[JAKARTA] Desainer Grafis di Perkumpulan HUTAN ITU INDONESIA
Latar Belakang
Hutan itu Indonesia (HII) merupakan gerakan terbuka yang terdiri dari orang-orang dan organisasi-organisasi yang ingin melestarikan hutan Indonesia melalui kampanye yang menggunakan pesan-pesan positif dan yang menginspirasi tindakan nyata. Gerakan HII diinisiasi sejak 22 April 2016 di Jakarta. Sebagai gerakan terbuka, HII menyambut semua pihak yang ingin bergabung, baik melalui kolaborasi untuk membuat kegiatan bersama atau inisiatif lain yang sejalan. Kekuatan HII terletak di kolaborasi yang dilakukan dengan hati yang tulus dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program yang menyenangkan dan dengan tindakan nyata. Hal ini merupakan kunci penting untuk meningkatkan kesadaran bahwa hutan berperan dalam kehidupan seluruh masyarakat Indonesia dan membangun rasa memiliki terhadap hutan Indonesia.
Gerakan HII menargetkan untuk menyentuh kesadaran khususnya perkotaan usia muda 15-44 tahun, pada hal: (i) Nilai hutan Indonesia; dan (ii) Berbagai cara praktis untuk memberikan kontribusi terhadap upaya perlindungan hutan Indonesia.
Untuk mencapai target tersebut dan terus memperkuat kesadaran, gerakan HII merencanakan beberapa program strategis di tahun ini yang melibatkan komunitas dan masyarakat di beberapa kota besar di Indonesia.
Kemudian secara operasional HII juga membutuhkan tim yang tepat dan tangguh, sekretariat gerakan HII atau biasa kami sebut dengan ‘tim harian’, membutuhkan salah satunya seorang Desainer Grafis. Di bawah bimbingan dan pengawasan Koordinator Media, Desainer Grafis akan bertugas untuk membuat produk desain komunikasi visual atau grafis di berbagai media, seperti poster, foto, video, dan multimedia lainnya, dalam berbagai bentuk (platform) seperti media cetak, media sosial dan juga website.
Lingkup kerja
email: hutan.itu.indonesia@gmail.com.
Subyek email: [Desainer Grafis] Nama Anda
Jika lanjut ke proses selanjutnya, akan dihubungi untuk mengikuti proses wawancara, tes tertulis dan presentasi.
Latar Belakang
Hutan itu Indonesia (HII) merupakan gerakan terbuka yang terdiri dari orang-orang dan organisasi-organisasi yang ingin melestarikan hutan Indonesia melalui kampanye yang menggunakan pesan-pesan positif dan yang menginspirasi tindakan nyata. Gerakan HII diinisiasi sejak 22 April 2016 di Jakarta. Sebagai gerakan terbuka, HII menyambut semua pihak yang ingin bergabung, baik melalui kolaborasi untuk membuat kegiatan bersama atau inisiatif lain yang sejalan. Kekuatan HII terletak di kolaborasi yang dilakukan dengan hati yang tulus dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program yang menyenangkan dan dengan tindakan nyata. Hal ini merupakan kunci penting untuk meningkatkan kesadaran bahwa hutan berperan dalam kehidupan seluruh masyarakat Indonesia dan membangun rasa memiliki terhadap hutan Indonesia.
Gerakan HII menargetkan untuk menyentuh kesadaran khususnya perkotaan usia muda 15-44 tahun, pada hal: (i) Nilai hutan Indonesia; dan (ii) Berbagai cara praktis untuk memberikan kontribusi terhadap upaya perlindungan hutan Indonesia.
Untuk mencapai target tersebut dan terus memperkuat kesadaran, gerakan HII merencanakan beberapa program strategis di tahun ini yang melibatkan komunitas dan masyarakat di beberapa kota besar di Indonesia.
Kemudian secara operasional HII juga membutuhkan tim yang tepat dan tangguh, sekretariat gerakan HII atau biasa kami sebut dengan ‘tim harian’, membutuhkan salah satunya seorang Desainer Grafis. Di bawah bimbingan dan pengawasan Koordinator Media, Desainer Grafis akan bertugas untuk membuat produk desain komunikasi visual atau grafis di berbagai media, seperti poster, foto, video, dan multimedia lainnya, dalam berbagai bentuk (platform) seperti media cetak, media sosial dan juga website.
Lingkup kerja
- Membuat rencana dan strategi pengelolaan desain komunikasi visual di berbagai media setiap bulan.
- Membangun produk media yang mudah untuk dipublikasikan dan diaplikasikan oleh publik khususnya sukarelawan dan mitra organisasi.
- Membuat dan/atau mengedit konten yang sesuai dengan program maupun aktivitas organisasi, baik berupa tulisan, foto, video, atau bentuk lainnya, dengan terjadwal sesuai target dan rencana pengelolaan desain komunikasi visual yang telah disetujui.
- Meneliti (riset) perkembangan desain di berbagai media khususnya yang sesuai target kerja dan kampanye organisasi.
- Membuat laporan pengelolaan kerja setiap bulan dengan menggunakan alat analisis statistik dan memberikan rekomendasi untuk peningkatannya.
- Mengelola tim termasuk terdiri dari sukarelawan organisasi, sekaligus mengkoordinir demi tercapainya tujuan dan target dalam pengelolaan desain terkait.
- Minimal lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dan sederajat.
- Memiliki gelar di bidang terkait, seperti DKV, seni dan sejenisnya.
- Memiliki pengalaman bekerja sebagai desainer grafis minimal 1 (satu) tahun.
- Memiliki kemampuan menulis serta membuat produk desain, dibuktikan dengan bukti pekerjaan sebelumnya atau portofolio.
- Mampu bekerja dalam target dan tenggat waktu, serta dalam akhir pekan.
- Fleksibel dalam bekerja di dalam tim maupun secara individu.
- Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan memadai untuk menulis produk komunikasi dan mencerna informasi.
- Kemampuan memproduksi produk grafis, ataupun video yang baik dan efektif merupakan nilai tambah.
- Memiliki kemampuan menggunakan piranti lunak desain dan perkantoran seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Microsoft Office (MS word, Excel, PPT) dan sejenisnya, termasuk dalam hal pembuatan laporan dan presentasi.
- Memiliki integritas, jujur dan menjunjung tinggi etika berorganisasi.
- Memiliki pemahaman atas alur kerja organisasi nirlaba.
- Mampu mengambil keputusan dan inisiatif sendiri.
- Dapat berperan sebagai pemain tim dan memfasilitasi pekerjaan kelompok.
- Mendorong terciptanya komunikasi terbuka di dalam tim dan berkomunikasi efektif.
- Mampu menciptakan sinergi melalui kemampuan menahan diri dan empati.
- Mampu mengatasi konflik.
- Percaya pada semangat belajar dan membagi ilmu serta mendorong praktek belajar dari satu sama lain.
- Menjunjung tinggi transparansi dan pembuatan keputusan dengan informasi yang lengkap.
- Menuliskan surat lamaran di e-mail beserta dengan dokumen CV.
- Mencantumkan minimal 2 (dua) nama yang dapat memberikan rekomendasi atau pimpinan tempat kerja terakhir, sekaligus informasi kontaknya (email dan nomor telepon).
- Mencantumkan scan fotokopi Ijazah Pendidikan terakhir, Sertifikat-Sertifikat terkait dan Kartu Identitas Penduduk (KTP).
email: hutan.itu.indonesia@gmail.com.
Subyek email: [Desainer Grafis] Nama Anda
Jika lanjut ke proses selanjutnya, akan dihubungi untuk mengikuti proses wawancara, tes tertulis dan presentasi.