loading...

Lowongan PHP Programming Officer Direktorat Pengembangan Sistem Katalog, Jakarta

KERANGKA ACUAN KERJA
LOWONGAN PHP PROGRAMMING OFFICER
DIREKTORAT PENGEMBANGAN SISTEM KATALOG
LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH
REPUBLIK INDONESIA

LATAR BELAKANG
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah , dan peraturan Kepala LKPP Nomor 17 Tahun  2012 tentang E-Purchasing, serta Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pengadaan Barang/Jasa Dengan Sistem E-Purchasing maka pengadaan barang/jasa pemerintah dapat dilakukan secara elektronik dengan cara E-Tendering atau E-Purchasing.

E-Purchasing merupakan tatacara pembelian barang/jasa melalui system catalogue (e-catalogue) yang difasilitasi dan diselenggarakan oleh LKPP, dimana aplikasi E-Purchasing merupakan perangkat lunak system pengadaan/pembelian secara elektronik (SPSE) berbasis web,  aplikasi ini terinstalasi/terpasang di server LPSE. Aplikasi system pengadaan/pembelian secara elektronik dapat diakses melalui website LPSE yang disediakan oleh LKPP.

Keberadaan E-Catalogue bukan keharusan yang dilakukan oleh K/L/D/I, apabila barang/jasa yang dibutuhkan belum tersedia dalam E-Catalogue atau terjadi kendala teknis dalam melakukan transaksi, maka pengadaan barang/jasa pemerintah dapat dilakukan dengan mekanisme lainnya (E-Tendering, dll).

Keuntungan dalam melakukan pengadaan barang/jasa pemerintah melalui E-Catalogue adalah harga yang disajikan oleh E-Catalogue dijamin lebih murah dari harga pasaran, dikarenakan LKPP telah menetapkan mekanisme proses seleksi harga yang ketat terhadap harga yang ditawarkan oleh produsen barang/jasa.

Saat ini sudah terdapat 6 (enam) komoditas yang terdapat didalam e-katalog diantaranya adalah : 1) kesehatan, 2) alat dan mesin pertanian, 3) sarana bahan pabrikasi, 4) kendaraan, 5) internet supplier provider dan 6) peralatan berat, jumlah komoditas kedepannya akan selalu berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan K/L/D/I, sampai dengan akhir tahun ini diperkirakan dari komoditas yang ada, akan bertambah ± 15.000 produk tersedia dalam e-katalog.

KEBUTUHAN DUKUNGAN TENAGA PROGRAMMER
Sesuai dengan perkembangan dan laju e-katalog yang sangat cepat, sangat dibutuhkan sumber daya manusia dalam pengelolaannya, secara khusus dalam IT sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dalam mengimplementasikan aplikasi e-katalog berbasis web, agar aplikasi tersebut secara mudah dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk memfasilitasi kebutuhan barang/jasa pemerintah.

e-katalog saat ini (http://e-katalog.lkpp.go.id/e-catalogue/) berdiri sendiri-sendiri dalam memfasilitasi tiap-tiap komoditas yang ada, guna mengimplementasikan kondisi tersebut, sangat diperlukan tenaga PHP-Programmer yang handal dan mengerti secara mendalam tentang coding language (PHP-CodeIgniter) dan mampu bekerja secara simultan untuk mengimbangi perkembangan dan laju e-katalog. Berikut kualifikasi PHP-Programmer yang sesuai dengan kebutuhan implementasi e-katalog berdasarkan harapan dan tujuannya.

TUJUAN
Aplikasi e-katalog kedepannya harus dapat memfasilitasi berbagai macam komoditas dan produk yang mempunyai spesikasi berbeda antara satu dan lainnya yang terintegrasi dalam satu aplikasi berbasis web (one stop solution) yang dapat menstandarisasi pengalaman user dengan standar pelayanan yang baik sesuai dengan best practices yang ada dalam pengembangan sistem e-katalog oleh LKPP.

URAIANTUGAS, KELUARAN, DAN PELAPORAN
PHP-Programmer menggunakan pendekatan output based assignment selama kurun waktu yang telah ditentukan, dapat:
  • Mengembangkan kode dan komponen yang berkualitas tinggi, modular, terdokumentasikan dengan baik, dapat digunakan kembali, dan harus menegakkan standar coding yang ketat setiap saat.
  • Mengembangkan aplikasi web yang bersifat dinamis dan harus terintegrasi dengan CMS (content management system) guna memudahkan bilamana terdapat perubahan dan harus diantisipasi dengan cepat.
  • Dan tugas tugas pengembangan sistem e-katalog lainya sesuai arahan Direktur Pengembangan Sistem Katalog melalui Kasubdit Riset dan Kontrak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia serta melakukan implementasi design aplikasi agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan direncanakan.
  • Programmer akan bekerja secara kelompok dalam tim yang dipimpin dalam pelaksanaan harianya oleh Kasubdit Riset dan Kontrak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia, sebagai manajemen proyek pengembangan sistem TIK pendukung e-Katalog.
KUALIFIKASI TENAGA PROGRAMMER
  • S1 – Informatika
  • Menguasai PHPdengan Sangat baik.
  • Menguasai MySQL , SQL Server dan SQL dengan baik serta mampu membuat Query yang efektif 
  • Menguasai Framework PHP (Zend, Codeignater, atau Yii)
  • Menguasai HTML5/CSS3
  • Menguasai Javascript
  • Menguasai Framework Javascript (JQuery, Sencha Ext.JS atau DHTMLX)
  • Menguasai dan mampu membuat CMS (content management system)
  • Mampu berkomunikasi dan bekerja secara individual maupun dengan tim
  • Mampu bekerja sesuai dengan target waktu dan deadline
  • Cepat mengadopsi teknologi baru untuk diimplementasikan kedalam software/aplikasi berorientasi web
  • Bersedia lembur dan melakukan perjalanan dinas keluar kota
CV dapat dikirim kealamat email rifatzoel@yahoo.com/rifat.zoel@gmail.com dengan
format subject e-mail sebagai berikut

LOWONGAN_PHP_PROGRAMMER_LKPP_RI_<nama pelamar>, 
selambat-lambatnya 2(dua) minggu dari hari/tanggal terkirim informasi lowongan ini. | Closing Date: 30 Desember 2013