ribu yen (sekira Rp80,9 juta) hingga satu juta yen (Rp115,6 juta). Durasi masa tinggal Anda di Jepang dan faktor lainnya akan menjadi faktor pertimbangan lainnya dalam pemberian total dana fellowship.

Dana studi/riset ini akan diberikan selama lima hingga enam bulan, tergantung proposal riset Anda. Periode pemberian dana adalah September 2014 hingga Maret 2015.

Jika terpilih sebagai fellows, Anda harus melaksanakan riset/studi sesuai proposal yang diajukan. Anda juga harus menuliskan laporan sepanjang 500-700 kata di akhir periode pendanaan. Kemudian, Anda akan diminta melakukan presentasi lisan tentang laporan tersebut dalam pertemuan yang dihelat JAUW.

Pendaftaran dilakukan secara manual melalui pos. Formulir pendaftaran bisa diunduh di laman JAUW. Tiga salinan berkas lamaran harus dikirimkan sebagai satu paket ke alamat:

International Fellowship Committee
Japanese Association of University Women
11-6-101 Samoncho, Shinjuku-ku,
Tokyo 160-0017,
JAPAN

Berkas lamaran ini harus diterima maksimal 31 Maret 2014.

Penerima fellows akan dihubungi via email pada awal Juni 2014. Pengumuman resmi akan dipasang di laman JAUW pada akhir Juni. (rfa)