Yayasan Karina membuka Lowongan untuk Konsultan Finance dengan TOR sebagai berikut:
Term of Reference (ToR)
Konsultan Keuangan
Latar Belakang
KARINA (Karitas Indonesia) adalah
Lembaga Sosio-pastoral Gereja Katolik, milik Konferensi Waligereja Indonesia
(KWI) yang bergerak dalam bidang pelayanan sosial kemanusiaan. KARINA didirikan
pada tahun 2006 dalam bentuk Yayasan, yakni sebuah lembaga non-profit yang
berfokus pada karya sosial kemanusiaan. Mandat KARINA adalah menganimasi, memfasilitasi dan
mengkoordinasi pelayanan sosial kemanusiaan dari Keuskupan-Keuskupan yang ada
di Indonesia.
Sebagai lembaga yang masih relatif
muda, KARINA masih terus mengembangkan system dan mekanisme yang efektif dan
efisien dalam mengembangkan misinya tersebut. Salah satu system yang sedang
dikembangkan adalah system keuangan.
Manual Kebijakan (Policy) Keuangan
sudah disusun, demikian juga system dan format-format keuangan sudah
dikembangkan. Saat ini laporan keuangan disajikan dengan menggunakan program
excel. Untuk mendukung efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas dalam laporan
keuangan ini, KARINA telah memutuskan untuk menggunakan software program keuangan QUICK BOOKS.
Dalam penyajian laporan keuangan
dalam program excel, KARINA belum mempunyai format yang baku dan bisa
mengakomodir kebutuhan kegiatan lembaga. Dengan demikian laporan keuangan masih
sulit menampilkan laporan konsolidasi keuangan secara periodik (bulanan,
triwulan, semester, tahunan). Belum tersedia general ledger (buku besar), balance
sheet (laporan neraca), income
statement, cash flow statement dan
rekonsiliasi bank, dll. Disamping
itu ada pula transaksi-transaksi keuangan yang belum terekam dan perlu dilacak,
baik lewat dokumen dalam bentuk soft copy
maupun hard copy.
Dengan kondisi seperti ini, KARINA
bermaksud bekerjasama dengan lembaga konsultan keuangan yang bisa membantu
menyediakan sistem dan laporan keuangan
yang bisa di-set-up dalam software program keuangan yang telah ditentukan,
yaitu QUICK BOOKS (versi Canada tahun 2012) dan konsultan diharapkan bisa
melatih staf keuangan KARINA untuk operasi program QUICK BOOKS yang akan di-set-up
oleh konsultan ini.
I. Tujuan
Tersedianya
format laporan keuangan KARINA yang sesuai dengan lembaga non-profit dan standar
akutansi publik.
II. Lingkup Kerja Utama
- Review Manual Policy Keuangan lembaga.
- Review semua transaksi kuangan lembaga untuk periode 2013.
- Review template/format pelaporan keuangan kegiatan lembaga saat ini.
- Review dan rekonsiliasi transaksi bank lembaga.
- Mengusulkan perbaikan Manual Policy Keuangan lembaga dan template/ format laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan lembaga dan standar akuntasi yang berlaku.
- Menyusun “chart of account” sesuai dengan kebutuhan lembaga.
III. Hasil yang diharapkan
- Tersedianya sistem dan format-format laporan keuangan lembaga non-profit sesuai dengan kebutuhan lembaga dan standar akutansi publik, meliputi:
- Format laporan keuangan
- Revisi Manual Policy
- Rekonsiliasi Bank
- “Chart of Account” yang sesuai dengan software QUICK BOOKS
- Balance Sheet
- Income Statement
- Cash Flow Statement
- Tersedianya laporan keuangan sesuai dengan format untuk periode 2012
IV. Kriteria Konsultan
- Konsultan bekerja atas nama Lembaga Konsultan Keuangan resmi, diutamakan yang memahami software program keuangan QUICK BOOKS.
- Memahami system pelaporan keuangan lembaga non-profit dan standard akutansi publik.
- Mengirimkan penawaran anggaran dan target waktu.
V. Target Waktu
28 Oktober – 11
Desember 2013
- Target 1 dalam tempo 15 hari pertama, selesai per 11 November 2013
- Target 2 dalam tempo 30 hari kedua, selesai per 11 Desember 2013
Lamaran,
CV and kontak detail serta penawaran
harga dapat dikirimkan by email ke: eva@karina.or.id or sdmkarina@gmail.com at the
latest 15 October 2013