loading...

Spesialis Standar Pelayanan Kinerja USAID - Jakarta

Proyek KINERJA, merupakan program tata kelola pemerintahan yang didanai oleh USAID berfokus untuk memberikan layanan di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi saat ini mencari Spesialis Standar Pelayanan dengan lingkup kerja di bawah ini.

Kandidat yang berminat dapat mengirimkan lamaran melalui e-mail ke apujiastuti@kinerja.or.id sebelum tanggal 9 Mei 2013 dengan menuliskan subyek referensi. Agar dapat mencantumkan tanggal kebersediaan bergabung dalam surat lamaran dan hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi.

Durasi kontrak : May 2013 – 28 Februari 2015
Jabatan : Spesialis Standar Pelayanan
Tempat Tugas : Jakarta

Uraian Umum Jabatan

Spesialis Standar Pelayanan (Service Standard Specialist) akan menjadi narasumber utama dari Indonesia untuk memastikan agar pencantuman standar pelayanan seperti Standar Pelayanan Minimum (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Standar Prosedur Operasional (SPO) dilakukan secara efektif dalam sistem manajemen pelayanan daerah sebagai model pendekatan perbaikan pelayanan proyek KINERJA di provinsi Aceh, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Papua. Di bawah pengawasan Penasihat Pelayanan Publik, SS Specialist akan mengembangkan dan mengawal pelaksanaan pendekatan untuk meningkatkan penerapan standar pelayanan pemerintah daerah, khususnya dalam paket-paket pendidikan KINERJA yang meliputi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Distribusi Guru Proporsional (PTD) dan Analisis Biaya Operasional Satuan Pendidikan (BOSP), dan paket-paket kesehatan (terutama Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak). SS Specialist akan bekerja melalui Organisasi Mitra Pelaksana KINERJA (IOs)/konsultan dan memberikan kontribusi untuk mereplikasi paket-paket dan kegiatan perbaikan pelayanan KINERJA yang mempromosikan penerapan standar pelayanan secara umum.

Tugas dan Tanggung Jawab
  • Memberikan bantuan teknis dan jaminan kualitas kepada pemangku kepentingan kabupaten dan IO/Konsultan yang melaksanakan kegiatan KINERJA untuk mendukung penerapan standar pelayanan maupun paket-paket perbaikan pelayanan KINERJA yang akhirnya akan menghasilkan perbaikan kinerja sesuai dengan standar pelayanan (SS).
  • Mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan melalui pemantauan lapangan secara teratur, menganalisis laporan bulanan IO/konsultan dan memberikan bimbingan kepada tim-tim lapangan dan IO KINERJA untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan. 
  • Mengembangkan pendekatan bertahap bagi pemerintah daerah mitra KINERJA yang ingin mengkonsolidasikan dan memperluas upaya penerapan SS dan paket-paket pelayanan KINERJA serta mengkoordinasikan dukungan KINERJA bagi upaya-upaya PEMDA.
  • Menjadi Ketua/Manajer Satuan Tugas untuk memfinalisasi Paket-Paket Replikasi KINERJA di bidang Perbaikan Pelayanan dan mengkoordinasikan masukan dari berbagai pelaku.
  • Memberikan pendampingan serta TOT dan bantuan teknis kepada STTAs yang membantu pemangku kepentingan dan IO di tingkat kabupaten.
  • Mengadakan penilaian kebutuhan pelatihan IO/konsultan KINERJA yang mendukung upaya-upaya perbaikan pelayanan/SS dan memberikan masukan kepada Satuan Tugas Pengembangan Kapasitas KINERJA untuk mempersiapkan pelatihan-pelatihan guna mengembangkan kapasitas pemangku kepentingan agar dapat menjadi replikator yang berpengalaman dalam Paket-Paket perbaikan pelayanan KINERJA.
  • Mengidentifikasi para pembela (champions) di setiap provinsi yang ingin mempromosikan SS dan paket-paket perbaikan pelayanan.
  • Mengembangkan pedoman kerja dan langkah-langkah operasional mengenai cara membentuk Forum dan Klinik Provinsi (yang berfokus pada replikasi Paket-Paket Perbaikan Pelayanan/SS) dan menerapkannya di empat provinsi.
  • Mendukung Champions untuk menyusun kerangka kerja klinik Provinsi dan membantu mereka dalam menerapkan prosedur operasional. Hal ini mencakup, antara lain: mendapatkan dukungan politik, mengidentifikasi pakar-pakar teknis, mempromosikan pengalokasian anggaran, menetapkan rencana kerja, dan menetapkan jadwal pertemuan dan pemantauan rutin.
  • Mengidentifikasi kemungkinan praktek yang baik dalam promosi SS dan manajemen Perbaikan Pelayanan, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan, serta mendukung Provinsi untuk menyampaikan dan membahas praktek yang baik dalam Pertemuan Provinsi tentang Praktek yang Baik.
  • Berkoordinasi dengan proyek-proyek Perbaikan Pelayanan/SS terkait/mitra-mitra pembangunan lain di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten, serta mencari kemungkinan berkolaborasi dalam kegiatan-kegiatan terkait yang bersifat melengkapi. 
  • Menjalin hubungan dengan berbagai kementerian (misalnya, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Megadakan pembahasan rutin sehubungan dengan pengalaman KINERJA dalam bekerja sama dengan mereka. 
  • Berkoordinasi dengan kelompok kerja LAN nasional untuk mengembangkan studi kasus dalam mempersiapkan kurikulum pelatihannya. Mendukung mereka untuk mengembangkan rencana kerja dan melibatkan mereka dalam pelaksanaan kegiatan utama KINERJA. 
  • Memberikan kontribusi untuk pelaporan triwulan dan tahunan KINERJA. 
  • Mengawal penyusunan dokumen ringkasan konsep tentang hasil-hasil yang dicapai dan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam mereplikasi upaya SS/Paket-Paket Perbaikan Pelayanan KINERJA. 
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pengawas berdasarkan kebutuhan.
Jabatan ini bertanggung jawab kepada Penasihat Pelayanan Publik (Public Service Delivery Advisor)

Kualifikasi yang dibutuhkan
  • S1 dengan pengalaman kerja minimal 15 tahun atau S2 dengan pengalaman kerja 10 tahun di bidang yang relevan.
  • Pengalaman bekerja sama minimal 10 tahun dengan pemerintah daerah berkaitan dengan standar pelayanan dan perbaikan pelayanan. Pengetahuan tentang pelayanan yang menjadi fokus Paket-Paket Perbaikan Pelayanan KINERJA sangat penting (misalnya, manajemen berbasis sekolah, kesehatan ibu dan anak). 
  • Pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang sumber daya kelembagaan/organisasi dan teknis yang berkaitan dengan kebijakan dan pelaksanaan SS dan penyedia pelayanan SS/Perbaikan Pelayanan di tingkat provinsi dan lokal. 
  • Pemahaman yang mendalam tentang kompleksitas pengukuran kinerja dan kerangka manajemen Pemda serta kerangka kebijakan standar pelayanan. 
  • Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang berbeda dan mempunyai keterampilan interpersonal dan kerja sama tim yang baik, mampu bekerja secara langsung dan mandiri maupun dalam tim di lingkungan kerja yang sulit. 
  • Pengetahuan dasar tentang proses dan sistem manajemen seperti manajemen dan pengembangan sumber daya manusia (termasuk evaluasi kinerja) dan manajemen keuangan. 
  • Pengalaman bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Pusat, Perguruan Tinggi dan Organisasi Masyarakat Sipil.
  • Mampu mengembangkan hubungan yang efektif dengan semua klien, mitra dan pemangku kepentingan.
Aset
  • Dapat berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dengan baik.

LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!