loading...

Yayasan Danamon Peduli Membuka Lowongan Communication and Knowledge Management Manager Penempatan di Jakarta

Tentang Yayasan Danamon Peduli:
Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) merupakan wujud nyata dari komitmen Bank Danamon, Adira Finance dan Adira Insurance dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan secara terfokus dan tepat sasaran. Dengan visi “Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan,” Danamon Peduli menerjemahkannya dalam pilar dan program investasi sosial yang berkelanjutan.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sosial perusahaan, Danamon Peduli turut membangun kemitraan, baik bersama pemerintah, swasta maupun masyarakat umum, termasuk dengan internal karyawan. Semua ini untuk memastikan bahwa keberadaan kami senantiasa memberikan manfaat dan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia dan membantu tercapainya tujuan pembangunan global yang berkelanjutan (sustainable development goals).

Saat ini Yayasan Danamon Peduli membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Communication and Knowledge Management Manager. Adapun kualifikasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Tanggung jawab
  • Mendukung direktur eksekutif dan staf program dalam komunikasi  yang berhubungan dengan  instrumen dan hal-hal terkait  hubungan masyarakat.
  • Membantu Yayasan dalam merancang pendekatan komprehensif dalam  komunikasi dan hubungan masyarakat sejalan dengan strategi komunikasi PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
  • Membantu tim menyediakan pengembangan kapasitas staf dalam hal komunikasi dan hubungan masyarakat, jika diperlukan (misal: materi untuk halaman web, laporan, dll.)
  • Mengelola komunikasi terkait  instrumen dari publikasi program kepada publik.
  • Mengembangkan dan memastikan ketersediaan bahan publikasi yang dibutuhkan untuk mempromosikan program.
  • Mendukung proyek dan mitra kerja pada elemen kunci dari pengelolaan dokumen dan pengelolaan pengetahuan.
  • Memastikan anggota staf dan program diperlengkapi dan dipersiapkan untuk visibilitas di publik.
  • Berkoordinasi dengan kantor pusat/ wilayah Danamon group tentang hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi.
  • Mengelola komunikasi internal perusahaan atas nama Yayasan.
  • Mendukung manajemen dalam membuat laporan tahunan/laporan keberlanjutan/laporan terintegrasi; perencanaan dan pelaksanaan acara, manajemen publikasi; hubungan media.
Ruang Lingkup Pekerjaan
Tugas strategis
  • Mempromosikan tujuan program dengan komunikasi dalam kerja sama erat dengan para pemangku kepentingan dan mitra.
  • Mengembangkan dan menjaga konsep untuk komunikasi internal dan eksternal program serta perencanaan sistematis untuk kegiatan komunikasi dengan mitra (termasuk mendefinisikan wilayah/kelompok kerja, menyusun pesan utama).
  • Mengoordinasikan, menjalankan, dan memantau aktifitas komunikasi (mis. dampak, konten kuantitas dan kualitas ).
Bekerja sama dengan Pemangku kepentingan
  • Berkontribusi pada kegiatan komunikasi dan publikasi di seluruh wilayah kerja PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk.
  • Memberikan informasi terkait program melalui perencanaan dan melalui permintaan;
  • Berpartisipasi dan berkontribusi pada platform komunikator internal perusahaan (Berbagi praktik terbaik, pertukaran pengetahuan, bagian dari tim editorial untuk media internal PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk, berbagi informasi).
  • Secara aktif berkontribusi pada sistem internal untuk publikasi dan penyimpanan foto/video.
Tugas Koordinasi
  • Berkoordinasi dan bekerja sama dengan penyedia layanan untuk memastikan pekerjaan berkualitas tinggi (mis. konsultan, agen, fotografer, pelatih, penulis).
  • Bersedia menerima pekerjaan tambahan yang berhubungan dengan tim terkait.
  • Mengelola dan mengoordinasikan kebutuhan promosi  program.
Kegiatan hubungan masyarakat dalam suatu program
  • Mengembangkan dan menyempurnakan instrumen hubungan masyarakat yang sesuai untuk bekerja sama dengan para mitra (mis. brosur, selebaran, lembar fakta, set presentasi standar).
  • Memastikan telah mematuhi standar desain Yayasan/perusahaan yang diterapkan pada suatu program.
  • Mengorganisir setiap kegiatan eksternal yang bekerja sama dengan lembaga mitra nasional/mitra lembaga lokal.
  • Memberikan kontribusi terkait publikasi inti Yayasan dan PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk (mis. lembar fakta, situs web, peta lokasi program, kisah sukses).Memberikan kontribusi pada konten media sosial yang berhubungan dengan program untuk akun sosial media yang ditentukan.
  • Bertanggung jawab terhadap pengkinian situs web dan laporan.
Komunikasi Internal
  • Memberikan dukungan dan kontribusi pada konten komunikasi internal sesuai platform yang ditetapkan.
  • Membantu arah informasi dan dialog antara pemangku kepentingan (Mis: antara Yayasan dan Dewan serta dengan para ahli dan penasihat pengembangan yang terintegrasi dalam suatu area kerja).
  • Mengelola arsip dokumenter (foto/video) program.
  • Mendistribusikan informasi dan materi komunikasi dari Yayasan ke tim.
Manajemen Pengetahuan
  • Merancang dan menerapkan strategi manajemen pengetahuan.
  • mengelola keterhubungan dengan pemangku kepentingan sesuai dengan kebutuhan pengetahuan.
  • Mempromosikan berbagi pengetahuan tentang topik-topik perlindungan sosial dalam cara-cara menarik.
  • Bekerja sama dengan staf program untuk memastikan semua produk pengetahuan diperbarui, tersedia dan dalam urutan yang benar.
  • Memelihara sistem manajemen pengetahuan proyek (server file) bersama dengan IT Officer.
  • Memastikan setiap dokumen yang terkait  harus tersedia dan telah diunggah ke website dan server yayasan.
Hubungan media dalam koordinasi yang erat dengan partner nasional
  • Mengoordinasikan kegiatan pers di wilayah kerja dan bekerja sama dengan lembaga mitra dan berkoordinasi secara melekat dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal, contohnya:
    • Membangun dan memelihara kontak dengan pers nasional dan secara teratur memperbarui kontak pers Yayasan dengan pemangku kepentingan  bisnis.
    • Menyusun dan mengoordinasikan siaran pers.
    • Mengumpulkan dan menyiapkan perlengkapan pers yang dibuat khusus untuk acara-acara tertentu.
    • Berhubungan dengan kantor pers mitra nasional/regional untuk pendistribusian siaran pers melalui mitra.
    • Memberikan dukungan besar untuk acara/kunjungan ke lokasi.
  • Mengumpulkan kliping pers yang berkaitan dengan program dan menyusun pelaporan setiap acara/penampilan berita & mengirimkan secara teratur kepada pemangku kepentingan bisnis.
Kualifikasi, kompetensi, dan pengalaman yang diperlukan
Kualifikasi
  • Gelar universitas dalam bidang pekerjaan yang relevan (Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Pengembangan Kebijakan, Hubungan Internasional, Jurnalisme).
  • Minimal 7 hingga 10 tahun pengalaman bekerja di bidang komunikasi (media dan hubungan masyarakat, jurnalisme, komunikasi internal).
  • Pengalaman dalam mengembangkan proses dokumentasi dan platform (manajemen pengetahuan).
  • Fasih menulis, membaca dan berbicara dalam bahasa Inggris dan Indonesia.
  • Keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik dan gaya jurnalistik yang percaya diri.
Pengalaman profesional
  • Memiliki rekam jejak yang terbukti dalam komunikasi (hubungan pers dan hubungan masyarakat, jurnalisme, komunikasi internal, lobi dll.).
  • Pengalaman editorial/pengalaman dalam menulis artikel dan siaran pers.
  • Pengalaman dalam memelihara kontak dengan jurnalis, dan memiliki hubungan baik dengan media (lokal/regional).
  • Pengalaman dalam pengelolaan suatu program dan/atau acara.
  • Pengalaman dalam memproduksi publikasi dan materi.
  • Memiliki pengalaman dalam pengelolaan pengetahuan (dalam konteks kerja sama pembangunan) akan menjadi keuntungan.
Pengetahuan lainnya, kompetensi tambahan
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang masalah kebijakan pembangunan nasional dan kerja sama pembangunan.
  • Memiliki pengetahuan tentang publikasi menggunakan komputer atau melalui aplikasi grafik.
  • Memiliki pengetahuan yang baik tentang teknologi informasi dan komunikasi (berhubungan dengan perangkat lunak) dan aplikasi pada komputer (mis. MS Office).
  • Memiliki minat dan pemahaman sosial, antar budaya, fleksibilitas, kemampuan untuk bekerja dalam tim, kepekaan diplomasi, kemampuan untuk bekerja di lingkungan yang sensitif secara politis.
  • Mampu bekerja secara efektif dalam lingkungan kantor yang bergerak cepat, baik secara individu maupun sebagai bagian dari tim secara umum.
  • Mampu beradaptasi dengan prioritas yang berubah dengan cepat dan mampu mengelola berbagai tenggat waktu dan memberikan produk kerja yang berkualitas tinggi.
  • Bersedia untuk meningkatkan keterampilan sebagaimana disyaratkan oleh tugas yang dilakukan.
Lokasi penugasan: Jakarta

Tanggal bergabung: Secepatnya

Supervisi Langsung: Direktur Eksekutif

Kandidat yang tertarik harus menyerahkan surat lamaran, CV, pelatihan yang pernah diikuti dan daftar referensi (wajib), ditujukan ke email: hrd@danamonpeduli.or.id dengan subject: Communication and Knowledge Management Manager.