loading...

(Pengumuman Ulang) Disaster Management Legal Drafting Specialist Pada BNPB

(Pengumuman Ulang Lowongan Kerja) Disaster Management Legal Drafting Specialist (untuk ditempatkan di Badan Nasional Penanggulangan Bencana)

1. Latar Belakang

AIFDR
Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) mewakili komitmen bilateral terbesar Australia untuk mengurangi dampak bencana dan merupakan komponen kunci dalam program pembangunan Australia di Indonesia. AIFDR bekerjasama erat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan fokus dalam meningkatkan kapasitas Indonesia untuk mengidentifikasi, memitigasi dan menanggapi risiko bencana alam. Salah satu komitmen yang masih berjalan hingga saat ini adalah program Capacity Development Support Programme (CDSP).

BNPB
Badan Nasional Penanggulangan Bencana dibentuk melalui Keputusan Presiden tahun 2008 dan menjadi badan nasional utama yang bertanggung jawab dalam koordinasi dan melaksanakan upaya-upaya prabencana, tanggap darurat dan pascabencana sesuai dengan UU No. 24 tahun 2007 mengenai Penanggulangan Bencana.

2. Tujuan

Membantu memperkuat kapasitas Biro Hukum & Kerjasama BNPB dalam melakukan telaah hukum/peraturan perundangan tentang penanggulangan bencana lintas kementrian/lembaga, harmonisasi/sinkronisasi PUU/Perka BNPB, serta dukungan terhadap tata kelola lembaga BNPB dalam rangka penanggulangan bencana di Indonesia.

3. Tugas dan Tanggung Jawab
  • Melakukan kajian terhadap Perka serta peraturan PUU lintas K/L terkait dengan Penanggulangan Bencana, termasuk PP, Perpres, Perka BNPB, Permen terkait penanggulangan bencana.
  • Mengidentifikasi ketidaksesuaikan dalam peraturan & perundangan tersebut serta mengkaji dan mengusulkan upaya-upaya perbaikan.
  • Mengidentifikasi kendala-kendala dalam penyusunan dan sinkronisasi Perka BNPB serta menyusun rencana perbaikan.
  • Membantu penataan penyusunan Perka BNPB dalam berbagai tingkatan: mulai dari Perka (Pedoman), Juklak, Juknis serta SOP yang sesuai dengan prinsip prosedur, norma, standard, sejalan dengan mandat BNPB.
4. Pelaporan

Konsultan akan melapor kepada Kepala Biro Hukum dan Kerjasama di BNPB dan manajer kegiatan di AIFDR.

5. Lingkup Kerja

Durasi tugas: Dua bulan, mulai 1 Mei 2013 sampai dengan 30 Juni 2013, dengan kemungkinan diperpanjang satu tahun atau lebih.

6. Kriteria

Kualifikasi utama
  • Sarjana dalam bidang Ilmu Hukum.
  • Pengalaman kerja keseluruhan 10 tahun di bidang kebijakan publik pada umumnya, dan penyusunan dalam penyusunan kebijakan, peraturan, perundangan.
  • Memiliki keterampilan analisis, analisis wacana, kompilasi data, penyusunan laporan dan presentasi, seperti dibuktikan dengan hasil analisa tertulis.
  • Menunjukkan pemahaman memadai akan konteks Pengurangan Risiko Bencana baik di Indonesia maupun global.
Kualifikasi umum
  • Memiliki keterampilan berkomunikasi dan fasih berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
  • Mampu mengoperasikan piranti lunak Microsoft Office dan Internet.
  • Perhatian terhadap hal-hal yang rinci.
Kualifikasi tambahan
  • Berpengalaman melakukan pembimbingan (capacity building) secara mentoring atau melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan/pelatihan selama lebih dari 5 tahun.
  • Memiliki pengalaman bekerja sama dengan lembaga Pemerintah, lembaga donor, dan/atau pejabat dari lembaga pemerintah dan lembaga donor.
7. Remunerasi

Sesuai dengan skala remunerasi yang berlaku di AIFDR, dengan negosiasi.

8. Prosedur Aplikasi

Terms of Reference dan Formulir Data Pribadi dapat diunduh pada website: www.tripilar.com/Karir.html.

Kirimkan Surat Lamaran, Curriculum Vitae dan Formulir Data Pribadi yang sudah diisi lengkap ke alamat email recruitment@tripilar.com.

Gunakan sebagai subyek email: Aplikasi – Disaster Management Legal Drafting Specialist  – <Nama>

9. Tanggal Penutupan

Tanggal 28 April 2013 (tengah malam). Penting!! Aplikasi yang terlambat dan/atau tidak lengkap, tidak akan diproses lebih lanjut. Perempuan didorong untuk melamar pada posisi ini.


LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!