loading...

Yayasan Inovasi Ketahanan Komunitas Membuka 6 Posisi Lowongan Pekerjaan Untuk Penempatan di Palu, Sulawesi Tengah

LOWONGAN PEKERJAAN – INANTA  (Vacancy INANTA)

Inovasi Ketahanan Komunitas (INANTA) adalah  Organisasi nirlaba berbadan hukum nasional, bekerja untuk mengembangkan ketangguhan dan upaya perubahan yang berkesinambungan pada kehidupan masyarakat khususnya bagi  yang rentan. INANTA mengembangkan kegiatan program kepada masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan maupun jenis kelamin.


Sejak beberapa tahun terakhir, INANTA telah bekerja bersama Masyarakat dan Pemerintah Daerah, mengembangkan program  pemberdayaan masyarakat (Community Development), dan Manajemen risiko bencana (Disaster Risk Management) di Sulawesi Selatan, dan juga Sumatera Barat  Sejumlah kelompok dan anggota masyarakat serta pemerintah daerah telah berkerjasama dan menerima manfaat program.

Sejak terjadinya bencana kemanusiaan gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, INANTA  dengan dukungan donor Internasional, telah  mendukung tanggap darurat, dan saat ini telah  memasuki fase pemulihan (recovery) pasca bencana, dan INANTA akan melanjutkan program pemulihan pada sektor air bersih, sanitasi, hunian sementara (huntara), perbaikan mata pencaharian serta peningkatan kesiapsiagaan melalui desa tangguh bencana.

Untuk dukungan terhadap program pemulihan ini, INANTA menjadwalkan  implementasi kegiatan selama kurang lebih  1 tahun, dan Untuk maksud hal tersebut  INANTA merencanakan kesempatan untuk bergabung di INANTA base Palu dan Pantai Barat beberapa posisi seperti yang dijelaskan dibawah ini:

1. PROJECT MANAGER

Job Position : Project Manager INANTA (PM)
Lokasi: Palu Sulawesi Tengah 
Jangka waktu: 12 bulan

Posisi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi  program serta operasional  berikut ini:
  • Menyusun, merencanakan dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan operasi pemulihan pasca Gempa-Tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah, sesuai dengan rencana kerja serta kerangka kerja logis proyek.
  • Bertanggung jawab atas penyelesaian proyek tepat pada waktunya sesuai dengan rencana program dan dukungan penganggaran yang sudah ditetapkan.
  • Bertanggung jawab terhadap  program fisik dan non fisik di tingkat lapangan  maupun pengendalian operasional kantor untuk proyek yang dipimpinnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
  • Melakukan koordinasi internal dan eksternal lembaga untuk kelancaran operasi dan kegiatan proyek
  • Memberikan arahan dan dukungan kepada tim proyek dan secara terus-menerus memantau dan melaporkan kemajuan proyek kepada manajemen lembaga
  • Membuat laporan proyek yang memuat kemajuan proyek, masalah dan alternatif solusi kepada manajemen lembaga serta donor.
  • Melakukan pemantauan, evaluasi dan penilaian hasil pelaksanaan operasi pemulihan darurat pasca bencana di  Sulawesi Tengah.
  • Bertanggungjawab dan melaporkan pelaksanaan operasi pemulihan darurat pasca bencana di  Sulawesi Tengah kepada Direktur Eksekutif INANTA dan atau  pihak donor
  • Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh Direktur Eksekutif dan atau pihak donor.
Kualifikasi yang diharapkan:
  • Warga Negara indonesia yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Minimum pendidikan S1, diutamakan S2 di semua bidang ilmu.
  • Mempunyai pengalaman kerja minimum 5 tahun  dengan lembaga pemerintah/organisasi non- pemerintah (LSM)/organisasi internasional/akademisi/sektor swasta 
  • Memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli pada masyarakat serta memahami aturan/kebijakan pemerintahan khususnya di daerah
  • Cekatan, jujur, dan teliti serta berjiwa kepemimpinan yang tinggi serta mampu bekerja dalam dan dengan tim
  • Kemampuan teknis melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam perencaaan program pelaksanaan kegiatan proyek dan anggaran, monitoring-evaluasi serta pelaporan.
  • Kemampuan mengelola dan memonitor kegiatan project air bersih dan sanitasi serta pengurangan risiko bencana.
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan interaksi dengan pemerintah, badan usaha, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, LSM dan para pihak lainnya.
  • Mampu berbahasa Inggris (dasar) dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada segala kalangan (sesama rekan kerja, instansi terkait dan para pihak lainnya) 
  • Terampil dalam menggunakan MS Office dan aplikasi pendukung lainnya (GIS,SPSS).
2. KEUANGAN DAN ADMINISTRASI

Job Position :  Staff Admin & Keuangan (Adm)
Lokasi: Palu Sulawesi Tengah
Jangka waktu: 12  bulan

Posisi ini bertujuan untuk mampu melakukan dan menata-laksanakan hal-hal berikut ini:
  • Mengkordinir dan memonitor tata usaha (pengarsipan, surat menyurat, distribusi surat)
  • Mengkaji (review) dan memutuskan bersama Manajemen terkait pengadaan barang dan atau jasa terkait bantuan kemanusiaan Sulawesi Tengah.
  • Mengelola kantor, termasuk didalamnya bertanggungjawab terhadap asset dan peralatan kantor termasuk pembayaran rutin yang dibutuhkan untuk operasional kantor Palu dan Donggala.
  • Menggunakan semua sarana dan prasarana yang ada di dan bagi demi efektivitas dan efisiensi kerja serta pelayanan
  • Melakukan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi umum, yaitu pengarsipan, surat-menyurat, pencatatan dan dokumentasi data keuangan/administrasi.
  • Berkoordinasi dengan bagian program dalam mengelola administrasi keuangan kegiatan pelatihan/seminar/diskusi/meeting yang diadakan INANTA dengan mitra kerja pemerintah, masyarakat dan institusi lainnya.
  • Mengatur dan melakukan pengecekan lapangan terhadap kebutuhan lapangan (program) yang meliputi  lokasi, tempat pertemuan dan akomodasi serta administrasi program.
  • Melaporkan pembukuan keuangan dan laporan kas bank sesuai dengan database setiap akhir bulan kepada pihak donor
  • Bertanggungjawab dalam tugas pokok dan fungsi keuangan kepada Coordinator Keuangan  /Finance Manager sebagai Penyelia/Supervisor serta bertanggungjawab secara harian kepada Project Manager serta berhubungan secara koordinatif dengan bagian program dan logisitik.
  • Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh penyelia atau pihak donor.
Kualifikasi yang diharapkan:
  • Minimum pendidikan S1 / D3 di bidang Akuntansi/Manajemen Keuangan dan atau jenjang pendidikan di bidang terkait.
  • Mempunyai pengalaman kerja minimum 3 tahun di bidang Keuangan/Akuntansi dan atau pengalaman terkait operasional serta teknis pembukuan.
  • Pengalaman bekerja dengan lembaga pemerintah/organisasi non-pemerintah (LSM)/organisasi internasional/akademisi/sektor swasta dalam pengembangan keuangan dan akuntansi manajemen proyek.
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan interaksi dengan pemerintah, badan usaha, masyarakat  dan stakeholder lainnya.
  • Mampu menggunakan program komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
  • Bersedia bertugas di lokasi proyek/lapangan dalam waktu tertentu bersama tim Inanta lainnya..
  • Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk  tahapan rekrutment
3. PROJECT OFFICER (PO)

Position : Project Officer (1 orang PO)
Lokasi: Palu Sulawesi Tengah 
Jangka waktu: 12 bulan

Posisi ini bertujuan untuk mampu melakukan dan menata-laksanakan hal-hal berikut ini:
  • Memfasilitasi kegiatan program  Pemulihan Sulawesi Tengah di tingkat lapangan bersama dengan Technical Officer serta Field Officer.
  • Mempersiapkan dan mengorganisasikan para penerima manfaat melalui sosialisasi, kordinasi dan implementasi program kepada komunitas target dan pemangku kepentingan  serta menjalankan program sesuai dengan kerangka kerja (logical framework) dan rencana kerja.
  • Menyusun dan merancang serta mengimplementasikan proyek bantuan pemulihan kemanusiaan  bersama dengan pemangku kepentingan serta komunitas
  • Membimbing dan membina kelompok sasaran/target penerima secara teratur dan terjadwal dengan mengkondisikan waktu, kesempatan dan waktu secara sistematis dan terencana.
  • Bekerjasama dengan  Technical Officer,  Logistik Officer serta Field Officer dalam perancangan teknis, pengadaan sarana/prasana dukungan pemulihan, pendataan administratif program  serta tahapan pelaksanaan kegiatan di tingkat masyarakat sesuai tugas pokok dan dan fungsi.
  • Melakukan kegiatan pendampingan pemulihan programprogram pengurangan risiko bencana utamanya perencanaan dan implementasi  ketangguhan masyarakat terhadap risiko bencana
  • Mendukung Konsultan Teknis DRR dalam implementasi  manajemen pengurangan risiko bencana pada tingkat lapangan
  • Bertanggungjawab dalam perencanaan dan implementasi desa tangguh pada 5 desa program.
  • Melaporkan kemajuan proyek dan tantangan dilapangan kepada Project Manager serta menawarkan solusi alternatif pemecahannya
  • Membuat laporan kegiatan Program termasuk administrasi proyek di tingkat lapangan dan perkembangan kelompok sasaran secara berkala kepada Project Manager
  • Melakukan monitoring dan implementasi secara berkala untuk kegiatan proyek
  • Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh penyelia atau Project Manager
Kualifikasi yang diharapkan:
  • Pria/Wanita, berusia maximal 35 tahun, Minimum pendidikan S1 / D3 pada semua disiplin ilmu.
  • Pengalaman di lapangan minimal 2 tahun dalam pengorganisasian masyarakat, utamanya  dalam program penanggulangan bencana dan/atau pemberdayaan masyarakat.
  • Mempunyai kapasitas dan kompetensi dalam memfasilitasi komunitas dan pemangku kepentingan di wilayah layanan proyek.
  • Mampu berkomunikasi baik  dengan seluruh pihak terkait program bantuan kemanusiaan.
  • Mampu menggunakan program komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
  • Dapat mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM C
  • Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk  tahapan rekrutment 
4. TECHNICAL OFFICER (TO)

Position : Technical Officer (2 orang)
Lokasi: Palu Sulawesi Tengah (1-TO dan Pantai Barat-Donggala (1-TO)
Jangka waktu: 8  bulan

Posisi ini bertujuan untuk mampu melakukan dan menata-laksanakan hal-hal berikut ini:
  • Memfasilitasi  program  Pemulihan Sulawesi Tengah di tingkat lapangan bersama dengan Project Officer dan Field Officer.
  • Mempersiapkan dan mengorganisasikan para penerima manfaat melalui sosialisasi, kordinasi dan implementasi program kepada komunitas target dan pemangku kepentingan  bersama dengan Project Officer dan Field Officer.
  • Merancang dan melakukan survey kelayakan teknis program pada lokasi project bersama pemangku kepentingan local, perwakilan komunitas, Project Officer serta  Field Officer.
  • Mendesign spesifikasi teknis bantuan dukungan pemulihan kemanusiaan  selanjutnya mensosialisasikan  bersama dengan pemangku kepentingan dan komunitas.
  • Bekerjasama dengan Project Office, Logistik Officer serta Field Officer dalam perancangan teknis, pengadaan sarana/prasana dukungan pemulihan, pendataan admonistratif program  serta tahapn pelaksanaan masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi.
  • Melakukan in-house training kepada tenaga tukang local terkait sarana-prasarana  bantuan pemulihan.
  • Membimbing dan mendukung kelompok sasaran/target penerima secara teratur dan terjadwal terkait pendampingan teknis sarana / prasarana dengan mengkondisikan waktu, kesempatan dan waktu secara sistematis serta terencana.
  • Melakukan monitoring dan pendampingan teknis secara pada lokasi program INANTA.
  • Melaporkan kemajuan proyek bidang teknis  dan tantangan dilapangan kepada Project Manager serta menawarkan solusi alternatif pemecahannya
  • Membuat laporan Technical Program termasuk administrasi proyek di tingkat lapangan serta perkembangan kelompok sasaran secara berkala kepada Project Manager
  • Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh Penyelia atau Project manager.
Kualifikasi yang diharapkan:
  • Pria/Wanita, berusia maximal 35 tahun, Minimum pendidikan S1 / D3 pada semua disiplin ilmu
  • Pengalaman di lapangan minimal 2 tahun dalam pengorganisasian masyarakat, utamanya  dalam program penanggulangan bencana dan/atau pemberdayaan masyarakat.
  • Mempunyai kapasitas dan komptensi dalam memfasilitasi komunitas dan pemangku kepentingan di wilayah layanan proyek.
  • Mampu berkomunikasi baik  dengan seluruh pihak terkait program bantuan kemanusiaan
  • Mampu menggunakan program komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll) serta program aplikasi lainnya seperti  GIS,GPS,CORAL DRAW.
  • Dapat mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM A/C
  • Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk  tahapan rekrutment
5. LOGISTIK OFFICER (LO)

Position : Logistik Staff  (1 orang LO)
Lokasi: Palu Sulawesi Tengah 
Jangka waktu: 12 bulan

Posisi ini bertujuan untuk mampu melakukan dan menata-laksanakan hal-hal berikut ini:
  • Melakukan pengumpulan data, penawaran harga dan pengadaan barang pada sejumlah perusahaan penyediaan barang dan jasa.
  • Mengecek dokumen barang, masa berlaku/kadaluarsa, kuantitas dan pemeriksaan fisik barang yang diterima untuk memastikan tersedianya informasi akurat antara fisik dan dokumen.
  • Menyiapkan lokasi penyimpanan barang untuk memastikan tersedianya ruang/space dan/atau tempat yang dapat digunakan sesuai dengan bentuk dan ketersediaan barang.
  • Merencanakan proses penerimaan barang dan mencatat ke dalam sistem pelaporan logistic serta selanjutnya merencanakan dan mengawal mekanisme distribusi ke lokasi proyek/lapangan.
  • Melakukan pengiriman dan pendistribusian barang sekaligus mengawasi mekanisme distribusi distribusi sesuai dengan waktu dan prosedur yang ditetapkan di lokasi proyek/lapangan.
  • Melakukan koordinasi kegiatan logisitik dengan pihak internal yakni bagian Project Officer,Technical officer, Field Officer serta administrasi-keungan.
  • Melakukan kordinasi  dan komunikasi efektif  dengan pihak eksternal yakni  pihak supplier, ekspedisi,  stakeholder local dan perwakilan penerima manfaat  terkait kegiatan penyediaan dan pendistribusian logistik.
  • Melakukan pengawasan terhadap pendistribusian barang dan atau jasa di lapangan untuk memastikan barang dan atau jasa memiliki data dan sesuai dengan penerima barang di tingkat  lapangan.
  • Melakukan penyusunan laporan logisitk secara regular kepada Project Manager dan atau pihak donor.
Kualifikasi yang diharapkan:
  • Pria/Wanita,  minimum pendidikan S1/Diploma pada semua disiplin ilmu
  • Pengalaman di bidang administrasi pergudangan dan atau pendistribusian barang dan jasa
  • Mempunyai kapasitas dan kompetensi dalam mengaplikasikan kegiatan Logistik yakni Loading (Pemuatan), Transport (Tranportasi), Pengiriman (Shipping), Handling (Bongkar-Muat) dan Distribusi barang.
  • Mampu berkomunikasiefektif serta berkoordinasi  baik  dengan seluruh pihak terkait logisitik dan pengadaan barang/jasa  bantuan pemulihan kemanusiaan.
  • Mampu menggunakan Komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll).
  • Dapat mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM A/C
  • Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk  tahapan rekrutment.
6. PETUGAS LAPANGAN (Field Officer)

Position : Staff Lapangan (Field Officer).
Lokasi: Palu Sulawesi Tengah (1 orang FO) dan Pantai Barat-Donggala (2 orang FO).
Jangka waktu: 6 bulan

Posisi ini bertujuan untuk mampu melakukan dan menata-laksanakan hal-hal berikut ini:
  • Memfasilitasi kegiatan program operasi tanggap daruratdan pemulihan di Sulawesi Tengah di tingkat lapangan(field).
  • Mendukung Staf Program (Project Officer) dalam mengorganisir program bantuan kemanusiaan di tingkat lapangan.
  • Mempersiapkan dan mengorganisir penerima manfaat  bersama pemangku kepentingan (stakeholders) dan penerima manfaat (beneficiaries)
  • Melakukan kegiatan pendampingan program darurat dan pemulihan dibawah koordinasi Staf Program (Project Officer) atau Konsultan Teknis.
  • Membuat dokumen monitoring form dan evaluasi terhadap kegiatan dan capaian yang telah dilakukan.
  • Melakukan tugas-tugas lain yang diminta oleh Project Officer dan atau Project Manager.
Kualifikasi yang diharapkan:
  • Pria/Wanita,  minimum pendidikan S1/Diploma pada semua disiplin ilmu .
  • Pengalaman di bidang pemberdayaan masyarakat dan/atau tanggap darurat, baik kegiatan fisik maupun non fisik.
  • Mempunyai kapasitas dan komptensi dalam memfasilitasi komunitas dan pemangku kepentingan local.
  • Mampu berkomunikasi baik  dengan seluruh pihak terkait program bantuan kemanusiaan
  • Bersedia bertugas di lokasi proyek/lapangan dalam waktu tertentu bersama tim Inanta lainnya
  • Mampu menggunakan Komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
  • Bersedia untuk bertugas kurang lebih 70% di lapangan.
  • Dapat mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM C.
  • Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk  tahapan rekrutment.
Surat lamaran beserta CV dikirim paling lambat 29 Juni 2019,  dengan alamat:
emailyayasaninanta@gmail.com
Subject /Judul:  nama pilihan posisi_nama kandidat

Contoh pengiriman:
Kepada: yayasaninanta@gmail.com
Subject/Judul: PM_JASMAN