loading...

Helen Keller International (HKI) – Monitoring & Evaluation Support officer, Jakarta

Helen Keller International (HKI) – Monitoring & Evaluation Support officer
Program: DRIVE (Diabetic Retinopathy, Refractive Error, and Vision Entrepreneur)

Deskripsi Program 
Sejak 1970-an HKI telah bekerja untuk membangun pendekatan berbasis bukti yang berkelanjutan dalam meningkatkan kesehatan, gizi, rehabilitasi, dan pendidikan di Indonesia. Program HKI di Indonesia melibatkan seluruh tingkatan dalam struktur pemerintahan di bidang kesehatan dan pendidikan mulai dari tingkat nasional hingga pedesaan. HKI menyediakan pelayanan yang terintegrasi dengan sistem pendidikan dan kesehatan yang ada dengan mengembangkan infrastruktur dan sumber daya, mengadakan asesmen kebutuhan, menganalisa karakteristik lokal untuk menginformasikan desain dan implementasi program, pelatihan staf, menyediakan peralatan dan pengobatan dasar, menyediakan pelayanan, memantau kemajuan program dan mengevaluasi dampaknya.

HKI saat ini melaksanakan program kesehatan dan gizi, perawatan mata, rehabilitasi dan pendidikan di 24 negara di dunia. Dengan pengalaman 90 tahun, HKI telah mengembangkan keahlian khusus dalam pelaksanaan intervesi skala besar yang ditargetkan, pengembangan sistem pelayanan pemerintahan dan pemantauan komprehensif hasil program, seperti kebijakan pembangunan, akses pendidikan, status gizi, kesakitan dan kematian.
 
Program kesehatan mata yang dilakukan oleh HKI saat ini berbasis sekolah dan berbasis masyarakat. Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan guru untuk melakukan skrining tajam penglihatan, refraksi, dan distribusi kacamata. Program skrining berbasis sekolah untuk gangguan penglihatan sangat terbatas di Indonesia khususnya bagi masyarakat miskin. Anak-anak yang keluarganya memiliki tingkat ekonomi rendah bergantung pada guru dan orang tua untuk mengidentifikasi adanya gangguan penglihatan kebutuhan akan perawatan mata dan merujuk atau mengantar anak mereka ke puskesmas atau rumah sakit yang tersedia. Terdapat kekurangan yang cukup besar dari keterbatasan jumlah tenaga refraksionis dan dokter mata di Indonesia serta kesehatan mata tidak diprioritaskan dalam penyediaan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat miskin. HKI akan bekerja secara langsung dengan sekolah, Dinas Pendidikan dan Kesehatan, lembaga pelatihan dan asosiasi profesi refraksionis serta pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) untuk meningkatkan kapasitas sistem kesehatan dan pendidikan untuk menyediakan layanan yang berkualitas dan terjangkau.
 
Deskripsi Posisi
Bertempat tugas di Jakarta, Monitoring & Evaluation staff, akan bertanggung jawab untuk mendukung dan mengawasi jalannya program refraction error seperti kegiatan training, skrining, refraksi dan distribusi kacamata. Sebagai quality control yang melakukan pengukuran dan pencatatan kembali semua kegiatan program eye health.  Bertanggung jawab juga terhadap kualitas data yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan tersebut.

Deskripsi Tanggung Jawab
  • Memastikan pengumpulan dan pencatatan semua kegiatan program eye health terkait data dalam kegiatan training, skrining, refraksi, rujukan, dan distribusi kacamata
  • Memastikan pengumpulan data dan pencatatan kegiatan monitoring dan evaluasi program eye health
  • Memastikan kualitas data yang dihasilkan oleh tim lapangan
  • Verifikasi data
  • Melakukan pengukuran dan pencatatan kembali semua kegiatan program eye health
  • Data processing, input data, editing dan cleaning data
Kualifikasi dan Pengalaman
  • Pendidikan minimal D3 (lebih diutamakan bidang kesehatan)
  • Memiliki kemampuan tentang Microsoft office (word, excel)
  • Lebih disukai yang memiliki kemampuan SPSS program
  • Memiliki kemampuan wawancara dan komunikasi yang baik
  • Lebih disukai yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris
  • Memiliki interpersonal yang kuat dalam berhadapan dengan pihak-pihak eksternal dan juga dengan rekan kerja
Silahkan email surat lamaran dan CV ke: cstephani@hki.org Ref.: “HKI M&E staff” Tenggat Waktu Aplikasi: 29 November 2013.

Kontak: Claudia Stephani
HKI Jakarta
Jl. Bungur Dalam No. 23 A-B Kemang
Jakarta Selatan 12730
Telp. 021-7199163 ext 421


LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!