loading...

Dibutuhkan Segera Staff Senior Pembinaan Hutan Kegiatan Restorasi Ekosistem Hutan Rawa Gambut, Katingan

DIBUTUHKAN SEGERA
STAFF SENIOR PEMBINAAN HUTAN
Pada Kegiatan Restorasi Ekosistem Hutan Rawa Gambut
Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur
Provinsi Kalimantan Tengah

Latar Belakang:
Kegiatan Restorasi Ekosistem yang dalam bahasa perijinan kehutanan disebut Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu – Restorasi Ekosistem (UPHHK-RE) adalah sebuah usaha membangun kawasan dalam hutan alam pada hutan produksi yang memiliki ekosistem penting sehingga dapat dipertahankan fungsi dan keterwakilannya melalui kegiatan pemeliharaan, perlindungan dan pemulihan ekosistem hutan termasuk penanaman, pengayaan, penjarangan, penangkaran satwa, pelepasliaran flora dan fauna untuk mengembalikan unsur hayati (flora dan fauna) serta unsur non hayati (tanah, iklim dan topografi) pada suatu kawasan kepada jenis yang asli, sehingga tercapai keseimbangan hayati dan ekosistemnya (Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2007 juncto PP no 2008 dalam Bab Ketentuan Umum, pasal 1 butir 14).

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah no 6 Tahun 2007 tentang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan serta Pemanfaatan Hutan yang diubah dengan Peraturan Pemerintah No 3 Tahun 2008, maka PT Rimba Makmur Utama (PT RMU) selaku pemegang ijin UPHHK-RE wajib melaksanakan sistem silvikultur sesuai dengan kondisi setempat melalui program restorasi vegetasi. Kegiatan ini dimulai dari persemaian hingga penanaman dengan menggunakan spesies lokal dan perawatan tanaman setelah tanam, mencakup pencarian bibit, penyapihan bibit, perkecambahan biji, perawatan bibit (penyiraman, penyiangan gulma, pemberantasan hama penyakit, dan penyortiran/penyulaman bibit mati), hingga penanaman termasuk persemaian tingkat desa.

Untuk mendukung kegiatan di atas, PT Rimba Makmur Utama (PT RMU) sebagai pemegang ijin UPHHK-RE bermaksud untuk memperkerjakan 1 (Satu) orang Staff Senior Pembinaan Hutan yang berpengalaman terutama dalam pengembangan dan monitoring penelitian pada kawasan, persemaian, dan penanaman. Posisi ini akan melapor langsung kepada Kepala Bidang Pembinaan Hutan atau Manajer Umum Lapangan PT RMU dan berkoordinasi baik dengan bidang lain di PT RMU.

Posisi kerja akan berada pada pos persemaian dan areal PT RMU, baik dalam wilayah Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur, dengan sesekali melakukan perjalanan ke desa-desa untuk berkoordinasi tentang persemaian tingkat desa atau seluruh areal PT RMU jika diperlukan dalam pengambilan data-data dan pencarian bibit untuk menunjang dalam penanaman pada areal RKT.

Durasi Kontrak:
Durasi kontrak awal adalah 1 (satu) tahun terhitung Januari 2017 sampai dengan Desember 2017, dengan kemungkinan diperpanjang pada tahun berikutnya sesuai dengan hasil evaluasi.

Uraian Tugas:
  • Membangun, mengembangkan, menjalankan, dan membuat program-program Pembinaan Hutan dan Pengembangan Penelitian sesuai dengan perencanaan;
  • Penanaman dan penyulaman tanaman mati pada areal tanam;
  • Monitoring dan perekaman data pada project penelitian yang sudah berjalan;
  • Melaporkan monitoring dan perekaman data pada project penelitian yang sedang atau sudah berjalan;
  • Berkontribusi terhadap kegiatan-kegiatan Bidang Pembinaan Hutan lainnya (team work);
  • Menghadiri pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh para pihak dalam ruang lingkup Pembinaan Hutan yang berhubungan dengan kegiatan PT RMU;
  • Membuat laporan pengeluaran keuangan atas uang muka yang diberikan;
  • Melaporkan kepada Kabid Pembinaan Hutan dan Manajer Umum Lapangan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
Pelaporan:
  • Laporan bulanan kemajuan program;
  • Laporan monitoring dan evaluasi program;
  • Laporan pertanggungjawaban pengeluaran keuangan operasional.
Kualifikasi:
  • Berpengalaman dalam kegiatan program Pembinaan Hutan terutama Pengembangan dan Monitoring Penelitian pada kawasan, Persemaian, dan Penanaman.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan;
  • Mampu bekerjasama di dalam team (team work);
  • Mengenal wilayah dan budaya masyarakat Kotawaringin Timur dan Katingan secara khusus;
  • Mampu dan bersedia tinggal di lapangan dan melakukan perjalanan lapangan.
Apabila anda berminat dan memiliki kualifikasi sesuai dengan posisi di atas, silakan mengirimkan aplikasi yang terdiri dari surat lamaran, daftar riwayat hidup dan sertifikat/dokumen lainnya, kepada Human Resources and General Affair Manager PT RMU melalui surat ke alamat berikut ini:

PT. Rimba Makmur Utama
Jalan Kantin No. 8 RT. 002 RW. 004
Kel. Pabaton Kec. Bogor Tengah
Bogor 16121 – Jawa Barat

Mohon cantumkan judul "Staff Senior Pembinaan Hutan" pada lamaran yang dikirim.

Aplikasi lamaran paling lambat diterima pada hari Rabu, 30 November 2016.