loading...

The Katingan Mentaya Project Membutuhkan Tenaga Staff Teknis Hidrologi - Provinsi Kalimantan Tengah

The Katingan Mentaya Project Job Vacancies 2016

DIBUTUHKAN SEGERA
STAFF TEKNIS HIDROLOGI
Pada Kegiatan Restorasi Ekosistem Hutan Rawa Gambut
Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur
Provinsi Kalimantan Tengah

Latar Belakang:
Kegiatan Restorasi Ekosistem yang dalam bahasa perijinan kehutanan disebut Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu – Restorasi Ekosistem (UPHHK-RE) adalah sebuah usaha membangun kawasan dalam hutan alam pada hutan produksi yang memiliki ekosistem penting sehingga dapat dipertahankan fungsi dan keterwakilannya melalui kegiatan pemeliharaan, perlindungan dan pemulihan ekosistem hutan termasuk penanaman, pengayaan, penjarangan, penangkaran satwa, pelepasliaran flora dan fauna untuk mengembalikan unsur hayati (flora dan fauna) serta unsur non hayati (tanah, iklim dan topografi) pada suatu kawasan kepada jenis yang asli, sehingga tercapai keseimbangan hayati dan ekosistemnya (Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2007 juncto PP no 2008 dalam Bab Ketentuan Umum, pasal 1 butir 14).

Salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan restorasi ini adalah sistem hidrologi. Dimana sistem hidrologi menentukan kelestarian lahan gambut dan keberlangsungan jasa lingkungannya. Restorasi Ekosistem Neraca air yang setimbang diperlukan untuk berlangsungnya neraca karbon yang setimbang. Kelestarian jasa lingkungan ekosistem gambut hanya dapat dicapai dengan neraca karbon yang setimbang. Diperlukan tata air yang baik agar kelestarian ekosistem gambut dan layanan jasa lingkungannya tetap lestari.

Untuk mendukung kegiatan di atas, PT RMU sebagai pemegang ijin UPHHK-RE bermaksud untuk memperkerjakan 1 (satu) orang Staff Teknis Hidrologi yang berpengalaman, terampil, sigap, dan handal dalam menjalankan program-program atau kegiatan hidrologi di lapangan. Posisi ini akan melapor langsung Kepala Seksi Bidang Hidrologi, dan berkoordinasi dengan staf bidang lain di PT RMU.

Posisi kerja akan berada di lokasi kamp lapang PT RMU, baik dalam wilayah Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Durasi Kontrak:
Durasi kontrak awal adalah 1 (satu) tahun terhitung Januari 2017 sampai dengan Desember 2017, dengan kemungkinan diperpanjang pada tahun berikutnya sesuai dengan hasil evaluasi.

Uraian Tugas:
  • Melakukan monitoring rutin hidrologi (Channel + subsidence + GHG + sifat fisik kimia gambut)
  • Melakukan survey lahan gambut dan hidrologi lainnya;
  • Melakukan pengolahan data dan analisa;
  • Melaporkan kegiatan lapangan kepada kepala seksi.
Pelaporan:
  • Laporan bulanan kemajuan program;
  • Laporan monitoring dan evaluasi program;
  • Laporan pertanggungjawaban pengeluaran keuangan operasional.
Kualifikasi:
  • Pendidikan minimal sarjana di bidang hidrologi, tanah atau geophysic tanah;
  • Berpengalaman dalam kegiatan survey hidrologi minimal 3 Tahun;
  • Siap ditempatkan di lapangan atau wilayah konsesi PT RMU (basecamp atau pos lapangan) sesuai dengan waktu yang ditentukan;
  • Apabila anda berminat dan memiliki kualifikasi sesuai dengan posisi di atas, silakan mengirimkan aplikasi yang terdiri dari surat lamaran, daftar riwayat hidup dan sertifikat/dokumen lainnya, kepada Human Resources and General Affair Manager PT RMU melalui surat ke alamat berikut ini:
PT. Rimba Makmur Utama
Jalan Kantin No. 8 RT. 002 RW. 004 Kel. Pabaton Kec. Bogor Tengah
Bogor 16121 – Jawa Barat

Atau melalui email ke: deasy.andriana@ptrmu.com

Mohon cantumkan judul "Staf Teknis Hidrologi" pada lamaran yang dikirim.

Aplikasi lamaran paling lambat diterima pada hari Rabu, 30 November 2016.