[JAKARTA] Lowongan Kerja Staf Operasional di Perkumpulan HUTAN ITU INDONESIA
Latar Belakang
Hutan itu Indonesia (HII) merupakan gerakan terbuka yang terdiri dari orang-orang dan organisasi-organisasi yang ingin melestarikan hutan Indonesia melalui kampanye yang menggunakan pesan-pesan positif dan yang menginspirasi tindakan nyata. Gerakan HII diinisiasi sejak 22 April 2016 di Jakarta. Sebagai gerakan terbuka, HII menyambut semua pihak yang ingin bergabung, baik melalui kolaborasi untuk membuat kegiatan bersama atau inisiatif lain yang sejalan. Kekuatan HII terletak di kolaborasi yang dilakukan dengan hati yang tulus dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program yang menyenangkan dan dengan tindakan nyata. Hal ini merupakan kunci penting untuk meningkatkan kesadaran bahwa hutan berperan dalam kehidupan seluruh masyarakat Indonesia dan membangun rasa memiliki terhadap hutan Indonesia.
Gerakan HII menargetkan untuk menyentuh kesadaran khususnya perkotaan usia muda 15-44 tahun, pada hal: (i) Nilai hutan Indonesia; dan (ii) Berbagai cara praktis untuk memberikan kontribusi terhadap upaya perlindungan hutan Indonesia.
Untuk mencapai target tersebut dan terus memperkuat kesadaran, gerakan HII merencanakan beberapa program strategis di tahun ini yang melibatkan komunitas dan masyarakat di beberapa kota besar di Indonesia.
Kemudian secara operasional HII juga membutuhkan tim yang tepat dan tangguh, sekretariat gerakan HII atau biasa kami sebut dengan ‘tim harian’, membutuhkan salah satunya seorang Staf Operasional. Di bawah bimbingan dan pengawasan Koordinator Program, Staf Operasional akan bertugas untuk fungsi administrasi perkantoran termasuk pengelolaan keuangan kas kecil, logistik, pengarsipan, operasional dan juga survey lapangan untuk mendukung program kegiatan yang dijalankan.
Lingkup kerja
Jika lanjut ke proses selanjutnya, akan dihubungi untuk mengikuti proses wawancara,
tes tertulis dan presentasi.
Latar Belakang
Hutan itu Indonesia (HII) merupakan gerakan terbuka yang terdiri dari orang-orang dan organisasi-organisasi yang ingin melestarikan hutan Indonesia melalui kampanye yang menggunakan pesan-pesan positif dan yang menginspirasi tindakan nyata. Gerakan HII diinisiasi sejak 22 April 2016 di Jakarta. Sebagai gerakan terbuka, HII menyambut semua pihak yang ingin bergabung, baik melalui kolaborasi untuk membuat kegiatan bersama atau inisiatif lain yang sejalan. Kekuatan HII terletak di kolaborasi yang dilakukan dengan hati yang tulus dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program yang menyenangkan dan dengan tindakan nyata. Hal ini merupakan kunci penting untuk meningkatkan kesadaran bahwa hutan berperan dalam kehidupan seluruh masyarakat Indonesia dan membangun rasa memiliki terhadap hutan Indonesia.
Gerakan HII menargetkan untuk menyentuh kesadaran khususnya perkotaan usia muda 15-44 tahun, pada hal: (i) Nilai hutan Indonesia; dan (ii) Berbagai cara praktis untuk memberikan kontribusi terhadap upaya perlindungan hutan Indonesia.
Untuk mencapai target tersebut dan terus memperkuat kesadaran, gerakan HII merencanakan beberapa program strategis di tahun ini yang melibatkan komunitas dan masyarakat di beberapa kota besar di Indonesia.
Kemudian secara operasional HII juga membutuhkan tim yang tepat dan tangguh, sekretariat gerakan HII atau biasa kami sebut dengan ‘tim harian’, membutuhkan salah satunya seorang Staf Operasional. Di bawah bimbingan dan pengawasan Koordinator Program, Staf Operasional akan bertugas untuk fungsi administrasi perkantoran termasuk pengelolaan keuangan kas kecil, logistik, pengarsipan, operasional dan juga survey lapangan untuk mendukung program kegiatan yang dijalankan.
Lingkup kerja
- Mengelola personalia kantor seperti pemenuhan administrasi pengajuan cuti, pengaturan jam kerja, pengaturan waktu lembur dan lainnya.
- Mengatur inventarisasi aset kantor dan pendataan alur keluar masuknya, termasuk pengadaan stok, perpindahan/ peminjaman aset, maupun penyimpanan aset.
- Mengatur administrasi kearsipan dokumen-dokumen kantor seperti pengurusan surat keluar/masuk, pengarsipan dokumen legal, pengarsipan dokumen pengadaan barang/jasa dan dokumen keuangan serta produk-produk komunikasi/ kampanye organisasi.
- Membantu persiapan logistik dan administrasi kegiatan seperti pemesanan tiket, tempat acara, akomodasi, rental mobil, proses bidding vendor, pembuatan kontrak, dan kebutuhan logistik lainnya.
- Melakukan korespondensi maupun persuratan dengan mitra kegiatan maupun mitra organisasi.
- Melakukan pembukuan dan pelaporan uang kas kecil secara bulanan sesuai SOP keuangan.
- Melakukan pembayaran tagihan operasional bulanan kantor seperti tagihan listrik, tagihan sewa kantor atau penggantian biaya telekomunikasi dan biaya transportasi personel Tim Harian sesuai dengan yang diatur dalam SOP Administrasi.
- Mendukung penyusunan laporan pengelolaan anggaran kegiatan yang dilakukan oleh Staf Keuangan.
- Bergelar pendidikan D-3 atau S-1 di segala jurusan, namun jurusan Administrasi Perkantoran merupakan nilai tambah.
- Pengalaman minimum 3 (tiga) tahun pengalaman bekerja di bidang administrasi perkantoran dan memiliki keahlian dalam hal pengelolaan dokumen, korespondensi dan mengatur operasional kantor.
- Memiliki minimal kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, kemampuan berbahasa Inggris pasif maupun aktif merupakan nilai tambah.
- Memiliki kemampuan menggunakan piranti lunak perkantoran seperti Microsoft Office (MS word, Excel, PPT), dalam hal pembuatan laporan dan presentasi.
- Menyukai dan bertindak rapih.
- Memiliki integritas, jujur dan menjunjung tinggi etika berorganisasi.
- Memiliki pemahaman atas alur kerja organisasi nirlaba.
- Mendorong terciptanya komunikasi terbuka di dalam tim dan berkomunikasi efektif.
- Mampu menciptakan sinergi melalui kemampuan menahan diri dan empati.
- Mampu mengatasi konflik.
- Percaya pada semangat belajar dan membagi ilmu serta mendorong praktek belajar dari satu sama lain.
- Menjunjung tinggi transparansi dan pembuatan keputusan dengan informasi yang lengkap.
- Menuliskan surat lamaran (cover letter) beserta dengan CV pelamar.
- Mencantumkan minimal 2 (dua) nama yang dapat memberikan rekomendasi atau pimpinan tempat kerja terakhir, sekaligus informasi kontaknya (email dan nomor telepon).
- Mencantumkan scan fotokopi Ijazah Pendidikan terakhir, Sertifikat-Sertifikat terkait dan Kartu Identitas Penduduk (KTP).
Jika lanjut ke proses selanjutnya, akan dihubungi untuk mengikuti proses wawancara,
tes tertulis dan presentasi.