LATAR BELAKANG PROGRAM
Berdasarkan pengalaman implementasi program MAMPU 3 tahun terakhir, BaKTI telah mengembangkan beberapa hal terkait dengan penguatan kapasitas anggota parlemen untuk “menerobos kebuntuan” dalam rangka terbangunnya hubungan yang “sinergis, intens dan efektif” antara anggota parlemen sebagai wakil rakyat dan masyarakat sipil sebagai konstituen melalui revitalisasi “Reses” dan “Tata Tertib DPRD”. Kedua mekanisme tersebut telah menunjukkan bahwa ruang partisipasi masyarakat mulai terbuka untuk menyampaikan aspirasi dan permasalahannya secara khusus melalui “jalur formal” yaitu Reses, Hearing, atau bentuk penyalur aspirasi lainnya berdasarkan ketentuan hukum.
Program ini dilaksanakan di bawah program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan) yang didanai oleh AUSAID dan mencakup 9 (sembilan) provinsi di kawasan timur Indonesia. Saat ini, wilayah program MAMPU BaKTI berada di Provinsi NTB, Sulsel dan Maluku serta bekerja dengan LSM/Ornop sebagai Mitra Daerah yang konsern pada 5 (lima) tema MAMPU:
REKRUITMEN: FINANCE OFFICER MAMPU
Tugas:
Posisi ini adalah local hired dan akan berbasis di Kantor Yayasan BaKTI di Makassar, Indonesia. Durasi penugasan untuk post ini adalah 12 (dua belas) bulan dimulai 5 Januari – 31 Desember 2017 dengan kemungkinan perpanjangan tergantung pada kinerja.
Yayasan BaKTI membuka kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan akan dipilih berdasarkan prestasi melalui proses perekrutan sesuai standard Yayasan BaKTI tanpa membedakan latar belakang etnis, jenis kelamin, kecacatan, status sosial-ekonomi, orientasi seksual atau keyakinan agama.
Silahkan untuk mengirim lamaran dengan Subject: Finance Officer MAMPU ke info@bakti.or.id dan steven@bakti.or.id (CV dan surat lamaran) dengan batas waktu tidak lewat dari tanggal *22 Desember 2016.*
Berdasarkan pengalaman implementasi program MAMPU 3 tahun terakhir, BaKTI telah mengembangkan beberapa hal terkait dengan penguatan kapasitas anggota parlemen untuk “menerobos kebuntuan” dalam rangka terbangunnya hubungan yang “sinergis, intens dan efektif” antara anggota parlemen sebagai wakil rakyat dan masyarakat sipil sebagai konstituen melalui revitalisasi “Reses” dan “Tata Tertib DPRD”. Kedua mekanisme tersebut telah menunjukkan bahwa ruang partisipasi masyarakat mulai terbuka untuk menyampaikan aspirasi dan permasalahannya secara khusus melalui “jalur formal” yaitu Reses, Hearing, atau bentuk penyalur aspirasi lainnya berdasarkan ketentuan hukum.
Program ini dilaksanakan di bawah program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan) yang didanai oleh AUSAID dan mencakup 9 (sembilan) provinsi di kawasan timur Indonesia. Saat ini, wilayah program MAMPU BaKTI berada di Provinsi NTB, Sulsel dan Maluku serta bekerja dengan LSM/Ornop sebagai Mitra Daerah yang konsern pada 5 (lima) tema MAMPU:
- Meningkatkan akses perempuan terhadap program perlindungan sosial pemerintah;
- Penguatan kepemimpinan perempuan untuk kesehatan reproduksi dan kesehatan ibu hamil;
- Memperkuat kepemimpinan perempuan untuk menguruangi kekerasan terhadap perempuan;
- Memperbaiki kondisi untuk buruh migrant;
- Meningkatkan terhadap pekerjaan dan menghapus diskriminasi di tempat kerja) di masing-masing wilayah.
REKRUITMEN: FINANCE OFFICER MAMPU
Tugas:
- Memastikan penggunaan anggaran program MAMPU sesuai dengan rencana kerja yang disusun.
- Membuat voucher terkait dengan pengeluaran dan pemasukan dana Program MAMPU yang sesuai dengan Standar Keuangan Yayasan BaKTI.
- Membuat laporan penggunaan dana ProgramMAMPU yang sesuai dengan Standar Keuangan Yayasan BaKTI untuk diajukan ke SFO dan FO Yayasan BaKTI
- Membuat SOP Keuangan bersama dengan Senior Finance Officer dan Finance Officer Yayasan BaKTI berdasarkan masukan dari Mitra Daerah.
- Menerima dan menyalurkan dana ke Mitra Daerah.
- Menerima dan mereview laporan keuangan dari Mitra Daerah.
- Mengumpulkan dan menyimpan dokumen-dokumen terkait dengan laporan keuangan sesuai dengan Standar Keuangan Yayasan BaKTI.
- Membuat laporan kondisi keuangan Program MAMPU setiap 2 (dua) bulan serta mampu memberikan penjelasan kepada Managing Contractor atau Tim Operation Yayasan BaKTI terkait penggunaan dana Program MAMPU. Melakukan pelatihan/pendampingan/mentoring kepada Mitra Daerah Program MAMPU dalam hal pengelolaan keuangan program. Melakukan tugas lain yang diminta supervisor atau dan line manager.
- Minimum S1 Akuntasi.
- Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang keuangan dan program.
- Terampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
- Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan. SelfInitiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
- Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minim.
Posisi ini adalah local hired dan akan berbasis di Kantor Yayasan BaKTI di Makassar, Indonesia. Durasi penugasan untuk post ini adalah 12 (dua belas) bulan dimulai 5 Januari – 31 Desember 2017 dengan kemungkinan perpanjangan tergantung pada kinerja.
Yayasan BaKTI membuka kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan akan dipilih berdasarkan prestasi melalui proses perekrutan sesuai standard Yayasan BaKTI tanpa membedakan latar belakang etnis, jenis kelamin, kecacatan, status sosial-ekonomi, orientasi seksual atau keyakinan agama.
Silahkan untuk mengirim lamaran dengan Subject: Finance Officer MAMPU ke info@bakti.or.id dan steven@bakti.or.id (CV dan surat lamaran) dengan batas waktu tidak lewat dari tanggal *22 Desember 2016.*