loading...

Lowongan Koordinator Program Volunteer Konservasi Penyu Laut di Pulau Simeulue & Pulau Bangkaru

Terms of Reference 
Position: Sea Turtle Conservation Voluntourism Program Co-ordinator.
Reporting to: Get Aceh Management, HAkA Management

Key Internal Linkages: Pulau Bangkaru Conservation Program Co-ordinator, Pulau Bangkaru Rangers, and technical assistance specialist at Ecosystem Impact.

Start Date and Duration: April, 2016 – Ongoing

Location: Pulau Simeulue (70%) and Pulau Bangkaru (30%)
Holidays: 4 weeks per year
Salary:To be discussed based on experience
Review Dates: Initial review one month; Follow up review: three months or as required.

Background:The Sea Turtle Conservation Voluntourism Program is run under an umbrella management system between Get Aceh, HAkA and Ecosystem Impact. The program is designed to create a safe haven for nesting green and leatherback sea turtles, whilst reducing illegal poaching in the area. The Voluntourism Program helps raise awareness and provides funding to support the conservation program on Pulau Bangkaru. A variety of biodiversity studies are associated with the program to add value whilst providing additional information about the biodiversity associated with the local environment. 

Organisation Structure:The position is under an umbrella management system between Get Aceh, HAkA and Ecosystem Impact. The co-ordinator will answer predominantly to Get Aceh management, with occasional input from both HAkA and Ecosystem Impact.

The program co-ordinator will oversee the program on both Pulau Simeulue and Pulau Bangkaru and work with the Pulau Bangkaru supervisor and rangers. 

Job Description:The Program Co-ordinator will oversee the entire program from accepting guest applications and updating the marketing information to running activities on both Pulau Simeulue and Pulau Bangkaru. The applicant will need to be largely self-motivated and willing to learn the variety of skills associated with the position. The applicant must be willing to work between Pulau Simeulue and Pulau Bangkaru. Training and technical assistance will be provided for all aspects of the position. 

Communication
  • A high level of written and
  • Answering and replying to
  • Explaining the activities
  • Reporting program feedback to
  • Updating marketing documents
  • Communicating the number of spoken English applications via the internet associated with the program to volunteers on arrival, as well as the potential risks Get Aceh management and social media activity volunteers, the dates they are expected and food requirements with management at Mahi-Mahi and with the supervisor on Pulau Bangkaru
Co-ordinate Activities and assist volunteers to implement them
  • A variety of scientific activities are associated with the program and are run on both Pulau Simeulue and Pulau Bangkaru. These activities will be co-ordinated by the successful applicant and can briefly be described as interactive studies focused on examining and identifying the various biodiversity on/in Pulau Simeulue, Pulau Bangkaru and the immediate marine environment. Data collection and input into an excel spreadsheet is required. 
  • The Program Co-ordinator will accompany the volunteers during their excursions on both Pulau Simeulue and Pulau Bangkaru and assist the volunteers to undertake their work effectively.
Site and Equipment Maintenance
  • The Program Co-ordinator will be accountable for the maintenance and safe keeping of all the equipment associated with the program and activities on Pulau Simeulue, and assisting the conservation program coordinator to do the same on Pulau Bangkaru.
  • The Program Co-ordinator will notify Mahi-Mahi management if there are any problems associated with the accommodation and toilet
  • The Program Co-ordinator will facilities at Mahi-Mahi Resort. notify the Pulau Bangkaru supervisor if there are any problems associated with the accommodation and toilet facilities on Bangkaru.
Organise Travel Logistics
  • The Program Co-ordinator will be responsible to co-ordinate SIMAKSI, flights and ferry tickets with Get Aceh’s booking agent.
Other tasks may arise and will be added to the Program Co-ordinators workload as mutually agreed upon by Management and the Program Co-ordinator.

APPLY To: ferzya.farhan@gmail.com.


Kerangka Acuan
Posisi: Koordinator Program Sukarelawan Konservasi Penyu Laut.

Pelaporan kepada: Get Aceh Management, HAkA Management

Lingkatan Internal Terdepan: Program Co-ordinator Conservasi Pulau Bangkaru, Rangers Pulau Bangkaru, dan Technical Assistance Specialist pada Ecosystem Impact.

Tanggal Mulai dan Durasi: Bulan April, 2016 – Sedang berlangsung

Lokasi: Pulau Simeulue (70%) and Pulau Bangkaru (30%)

Libur Kerja: 4 minggu pertahun

Gaji: Dibahas sesuai basis pengalaman

Tanggal Tinjauan: Tinjauan awal satu bulan;

Tindak lanjut tinjauan: tiga bulan atau saat 

Latar belakang:Program Kerja Sukarela / Voluntir Konservasi Penyu Laut dijalankan di bawah sistem manajemen yang dipayungi antara Get Aceh, HAkA dan Ecosystem Impact. Program ini dirancang untuk menciptakan tempat yang aman dan tentram bagi penyu penyu hijau bersarang dan bertelur dan juga bagi penyu berkulit keras, dan ikut mengurangi perburuan ilegal di areal tersebut. Program voluntir atau sukarela ini membantu meningkatkan kesadaran dan menyediakan dana untuk mendukung program konservasi di Pulau Bangkaru. Ada berbagai penelitian keanekaragaman hayati yang terkait dengan program ini sebagai nilai tambah yang ikut menyediakan informasi tambahan tentang keanekaragaman hayati yang terkait dengan lingkungan setempat.

Struktur Organisasi:Posisi terebut berada dibawah sistem manajemen yang dipayungi antara Get Aceh, HAkA dan Ecosystem Impact. Koordinator tersebut akan memberikan jawaban terutama sekali kepada manajemen Get Aceh, termasuk menerima masukan sesekali baik dari HAkA maupun dari Ecosystem Impact. Program Koordinator juga akan mengawasi program baik di Pulau Simeulue maupun di Pulau Bangkaru dan bekerja dengan supervisor Pulau Bangkaru dan dengan para

Uraian Tugas:
  • Program Koordinator akan mengawasi seluruh program yaitu mulai dari menerima aplikasi tamu sampai memperbaharui informasi pemasaran untuk menjalankan kegiatan yang ada di kedua-dua Pulau yaitu Pulau Simeulue dan Pulau Bangkaru. Pelamar atau pemohon diharuskan memiliki motivasi yang kuat dalam dirinya dan bersedia untuk mempelajari berbagai keterampilan yang berhubungan dengan posisi tersebut. Pemohon harus bersedia untuk bekerja antara Pulau Simeulue dan Pulau Bangkaru.
Pelatihan dan bantuan teknis akan disediakan untuk semua aspek dari posisi tersebut.

Komunikasi
  • Berkemampuan berbahasa Inggris tingkat tinggi baik lisan maupun tulisan
  • Menjawab dan membalas sebarang permohonan melalui internet
  • Menjelaskan kegiatan yang berhubungan dengan program untuk relawan pada saat kedatangan mereka, serta menjelaskan potensi risiko yang ada
  • Memberikan laporan sehubungan tanggapan terhadap Program kepada manajemen Get
  • Memberikan data terkini sehubungan dengan dokumen pemasaran dan aktifitas media sosial
  • Mengkomunikasikan jumlah relawan, prakiraan tanggal kedatangan mereka dan persyaratan makanan dengan manajemen di Mahi-Mahi dan dengan pihak Pengawas di Pulau Bangkaru
Melakukan koordinasi sehubungan aktifitas dan membantu relawan untuk pelaksanaan aktifitas
  • Berbagai jenis kegiatan ilmiah yang terkait dengan program dan dilakukan di dua pulau yaitu Simeulue dan Pulau Bangkaru. Kegiatan ini akan dikoordinasikan oleh pemohon yang sukses dan secara singkat dapat digambarkan sebagai studi interaktif yang difokuskan pada pemeriksaan dan mengidentifikasian berbagai keanekaragaman hayati di / di Pulau Simeulue, Pulau Bangkaru dan lingkungan laut secara langsung. Adapun koleksi data sehubungan hal tersebut seperti input data kedalam spreadsheet excel sangatlah diperlukan.
  • Program koordinator akan menemani para relawan selama kunjungan mereka di kedua Pulau Simeulue dan Pulau Bangkaru dan membantu para relawan tersebut untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif.
Tempat kegiatan dan Pemeliharaan
  • Program Koordinator akan bertanggung jawab untuk pemeliharaan dan menjaga keamanan terhadap semua peralatan yang terkait dengan program dan kegiatan di Pulau Simeulue, dan membantu koordinator program konservasi untuk melakukan hal yang sama di Pulau Bangkaru. 
  • Program Koordinator akan memberitahukan manajemen Mahi-Mahi jika ada masalah yang terkait dengan akomodasi dan fasilitas toilet yang ada di Mahi-Mahi Resort. 
  • Program Koordinator akan memberitahu pihak Pengawas Pulau Bangkaru jika ada masalah yang terkait dengan akomodasi dan fasilitas toilet di Bangkaru.
Mengatur Travel Logistik
  • Program Koordinator akan bertanggung jawab untuk melakukan koordinasi dengan SIMAKSI, terkait dengan penerbangan dan tiket feri dengan pihak agen pemesanan Get Aceh.
Tugas lainnya mungkin saja muncul sebagai beban kerja tambahan bagi Koordinator Program yang tentunya akan disepakati bersama antara pihak Manajemen dan Koordinator Program.

Tertarik Silahkan Send Imel Ke: ferzya.farhan@gmail.com