loading...

Konsorsium Kemala Membuka Lowongan Fasilitator Mitigasi & Rekonsiliasi Tahun 2017 di Solok Selatan

Konsorsium Kemala merupakan konsorsium yang dibentuk oleh empat lembaga yang dipimpin oleh Lakpesdam PBNU yang mendapatkan grant MCA Indonesia Window 2 di bawah komponen PSDABM (Pengembangan Sumberdaya Alam Berbasis Masyrakat) untuk menjalankan proyek Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Miskin melalui Praktek Usaha Hijau yang didukung oleh Energi Terbarukan.

Proyek bekerja di 3 (tiga) desa/nagari di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Solok Selatan dengan tim pelaksana terdiri dari tim manajemen dan tim pelaksana lapangan. Proyek dilaksanakan selama 18 bulan dimulai Juli 2016 dan berakhir Desember 2017.

Dalam menjalankan peran dan pendekatan kepada masyarakat, Konsorsium Kemala membutuhkan staf lokal untuk posisi Fasilitator Mitigasi dan Rekonsiliasi dengan homebase Solok Selatan. Adapun persyaratan, tugas dan tanggung jawab, periode dan lokasi penugasan akan dijelaskan sebagai berikut.

Persyaratan:

  • Pendidikan terakhir S1, dengan masa kerja di bidang pemberdayaan masyarakat minimal 8 tahun; atau D3 dengan masa kerja minimal 10 tahun
  • Memiliki pengalaman sebagai fasilitator Desa/Nagari yang mengelola program. Lebih disukai jika memiliki pengalaman dalam bidang mitigasi konflik dan rekonsiliasi
  • Memiliki kapasitas dan keterampilan dalam pengorganisasian masyarakat yang diperoleh dari berbagai pelatihan yang pernah diikuti
  • Memiliki pengalaman mengembangkan dan mengelola forum-forum skala Nagari/Desa maupun Kampung/Jorong dan memeliharanya. Memiliki hubungan baik dan berjaringan dengan aktor-aktor masyarakat sipil yang begerak di bidang kehutanan, pemberdayaan masyarakat dan livelihood.
  • Memiliki kemampuan menyampaikan presentasi dan berkomunikasi di depan publik secara baik.
  • Memahami adab dan budaya Minang serta berpengalaman mempraktikkannya berbagai pekerjaan yang sebelumnya dijalankan.
  • Berpengalaman dan mampu bekerja dalam tim maupun individual, serta dapat bekerja dalam situasi tenggat waktu singkat dan overburden.
  • Mampu mengoperasikan computer/laptop untuk program MS Office (Word, Excell, Powerpoint) dengan baik, memiliki dan fasih berkomunikasi menggunakan email dan alat-alat komunikasi media social lainnya.
  • Menyertakan 3 nama untuk referensi, dengan menyampaikannya secara jelas: nama, lokasi keberadaan yang bersangkutan, posisi saat ini, hubungan dengan calon, alamat email dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
Semua persyaratan harap dijelaskan secara spesifik di dalam CV.

Tugas dan Tanggung Jawab:

  • Mengelola tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab pengelolaannya. Tugas-tugas tersebut adalah
    • Mempelajari seluruh dokumen terkait pelaksanaan proyek, baik perencanaan, pelaporan maupun dokumen pendukung lainnya.
    • Melakukan pemetaan situasi dan aktor serta menyusun laporannya untuk didiskusikan kepada manajemen dan dirumuskan rencana tindak lanjutnya.
    • Melakukan pendekatan kepada aktor-aktor kunci, baik di tingkat Nagari maupun Jorong.
    • Menginisiasi dan memfasilitasi pertemuan forum multipihak (Adhoc) baik di tingkat jorong maupun Nagari, serta menindaklanjutinya.
    • Membangun komunikasi dan koordinasi dengan aktor-aktor Jorong dalam menyiapkan kegiatan, melakukan lobby/pendekatan persuasive.
    • Memfasilitasi proses-proses persiapan kegiatan (pertemuan forum multipihak adhoc ditingkat jorong, pertemuan ninik mamak, dan berbagai kegiatan lainnya).
    • Menginisiasi aktivitas kelompok muda untuk menyiapkan berbagai kegiatan budaya.
    • Mengelola jaringan aktor-aktor baik pada tingkat Nagari maupun Jorong
    • Menyusun notulensi pertemuan, laporan kegiatan serta menyediakan dokumen-dokumen pendukungnya.
    • Membangun koordinasi dan komunikasi internal, baik yang diinisiasi oleh Manajemen Proyek, Koordinator Kabupaten maupun inisiatif sendiri.
Periode Penugasan:

  • Staf diharapkan dapat mulai bekerja pada bulan Mei 2017 dan akan berakhir pada bulan Desember 2017.
Lokasi Penugasan:

  • Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat
Surat Lamaran dan CV lengkap yang sesuai dengan persyaratan dapat dikirimkan ke alamat email: konsorsium.kemala@gmail.com. Paling lambat tanggal 16 Mei 2017 pukul 09.00 WIB. Perempuan didorong untuk melamar posisi ini.

Note: hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi di atas dan menyampaikannya dalam CV yang akan dihubungi lebih lanjut.