Swisscontact mempromosikan pembangunan ekonomi, sosial dan
ekologi dengan memberikan dukungan untuk dapat mengintegrasikannya ke dalam
kehidupan komersial lokal. Swisscontact menciptakan kesempatan bagi setiap
orang untuk memperbaiki kondisi hidup mereka sebagai hasil dari usaha mereka
sendiri. Fokus intervensi sistemik di sektor swasta adalah penguatan rantai
nilai lokal dan global. Melalui proyek-proyeknya, Swisscontact bekerja untuk
mengaktifkan akses ke pelatihan profesional, mempromosikan kewirausahaan lokal,
menciptakan akses ke penyedia jasa keuangan lokal dan mendukung penggunaan
sumber daya yang efisien dengan tujuan berhasil mempromosikan lapangan kerja
dan peningkatan pendapatan.
Yayasan ini berbasis di Zurich, Swiss, dan aktif di 29
negara dan memiliki sekitar 750 karyawan.
Untuk Sustainable Cocoa Production Program (SCPP) di
Indonesia, Swisscontact menawarkan kesempatan untuk diposisikan sebagai:
Regional Finance Officer
Mulai Bekerja :
February 2014 or as agreed
Lokasi Kerja :
Makassar
Tugas Secara Umum
Regional Finance Officer bertindak sebagai Kas Akuntan
bertanggung jawab untuk memastikan akuntansi kas yang tepat dari Program SCPP
dan pembayaran tepat waktu dari Program di kantor regional /kabupaten.
Tugas, Kewenangan dan Tanggung Jawab
• Menerima
semua voucher pembayaran atas permintaan pembayaran kepada karyawan dan pihak
ketiga.
• Memeriksa
semua voucher pembayaran sudah sesuai dengan kode anggaran masing-masing
• Memastikan
semua dokumen pendukung dan vocher sudah sesuai dan mengikuti SOP Program SCPP
seperti kebijakan perjalanan, manajemen kas , dan standar pengadaan . Jika
tidak benar akan dikembalikan kepada pemohon.
• Menyiapkan
pembayaran melalui kas kecil dan melalui bilyet giro bank dan memastikan semua
pembayaran tepat waktu atas persetujuan pembayaran oleh Regional Program
Manager.
• Memasukkan
seluruh pembayaran ke dalam sistem MYCASH setelah pembayaran dilakukan sesuai
dengan kode akun yang benar.
• Mengumpulkan
semua transaksi dari perusahaan dalam bentuk posting ke MYCASH secara tepat
waktu.
• Melakukan
pembayaran jumlah kas kecil dengan Regional Program Manager di setiap minggu
• Mengirimkan
Laporan keuangan dwi-mingguan kepada Supervisor Kas Akuntan dalam format yang
ditentukan dan diajukan tepat waktu / sesuai dengan jadwal.
• Mengirimkan
semua voucher asli ke Supervisor Kas Akuntan untuk tujuan akuntansi secara
tepat waktu.
• Mengontrol
cash advance yang beredar di pemegang diluar batas waktu (di luar 1 bulan) dan
daftar cash advance pada setiap akhir
bulan.
• Menyiapkan
wesel bulanan Kantor Wilayah bekerjasama dengan Regional Program Manager dan
menyerahkan kepada FM selambat-lambatnya pada tanggal 25 setiap bulan.
• Membantu
District Admin Finance Officer untuk mempersiapkan laporan keuangan
dwi-mingguan sebelum maju ke Kantor Pusat dan membantu DAFO dalam melakukan
aktivitas sehari-hari dalam hal finansial.
• Membantu
District Admin Finance Officer untuk mempersiapkan pesanan uang bulanan sebelum
mereka maju ke Kantor Pusat.
• Menjaga
hubungan baik dengan petugas bank dan memperbarui layanan utama untuk
kelancaran bisnis.
• Tugas-tugas
lain yang timbul selama di perlukan dan diminta baik oleh Regional Program
Manager , Manajer Keuangan , dan Direktur Program
Komunikasi, Pengawasan dan Laporan
• Memberikan
laporan rutin pemantauan lapangan atas kegiatan Sekolah Lapang, evaluasi dan
rehabilitasi pertanian, kelompok tani / kegiatan SCE kepada koordinator
Kabupaten dan Manager komponen produksi coklat.
• Menjaga
hubungan yang baik dan koordinasi dengan petani / kelompok tani dan pemerintah
daerah di wilayah kerja mereka.
Persyaratan pelamar:
Pendidikan:
Lulusan diploma dan S1 Akutansi dari Universitas nasional
unggulan.
Pengalaman:
• Minimum
lima tahun pengalaman yang berhubungan dengan finance.
• Pernah
bekerja di NGO sebelumnya merupakan nilai tambah.
• Mampu
menulis laporan Bahasa Inggris dan laporan keuangan.
• Memilik
pengalaman dalam mengatur dan mempersiapkan budget
• Pengalaman
pada pemetaan risiko & penilaian kapasitas di tingkat lokal.
Keahlian lainnya:
• Memiliki
rasa tanggung jawab dan pengawasan yang kuat.
• Memiliki
kemampuan interpersonal yang baik dan komitmen bekerja dalam tim.
• Mampu
mengoperasikan komputer, software system (windows, spread sheet, word
processing, e-mail, internet.)
• Mampu
menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan, menjawab pertanyaan-pertanyaan
sederhana dalam konteks pekerjaan dilapangan.
Lamaran paling lambat di terima pada tanggal 23 Januari 2014, ditujukan kepada:
Swisscontact Indonesia, Human Resource and Administration
Unit
Alamat :
THE VIDA, 5th Floor 01-04,
Jl. Raya Perjuangan No. 8 Kebon Jeruk - Jakarta 11530
Tel +62 21 2951
0200 Fax +62 21 2951 0210
E-mail: hrd@scpp.swisscontact.or.id