loading...

Lowongan Asisten untuk Kolektor Data dan Analisis Pemetaan Peran Donor, Jakarta

Asisten untuk Kolektor Data dan Analisis Pemetaan Peran Donor
(untuk ditempatkan di Biro Hukum dan Kerjasama, Badan Nasional Penanggulangan Bencana)
 
Program Asistensi Teknis
Didukung oleh Fasilitas Australia-Indonesia untuk Pengurangan Bencana
(AIFDR)
 
Latar Belakang:
Melalui program CDSP-AIFDR yang berupa pengembangan kapasitas bagi Biro Hukum dan Kerjasama (RoHk-Ks), diharapkan memberikan sumbangsih bagi kinerja organisasi.

Program pengembangan kapasitas ini secara keseluruhan bermaksud untuk: Peningkatan kemampuan BNPB dalam memfasilitasi kerjasama internasional di bidang Penanggulangan Bencana.

Tujuan:
Khusus untuk Output 1 ini diharapkan terdapat setidaknya 2 orang staf RoHK-Ks dapat memetakan pola dan karakteristik kerjasama internasional bidang Penanggulangan Bencana.
 
Gambaran Tugas Umum
Indonesia mendapatkan dukungan dari berbagai negara dan donor internasional dalam penanggulangan bencana. BNPB sebagai pemegang mandat untuk tugas ini, menerima dukungan dari berbagai lembaga donor dan pemerintah negara-negara sahabat. Di sisi lain lembaga-lembaga donor dan lembaga pemerintah negara-negara sahabat juga mengadakan kerjasama dibidang kebencanaan dengan Kementrian dan Lembaga lainnya. Oleh karena itu telah dipikirkan untuk menemukan sinergi dari seluruh usaha-usaha yang dikerjakan bersama dengan Kementrian dan Lembaga. Bagi NGO dan donor internasional pola sinergi ini juga sangat diperlukan. Hal ini untuk menjamin bahwa tidak terjadi tumpang tindih ataupun in-efisiensi dalam upaya penanggulangan bencana. Maka siapa melakukan apa perlu dipetakan. Oleh karena itu diperlukan kelengkapan serta akurasi data-data yang perlu dipetakan tersebut.

Peran dan Tanggung Jawab
Asisten untuk Kolektor Data dan Analisis Pemetaan Peran Donor akan menjalankan tugas sebagai berikut:
  • Mendukung Konsultan Protokol Humanitarian dan Hubungan Internasional (KPHHI) dalam melakukan riset kerjasama internasional (model, pola dan etika) dengan melibatkan K/L.
  • Mengumpulkan data-data usaha, program, kegiatan penanggulangan bencana yang dikerjakan oleh unit-unit BNPB, Kementrian dan Lembaga. Cara pengumpulan data adalah dengan mendatangi kantor institusi-institusi tersebut untuk menjamin kelengkapan data yang diperlukan.
  • Metoda pengumpulan adalah dengan cara wawancara, pengisian kuesioner, penggalian data dari laporan maupun informasi publik.
  • Melakukan input data-data yang sudah dikumpulkan pada form excel yang sudah dibuat untuk riset.
  • Melaporkan progress harian kegiatan pengumpulan dan input data kepada KPHHI.
  • Mendukung KPHHI dalam melakukan riset pemetaan berdasarkan data-data yang sudah masuk.
Penempatan
Posisi ini akan berbasis di kantor
BNPB Jl. Juanda no. 36, Harmoni, Jakarta Pusat.

Masa kerja
Masa kerja untuk penugasan ini adalah 1 bulan.

Kriteria Seleksi
Kriteria Utama:
  • Memiliki pengalaman survey dan pengumpulan data.
  • Memiliki pemahaman metodologi penelitian yang cukup kuat.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan lembaga pemerintah.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan fasih berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan, juga berpengalaman dalam berkomunikasi dengan lembaga pemerintah.
  • Menguasai Microsoft Office terutama Ms. Excel.
  • Memiliki laptop dan kendaraan sendiri.
  • Bersedia bekerja keras dan memiliki integritas kerja yang tinggi.
Lamaran dan CV dikirimkan ke email hrhklogistics@yahoo.com dengan menuliskan “Asisten untuk Kolektor Data dan Analisis Pemetaan Peran Donor” sebagai subyek email-nya. Lamaran kami tunggu hingga 2 minggu dari iklan ini ditayangkan. Hanya mereka yang memenuhi persyaratan yang akan dihubungi untuk proses seleksi.