Swisscontact mempromosikan pembangunan ekonomi, sosial dan
ekologi dengan memberikan dukungan untuk dapat mengintegrasikannya ke dalam
kehidupan komersial lokal. Swisscontact menciptakan kesempatan bagi setiap
orang untuk memperbaiki kondisi hidup mereka sebagai hasil dari usaha mereka
sendiri. Fokus intervensi sistemik di sektor swasta adalah penguatan rantai
nilai lokal dan global. Melalui proyek-proyeknya, Swisscontact bekerja untuk
mengaktifkan akses ke pelatihan profesional, mempromosikan kewirausahaan lokal,
menciptakan akses ke penyedia jasa keuangan lokal dan mendukung penggunaan
sumber daya yang efisien dengan tujuan berhasil mempromosikan lapangan kerja
dan peningkatan pendapatan.
Yayasan ini berbasis di Zurich, Swiss, dan aktif di 29
negara dan memiliki sekitar 750 karyawan.
Untuk Sustainable Cocoa Production Program (SCPP) di
Indonesia, Swisscontact menawarkan kesempatan untuk diposisikan sebagai:
Cash Accountant
Mulai Bekerja : February
2014 or as agreed
Lokasi Kerja : Jakarta
Tugas Secara Umum
Cash Akuntan bertanggung jawab sebagai kasir bertanggung
jawab untuk mempersiapkan pembayaran melalui Petty Kas dan Bank untuk kegiatan
sehari-hari dan memasukkan transaksi ke MyCash.
Tugas, Kewenangan dan Tanggung Jawab
• Menerima
semua voucher pembayaran atas permintaan pembayaran kepada karyawan dan pihak
ketiga.
• Memeriksa
semua voucher pembayaran sudah sesuai dengan kode anggaran masing-masing
• Memastikan
semua dokumen pendukung dan vocher sudah sesuai dan mengikuti SOP Program SCPP
seperti kebijakan perjalanan, manajemen kas , dan standar pengadaan . Jika
tidak benar akan dikembalikan kepada pemohon. Jika tidak benar Cash Akuntan
kemudian akan mengembalikan dokumen Pemohon tersebut.
• Menyiapkan
semua pembayaran dengan cash kecil maksimal Rp. 5 juta dan transfer bank untuk
pembayaran di atas Rp 5 juta. Pastikan administrasi pembayaran dalam waktu yang
tepat setelah permintaan pembayaran ditandatangani oleh FM.
• Pastikan
dana kas kecil cukup setiap waktu untuk mengatasi pembayaran langsung.
• Melakukan
perhitungan kas kecil dengan CAOfficer setiap minggu.
• Memastikan
informasi pembayaran dikirimkan melalui email kepada staf masing-masing.
• Memasuk
seluruh pembayaran ke dalam sistem MYCASH setelah pembayaran dilakukan sesuai
dengan kode yang benar dari rekening sebelum diserahkan kepada CAO.
• Pengajuan
semua voucher pembayaran di Country office berkoordinasi dengan CAO
• Membantu
CAO untuk mengendalikan uang tunai yang beredar dari Country Office staf
terutama yang beredar lama ( lebih dari satu bulan dan berkomunikasi dengan
pemegang cash advance).
• PIC dalam
ketiadaan CAO
• Tugas-tugas
lain timbul selama di perlukan atas diminta oleh CAO, Senior Finance Manager
dan Country Director.
Persyaratan pelamar:
Pendidikan:
Lulusan diploma dan S1 Akutansi dari Universitas nasional
unggulan.
Pengalaman:
• Minimum
lima tahun pengalaman yang berhubungan dengan finance.
• Pernah
bekerja di NGO sebelumnya merupakan nilai tambah.
• Mampu
menulis laporan Bahasa Inggris dan laporan keuangan.
• Memilik
pengalaman dalam mengatur dan mempersiapkan budget
• Pengalaman
pada pemetaan risiko & penilaian kapasitas di tingkat lokal.
Keahlian lainnya:
• Memiliki
rasa tanggung jawab dan pengawasan yang kuat.
• Memiliki
kemampuan interpersonal yang baik dan komitmen bekerja dalam tim.
• Mampu
mengoperasikan komputer, software system (windows, spread sheet, word
processing, e-mail, internet.)
• Mampu
menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan, menjawab pertanyaan-pertanyaan
sederhana dalam konteks pekerjaan dilapangan.
Lamaran diterima paling lambat tanggal 23 January 2014, ditujukan kepada:
Swisscontact Indonesia, Human Resource and Administration
Unit
Alamat :
THE VIDA, 5th Floor 01-04,
Jl. Raya Perjuangan No. 8 Kebon Jeruk - Jakarta 11530
Tel +62 21 2951
0200 Fax +62 21 2951 0210
E-mail: hrd@scpp.swisscontact.or.id
(Mohon mencantumkan posisi yang dilamar di
bagian “Subject”)