loading...

Lowongan Tenaga Pendukung Koordinasi di Bappenas

LOWONGAN KERJA

Tenaga Pendukung Koordinasi Kegiatan yang dibiayai Pinjaman dan Hibah Luar Negeri di Direktorat Pendanaan Luar Negeri Multilateral, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)

Direktorat Pendanaan Luar Negeri Multilateral Bappenas adalah salah satu unit kerja di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang memiliki tugas untuk melaksanakan penyusunan rencana dan kebijakan pendanaan pembangunan yang berasal dari mitra pembangunan multilateral seperti Bank Dunia, ADB, IDB, Uni Eropa dan lembaga-lembaga PBB, serta melaksanakan pemantauan dan penilaian atas pelaksanaannya.

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk melakukan penataan terhadap pengelolaan pinjaman/ hibah luar negeri dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi piinjaman dan hibah luar negeri bagi pembangunan. Sebagai landasan kerja sama pembangunan, Pemerintah dan mitra pembangunan telah memformulasikan interim Country Programme Strategy (CPS) 2013 – 2015 untuk Bank Dunia, CPS 2012-2014 untuk ADB, MCPS 2011-2014 untuk IDB serta review COSOP 2009-2013 untuk IFAD. Sebagai tindak lanjut kesepakatan itu, lembaga-lembaga tersebut secara bertahap perlu menyesuaikan dan mengharmonisasikan prosedur mitra pembangunan dengan sistem dan prosedur pemerintah.

Kegiatan koordinasi proyek dan program yang dibiayai pinjaman/ hibah luar negeri pada tahun ini akan diarahkan untuk optimalisasi ownership pemerintah dalam setiap tahapan kesepakatan formal dengan tetap berpegang pada prosedur dan pemenuhan kriteria kesiapan pinjaman/ hibah.

Tujuan dari kegiatan koordinasi adalah melaksanakan koordinasi proyek/program yang dibiayai pinjaman dan hibah luar negeri multilateral agar dapat lebih efisien dan efektif, serta memenuhi prinsip-prinsip akuntabilitas dan ownership.

Acuan yang akan menjadi landasan pelaksanaan koordinasia dalah Daftar Rencana Pinjaman Hibah Luar Negeri  Jangka Menengah (DRPHLN-JM) 2011-2014, dokumen pipeline projects atau dokumen lain yang sejenis dari masing-masing lembaga multilateral.

Ruang lingkup kegiatan koordinasi adalah:
  • Mengidentifikasi dan mengiventarisasi usulan-usulan kegiatan yang berasal dari DRPHLN-JM 2011-2014 untuk disinkronisasikan dengan pipeline projects/ dokumen lain yang setara dari lembaga donor;
  • Memonitor perkembangan tahapan kemajuan pekerjaan pada penyiapan proyek dan program melalui kegiatan rapat, pertemuan pembahasan maupun site visit;
  • Koordinasi pelaksanaan proyek dan program, termasuk monitoring dan evaluasinya melalui kegiatan rapat, pembahasan, supervisi, dan site visit.
Kualifikasi Tenaga Pendukung

Guna membantu pelaksanaan kegiatan koordinasi, diperlukan tenaga pendukung koordinasi untuk keperluan persiapan dan pengelolaan program/ proyek pinjaman dan hibah. Terkait dengan mitra direktorat yang mayoritas berupa lembaga multilateral internasional diharapkan Tenaga Pendukung tersebut mempunyai kemampuan bahasa inggris yang memadai. Latar belakang yang dibutuhkan untuk tenaga ahli tersebut adalah satu orang berkualifikasi Strata-1 (S-1) dengan pengalaman (0) – 5 tahun dalam bidang ekonomi, sarjana teknik, atau administrasi negara. Diutamakan mereka yang mempunyai pengalaman bekerja dengan instansi pemerintah dan memahami mengenai pengelolaan pembiayaan/ kerjasama  program/proyek dengan pendanaan dari luar negeri.

Surat lamaran beserta Curriculum Vitae dikirimkan kepada:

Direktorat Pendanaan Luar Negeri Multilateral,

Kementerian PPN/ Bappenas

Gedung Baru Lt. 6, Jl. Taman Suropati no. 2, Jakarta 10310.

Atau melalui email ke : multilateral.bappenas@yahoo.com

Lamaran diterima paling lambat tanggal 27 Agustus 2013.

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses lebih lanjut.


LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!