loading...

Jesuit Refugee Service Membuka Lowongan Koordinator Proyek Befriend Urban Asylum Seeker - Bogor, Indonesian

Koordinator Proyek Befriend Urban Asylum Seeker
Wilayah kerja: Bogor, Jawa Barat
Batas akhir lowongan: 10 Desember 2016
Mulai bekerja: Januari 2017
Jangka waktu kontrak: 1 tahun (berakhir pada 31 Desember 2017) dengan kemungkinan perpanjangan
Posisi: Koordinator Proyek
Bertanggung jawab kepada: National Program Officer
Bekerjasama dengan: Komunitas pencari suaka dan pengungsi di Bogor, pemerintah setempat, penduduk setempat
Organisasi: Yayasan Jesuit Refugee Service (JRS) Indonesia
Penempatan: Bogor, Jawa Barat

Latar Belakang Lembaga dan Program
Yayasan Jesuit Refugee Service (JRS) Indonesia adalah lembaga kemanusiaan yang menjalankan misi untuk menemani, melayani, dan membela hak para pengungsi dan mereka yang terpaksa berpindah. Yayasan JRS Indonesia menjalankan pelayanan di tingkat nasional, dalam koordinasi dengan jaringan regional dan internasional. JRS merupakan karya sosial Serikat Jesus yang menjadi respon konkret Gereja Katolik di Indonesia terhadap masalah pengungsian, dalam kerjasama dengan semua pihak yang berkehendak baik, dengan menghormati keragaman agama, suku, pandangan, dan budaya. JRS hadir bagi para pengungsi dalam negeri (Internally Displaced Persons), serta para pencari suaka dan pengungsi lintas batas negara (refugee) yang bertahan hidup di kamp pengungsian, detensi imigrasi, maupun di kawasan perkotaan. Kerja JRS mencakup bidang pendidikan, pendampingan psikososial, bantuan darurat, pendampingan pastoral, pemberdayaan komunitas, dan aneka pelayanan sosial yang sesuai dengan kebutuhan komunitas pengungsi.

Maksud Rekrutmen
Proyek Befriend Asylum Seekers bertujuan untuk meningkatkan perlindungan bagi pencari suaka di wilayah Bogor, Jawa Barat, dengan memberikan dukungan pemenuhan kebutuhan dasar, perawatan kesehatan, kebutuhan psikososial, serta kebutuhan akan pendampingan hukum dan perlindungan bagi pencari suaka refugee.

Koordinator Proyek bertanggung jawab untuk memimpin dan mengarahkan tim dalam mencapai sasaran proyek, menjawab tantangan-tantangan di lapangan, dan mengidentifikasi peluang-peluang baru untuk mencapai tujuan akhir proyek dengan lebih baik. Bersama dengan Information and Advocacy Officer dari proyek, Koordinator menjalin komunikasi dan koordinasi secara erat dengan pemerintah lokal dan para pemangku kepentingan yang relevan, untuk mengangkat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan para pencari suaka. Dalam pelaksanaan program, Koordinator Proyek membangun pola-pola hubungan dan kerjasama yang memberdayakan komunitas pencari suaka di Bogor, dengan mendukung inisiatif komunitas dan meningkatkan partisipasi mereka. Koordinator akan mengadakan pemantauan berkala atas jalannya proyek, menilai dampak proyek terhadap orang-orang yang dilayani, dan menyampaikan laporan berkala kepada Kantor Nasional JRS Indonesia. Koordinator proyek juga akan berperan sebagai pendamping (caregiver) bagi pengungsi yang dilayani.

Kualifikasi dan Pengalaman:
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai, baik secara lisan maupun tertulis.
  • Memiliki kemampuan untuk memfasilitasi pertemuan yang efektif dan mendengarkan secara aktif.
  • Diutamakan yang memiliki pengalaman mendampingi orang yang mencari perlindungan dan/atau mengalami keterbatasan akses untuk memenuhi hak-hak asasinya, keterbatasan untuk menjalin hubungan internasional, keterbatasan akses pada pendampingan hukum, atau keterbatasan akses untuk bekerja.
  • Memiliki keterampilan komunikasi dan manajemen yang efektif.
  • Memiliki sensitivitas budaya yang kuat, serta dapat bekerja sama dengan orang yang berasal dari aneka latar belakang budaya dan kewarganegaraan.
  • Memiliki kesediaan dan dorongan yang kuat untuk mempelajari isu serta hak asasi pencari suaka dan pengungsi.
  • Dapat bekerja sama dalam tim maupun bekerja secara mandiri.
  • Siap sedia bekerja dalam keadaan yang mendesak, serta dapat bekerja di bawah tekanan dan dengan tingkat mobilitas yang tinggi.
  • Warga negara Indonesia.

Lamaran mohon dikirim via email ke alamat: indonesia@jrs.or.id dengan menyertakan JRS application form yang dapat diunduh di Project Coordinator ‘Befriend Urban Asylum Seekers’ | JRS INDONESIA