loading...

Coca-Cola Foundation Indonesia Membuka Lowongan Program PerpuSeru, Penempatan di Seluruh Indonesia

Coca-Cola Foundation Indonesia – Program PerpuSeru

Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bekerjasama dengan Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) sejak November 2011 menjalankan kerjasama untuk program PerpuSeru untuk mengembangkan perpustakaan umum di Indonesia, terutama perpustakaan umum pemerintah di tingkat kabupaten/kota menjadi pusat pembelajaran masyarakat.

Program ini bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran masyarakat berbasis teknologi informasi (TI) yang berkelanjutan sehingga masyarakat dapat mengakses informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan (outcome) pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.


Saat ini program PerpuSeru sedang memperluas cakupan area program di 99 kabupaten/kota di 17 provinsi di seluruh Indonesia sampai bulan Juli 2018. Pengembangan perpustakaan di tingkat lokal membutuhkan fasilitator-fasilitator di tingkat lokal yang selanjutnya disebut Fasilitator PerpuSeru yang berdomisili di tingkat lokal atau provinsi setempat, yaitu di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung,  Jawa Barat,  Jawa Tengah, Yogyakarta,  Jawa Timur,  Nusa Tenggara Barat,  Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Selatan,  Sulawesi Tenggara,  Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan Papua Barat Bali.


Coca-Cola Foundation Indonesia untuk program PerpuSeru saat ini membutuhkan segera posisi sebagai berikut:


Fasilitator PerpuSeru (kode FP)


Overview

Fasilitator PerpuSeru merupakan posisi paruh waktu untuk Program PerpuSeru dan merupakan fasilitator di tingkat lokal. Posisi ini bertanggung jawab membangun kapasitas perpustakaan kabupaten/kota dan kelurahan/desa melalui pelatihan dan mentoring terkait Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pelibatan Masyarakat, dan juga Advokasi untuk pengembangan Perpustakaan. Posisi ini akan bertanggung jawab kepada Program Coordinator untuk Program PerpuSeru- Coca-Cola Foundation Indonesia.

Kualifikasi:

  • Mempunyai pengalaman minimal tiga tahun dalam program-program community development (pemberdayaan masyarakat) di organisasi nirlaba.
  • Mampu mengoperasikan komputer dan internet.
  • Mempunyai pengalaman pendampingan kepada pemerintah daerah; lebih disukai yang berpengalaman melakukan pendampingan kepada pemerintah desa.
  • Mempunyai pengalaman memberikan pelatihan dan pendampingan dengan menerapkan metode dan prinsip pembelajaran orang dewasa.
  • Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan mampu menunjukkan sikap/ attitude yang baik dan positif.
  • Mempunyai passion dan minat yang tinggi untuk pengembangan perpustakaan
  • Bersedia untuk melakukan perjalanan ke luar daerah domisili
  • Bersedia bekerja di hari libur jika diperlukan
  • Dapat bekerja secara individu dan juga di dalam tim
Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV paling lambat tanggal 15 November 2015 dengan mencantumkan kode posisi melalui email rekrutmen-fp@perpuseru.org

Hanya kandidat yang memenuhi kriteria yang akan dihubungi.