VACANCY ANNOUNCEMENT
PROJECT ASSISTANT
Latar Belakang
Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk miskin terbesar ke-3 di Indonesia. Pada satu sisi, di Jawa Tengah juga menjadi provinsi dengan tingkat upah minimum regional (UMR) terendah ke-2 di Indonesia setelah DI Yogyakarta. Dengan tingkat UMR yang rendah, Jawa Tengah sangat menarik bagi para investor industri padat karya, khususnya garmen, untuk berinvestasi di Jawa Tengah. Jumlah investasi besar yang masuk tentu saja membawa konsekuensi pada permintaan atau kebutuhan tenaga kerja yang besar. Namun ironisnya, di Jawa Tengah masih memiliki tingkat pengangguran dan kemiskinan yang relatif tinggi.
Kondisi ini terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah adanya kesenjangan (gap) antara kebutuhan/permintaan tenaga kerja dari industri dengan kualitas ketrampilan kerja yang dihasilkan dari lulusan sekolah vokasi dan lembaga pelatihan kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri SINERGI (Strengthening Coordination for Inclusive Workforce Development in Indonesia) merupakan sebuah proyek yang didanai oleh USAID yang dilakukan oleh Konsorsium yang terdiri dari Rajawali Foundation (RF) dan Pusat Transformasi Kebijakan Publik Indonesia (TRANSFORMASI). SINERGI bertujuan untuk memperkuat koordinasi pembangunan ketenagakerjaan inklusif melalui pelibatan pemerintah daerah, perusahaan, lembaga pendidikan dan pemuda guna mempersiapkan kaum muda dari golongan ekonomi kurang mampu dan rentan di Jawa Tengah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.
Untuk mendukung proyek SINERGI tersebut, Transformasi membutuhkan seorang Project Assistant. Posisi ini akan bertempat di Semarang.
Tugas Pokok Project Assistant adalah:
- Mengkompilasi data dan informasi yang terkait dengan monitoring dan evaluasi;
- Mempersiapkan data berkualitas yang terkait dengan pemuda dari kalangan kurang mampu & rentan (P&V Youth) dan ketenenagakerjaan inklusif berdasarkan tools yang telah disediakan;
- Memberikan dukungan teknis kepada Youth Specialist sesuai dengan tugas yang diberikan
- Merekapitulasi dan mengkompilasi data dan informasi yang terkait dengan monitoring dan evaluasi yang meliputi:
- Rekapitulasi dan kompiliasi data seluruh peserta kegiatan SINERGI;
- Rekapitulasi dan kompilasi data pemuda dari kalangan kurang mampu & rentan (P&V Youth) yang menjadi penerima manfaat SINERGI;
- Rekapitulasi dan kompilasi data Instansi Pemerintah, Lembaga Pelatihan dan Perusahaan Swasta yang bekerjasama dalam kegiatan SINERGI;
- Rekapitulasi dan kompilasi hasil Pre dan Post test dari seluruh kegiatan pelatihan yang dilakukan SINERGI;
- Rekapitulasi dan tabulasi data baseline dan endline survey;
- Membantu pekerjaan Monitoring dan Evaluasi selain management data, terlibat dalam seperti; survey, assessment, rapat, pembuatan laporan, event organizer dan pekerjaan-pekerjaan teknis lainya sesuai dengan tugas yang diberikan.
- Menjalankan fungsi dan memberikan dukungan administratif di kegiatan-kegiatan yang melibatkan pemuda dari kalangan kurang mampu & rentan (P&V Youth)- Perusahaan – Lembaga Pelatihan dan Pemuda Rentan sebagaimana penugasan yang diberikan oleh Youth Specialist.
- Melakukan koordinasi dengan Monev Specialist terkait metode, tools, teknis kegiatan pengumpulan data, serta pengolahan data;
- Melakukan koordinasi dengan Youth Specialist dalam mendukung pelaksanaan kegiatan SINERGI yang terkait dengan kegiatan-kegiatan yang ditujukan bagi pemuda dari kalangan kurang mampu & rentan (P&V Youth).
- Melakukan verifikasi dan validasi data monitoring dan evaluasi kepada staff SINERGI;
- Melakukan verifikasi dan validasi data secara langsung kepada sumber data dengan terlebih dahulu berkoordinasi kepada Monev Specialist, Youth Specialist dan Staff SINERGI lainnya.
Output yang diharapkan:
- Memberikan update data monitoring dan evaluasi secara berkala (bulanan dan kuartal) kepada Monev Specialist berdasarkan tools yang telah disediakan;
- Memberikan laporan hasil kegiatan bulanan kepada Monev Specialist dan Youth Specialist..
Kualifikasi dan kompetensi:
- Berpendidikan D3/S1 atau sederajat, dari disiplin ilmu sosial, ekonomi, humaniora, dan bidang keilmuan lainnya yang relevan;
- Menguasai Microsoft Office, khususnya Ms. Excel dan memahami fungsi-fungsi pengolahan data (sort, filter dan tabel pivot);
- Bersedia untuk melaksanakan kunjungan ke lokasi-lokasi proyek bila diperlukan untuk memantau pelaksanaan proyek dan menyediakan laporan hasil monitoring dan evaluasi secara tepat waktu;
- Dapat beradaptasi di lingkungan kerja multi kultur dan bekerjasama dengan tim;
- Bersedia untuk bekerja dibawah tekanan dan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan;
- Memiliki kecakapan berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia secara baik dan lancar;
- Memiliki kemampuan menulis laporan kegiatan.
Silahkan kirimkan lamaran dan CV Anda ke hr@transformasi.org dengan subyek: Project Assistant, sebelum 29 April 2019.
Hanya kandidat terbaik yang akan dihubungi.