loading...

Fauna & Flora International - Aceh Programme Mencari 2 (dua) Orang Consultant, Aceh

Fauna & Flora International - Aceh Programme  mencari  2 (dua) orang Consultant

A. Latar Belakang
Tahun 2013 Uni Eropa berkomitmen untuk mendanai proyek perubahan iklim di Aceh (lot -1) dan Papua (lot -2) untuk komponen monitoring oleh masyarakat sipil, sedangkan komponenpemerintahan akan di implementasikan di Aceh dan Jambi. Untuk menjawab tantangan,dinamika dan perkembangan rezim iklim global, terutama skemaadaptasi dan mitigasiperubahan iklim, maka dalam konteks Indonesia adalah melalui pelaksanaankomitmenpemerintah yang di deklarasikan pada KKT G-20 di Pitsburg, Jerman, skema inikemudiandikenal dengan 7-26-41 atau dengan pertumbuhan ekonomi 7 persen, Indonesiaberkomitmenmenurunkan emisi sebesar 26 persen dari business as usual dan komitmen ini akanditingkatkan dengan menurunkan emisi sebesar 41 persen melalui bantuan international.

Aceh yang merupakan satu dari 11 provinsi percontohan REDD+ adalah bagian yang tak terpisahkan dari komitmen tersebut. Oleh karena itu, melalui pendanaan Uni Eropa, proyek perubahan iklim     lot -1 Aceh yang di implementasikan oleh Fauna & Flora International (FFI), Strategic Resources Initiative, dan Lembaga Suar Galang Keadilan berkomitmen mendorong iniatives tersebut melalui tiga komponen besar proyek.

Pertama, Mengembangkan kerangka kebijakanperubahan iklim secara partisipatif dan inklusif, Kedua, Memperkuat peran para-pihak dalam menjawab isu prioritas perubahan iklim di Aceh dalam konteks capacity buiding dan demonstration activities di level site melalui skema community forest, Ketiga, mengurangi deforestasi dandegradasi hutan melalui kegiatan law enforcement.

Dalam rangka memperkuat peran para pihak termasuk didalam nya adalah pengembangan demonstarion activities ditingkat tapak melalui skema Hutan Desa.

B. Tujuan
Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk melakukan penilaian kelayakan terhadap lokasi Hutan Desa di Kawasan Hutan Ulu Masen, dengan mempertimbangkan kriteria – kriteria yang telah disebutkan diatas dan atau kriteria yang kemudian disepakati bersama.

E. Jadwal dan Pelaporan
Kegiatan penilaian untuk wilayah atau lokasi Hutan Desa dilaksanakan dalam kurun waktu 2 bulan, dimulai dari 20 October 2013 dan telah menyelesaikan pekerjaan –nya dalam bentuk laporan hasil kajian beserta rekomendasinya.

F. Kriteria Consultant
Consultant yang akan melakukan kegiatan penilaian kelayakan Hutan Desa ini adalah individu yang memiliki kemampuan yang relevan dengan kebutuhan di atas dan mempunyai pengalaman dalam Community Based Forest Management (CBFM). Secara detil dengan kualifikasi sebagai berikut; 
  • Sarjana ilmu kehutanan, Pertanian, Sosial atau yang relevan dengan kebutuhan proyek
  • Berpengalaman minimal 15 tahun yang relevan dengan konservasi keragaman hayati, pengelolaan hutan berbasis masyarakat dan advokasi kebijakan sumberdaya alam. 
  • Berpengalaman melakukan penilaian dengan beragam metode yang relevan.
  • Memiliki kualifikasi analisis dan metode penilaian serta mampu membuat pelaporan.
  • Mampu bekerja mandiri, bersama tim dan dibawah tekanan
  Bagi yang berminat silakan mengirimkan Lamaran, CV anda ke alamat: dewi.kurnia@ffi.or.id , Lamaran yang di terima paling lambat tgl 18 Oktober 2013 pukul 16.00 Wib hanya kandidat yg masuk short list akan dipanggil.


LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!