loading...

OXFAM International Membutuhkan Tenaga Konsultan Pembuatan Video Graphic Montion EPR

OXFAM adalah sebuah Organisasi Non Governmental Internasional bekerja di seluruh dunia dengan visi dunia tanpa kemiskinan: sebuah dunia di mana orang dapat mempengaruhi keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka, menikmati hak-hak mereka, dan memikul tanggung jawab mereka sebagai warga dunia di mana semua manusia dihargai dan diperlakukan sama. 

Konsultan Pembuatan Video Graphic Montion EPR 

LATAR BELAKANG 
Setiap tahun kejadian bencan di Indonesia selalu meningkat, selama tahun 2017 tercatat telah terjadi 2.341 kejadian bencana di seluruh wilayah Indonesia dan lebih dari 90% kejadian bencana sepanjang tahun 2017 didominasi oleh bencana hidrometereologi terdiri dari banjir (787 kejadian), putting beliung (716 kejadian), tanah longsor (614 kejadian), kebakaran hutan dan lahan (96 kejadian), banjir dan tanah longsor (76 kejadian), kekeringan (19 kejadian), gempabumi (20 kejadian) gelombang pasang dan abrasi (11 kejadian, dan letusan gunungapi (2 kejadian. Lebih dari 3,49 juta masyarakat terdampak bencana, (Data BNPB, 2017). Dalam sepuluh tahun terakhir kejadian bencana terbesar yang selalu terjadi antara lain banjir, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung api, dan kekeringan yang hampir terjadi di setiap propinsi di Indonesia setiap tahunnya.
Kejadian bencana setiap tahun cenderung mengalami peningkatan, hal ini perlu diimbangi dengan kesiapsiaagan masyarakat terutama yang berada di kawasan rawan bencana, untuk memupuk kesadaran masyarakat dan menjadikan budaya siapsiaga. perlu ada media kampanye dan informasi yang dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat luas untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan menjadi bahan dalam pengambilan tindakan terhadap ancaman bencana yang ada disekitarnya. Media sosial yang terus berkembang dapat menjadi media edukasi yang efektif dalam mengkampanyekan dan mengedukasi masyarakat untuk membangun budaya sadar melakukan kesiapsiagaan.

Oxfam di Indonesia di bawah Program RIC memiliki Program Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat yang telah dilakukan dengan berbgai pendekatan antara lain Response berbasis pasar local dan ICT, Program Transfer Tunai, model tanggap darurat melalui ‘’Partners-Led response’’, Rencana Keberlanjutan UMKM dalam response kemanusiaan, dan sebagainya. Banyak prakitk baik yang telah dihasilkan dari setiap pelaksanaan proyeknya , namun tantangan untuk menjadikan praktik baik itu sebagai bagian yg utuh dari pegembangan program masih menemui kendala sampai saat ini.

Untuk itu, Oxfam akan menengembangkan media kampanye edukatif melalui Video Motion Graphic dengan ragam tema kesiapsiagaan dan Pengurangan Risiko Bencana

TUJUAN
  • Menyediakan media edukatif dalam bentuk motion grafik yg menarik dan bisa diterima oleh semua golongan usia, dalam rangka menyebarluaskan informasi dan meningkatkan budaya sadar bencana, baik di dalam lingkungan kerja maupun di masyarakat pada umumnya
  • Menyediakan media perkenalan Knowledge Hub (KH) dan pendekatan kerja Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat melalui Standby Agreement (SA)
KELUARAN
  • 5 video motion graphic dengan satu tema ancaman per video yang mengedukasi kesadaran bencana untuk kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana. ( Gempa, Tsunami, Letusan gunung berapi, Banjir dan longsor, Kekeringan)
  • 1 video motion graphic dengan team perkenalan KH dan Standby Agreement ( SA)
Mekanisme Pelaksanaan
Oxfam akan merekrut tim konsultan yang memiliki pengalaman dalam membuat video graphic motion, terutama di bidang kebencanaan. Konsultan tersebut akan mengumpulkan bahan yang sudah dari program Rights in Crisis di Indonesia baik di Oxfam maupun di lembaga mitra pelaksana proyek.
  • Oxfam akan menyiapkan narasi, 
  • Konsutlan akan mengolah dan menyesuaikan tampilan design grafis.
  • Melakukan wawancara pihak external bilamana dibutuhkan , seperti BNPB, Dinas terkait, Mitra lain nya.
  • Semua bentuk hasil video graphic motion ini akan menjadi hak milik Oxfam dengan tetap mencantumkan nama pembuatnya dan dapat digunakan untuk kepentingan Oxfam dan mitra. Jika pihak pembuat bermaksud menggunakan video tersebut untuk kepentingan diluar kerjasama dengan Oxfam, maka mendapatkan persetujuan.dari Oxfam sebelumnya
PENGETAHUAN & PENGALAMAN KONSULTAN YANG DIBUTUHKAN
  • Minimal Pendidikan S1 di bidang komunikasi, media, dan bidang lain yang relevan
  • Memiliki pengalaman untuk kerja pembuatan video graphic motion khusunya di bidang kebencanaan 3 Tahun
  • Memiliki pengalaman dalam bidang media dan komuniskasi
  • Mampu berkomunikasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  • Mampu menulis Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  • Memiliki portfolio membuat video graphic motion yang relevan dengan bidang kebencanaan
WAKTU KEGIATAN
May - June 2018

Proposal
Pengajuan proposal harus melampirkan CV dan perkiraan biaya untuk jasa.
Proposal dan anggaran dapat dikirimkan melalui email ke jakarta2@oxfam.org.uk, dengan subject “Konsultan Pembuatan Video Graphic Motion EPR ”. Batas pengiriman proposal 15 Mai 2018.