Project
GF Health System Strengthening (HSS) adalah proyek di bidang kesehatan
atas kerjasama antara Pemerintah Indonesia (Kementerian Kesehatan) dan
Global Fund yang bertujuan memperkuat sistem kesehatan khususnya di 2
bidang antara lain sistem informasi kesehatan (SIK) dan manajemen tata
kelola obat dan perbekalan kesehatan. Proyek dilaksanakan di 5 provinsi:
Sumatera Utara, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan dan Maluku. Dari
setiap provinsi akan dipilih 2 kab/kota sebagai lokasi proyek.
Untuk hal tersebut, akan dilaksanakan rekrutmen konsultan Pusat dan konsultan Kab/Kota yang terdiri dari Konsultan Health System Information (HIS) Pusat dan Kab/Kota dan Konsultan Supply Chain Management (SCM)
Pusat dan Kab/Kota yang akan membantu secara teknis dalam pelaksanaan
proyek ini termasuk membantu Proyek Management Unit Propinsi dan
Kabupaten sebagai perpanjangan dari organisasi pelaksana proyek di
tingkat pusat.
Selanjutnya, Kami dari tim seleksi calon Konsultan mencari calon/kandidat untuk mengisi posisi sebagai berikut:
Konsultan Supply Chain Management (SCM) Pusat
Ruang lingkup pekerjaan Konsultan Supply Chain Management (SCM) di tingkat Pusat diharapkan dapat:
- Memfasilitasi pengelolaan obat terlaksana sesuai standar.
- Memotivasi dan mendorong SDM Pengelola Obat dalam melaksanakan pengelolaan obat sesuai standar.
- Mengkoordinasikan kegiatan Self Assessment/Self Initiative (SI)-Supply Chain Management (SCM)-Strengthening (S) di Kab/Kota terpilih
- Melakukan review dan analisa hasil proses seluruh kegiatan penguatan pengelolaan obat/ SCM dan monthly reports
- Mengkoordinasi dan memfasilitasi training SCM di tingkat pusat dan provinsi
- Melaksanakan supervisi di tingkat provinsi dan kab/kota
- Monitoring pelaksanaan pedoman dan instrumen standar pelaksanaan SCM
- Menyusun policy brief terkait komponen SCM dalam HSS
- Memfasilitasi penyusunan modul/pedoman apabila diperlukan.
- Policy brief triwulan
- Laporan bulanan (timesheet dan activities) dan laporan akhir
- Modul / pedoman (jika ada)
- Pendidikan Apoteker/S2 Kesehatan
- Memiliki pengalaman dalam pengelolaan obat min 3 tahun
- Memiliki pengalaman dalam manajerial
Konsultan Supply Chain Management (SCM) Kab/Kota
Ruang Lingkup
Ruang lingkup pekerjaan Konsultan Supply Chain Management (SCM) di tingkat Kab/Kota diharapkan dapat:
- Memfasilitasi terealisasinya komitmen daerah
- Memahami dan memfasilitasi kegiatan Self Assessment/Self Initiative (SI)-Supply Chain Management (SCM)-Strengthening (S) pada lokasi projek Kab/Kota
- Memfasilitasi untuk melakukan identifikasi dan prioritas masalah di kab/kota terpilih
- Memfasilitasi dalam penyusunan dan pelaksanaan action plan berdasarkan hasil implementasi Self Assessment Tools SCM di Kab/Kota terpilih
- Melakukan koordinasi dan supervisi dengan local mentoring (bila ada)
- Mendokumentasikan proses kegiatan Self Assessment/Self Initiative (SI)-Supply Chain Management (SCM)-Strengthening (S) di Kab/Kota terpilih
- Mendokumentasikan seluruh proses penguatan pengelolaan obat/ SCM di Kab/Kota
- Memfasilitasi dan mendorong Kab/Kota untuk membuat monthly reports
- Berkoordinasi dengan konsultan pusat dalam penguatan pengelolaan obat/SCM
- Laporan bulanan (timesheet dan activities)
- Dokumen proses kegiatan SI-SCM-S
- Laporan kegiatan terkait dengan action plan
- Pendidikan Apoteker
- Memiliki pengalaman dalam pengelolaan obat min 3 tahun
- Memiliki pengalaman dalam manajerial
CV dan surat lamaran dapat dikirimkan ke email: omspan.pusdatin@kemkes.go.id dengan subject email dengan posisi dan lokasi yang diinginkan.
Contoh Posisi Konsultan di Pusat:
Posisi_Lokasi : Konsultan HIS_Pusat atau Konsultan SCM_Pusat
Contoh Posisi Konsultan di Kab/Kota:
Posisi_Nama Provinsi_Kab/Kota: Konsultan HIS_Jatim_Kab/Kota
Surat lamaran dan CV kami terima paling lambat tanggal 9 Oktober 2016