loading...

Beasiswa Penuh S3 dari Pemerintah Swiss Tahun 2016

Pemerintah Swiss kembali membuka Swiss Government Excellence Scholarships. Beasiswa internasional yang ditujukan bagi mahasiswa asing, seperti Indonesia. Tahun ini tersedia Beasiswa Pemerintah Swiss 2016 – 2017 yang dapat diikuti untuk studi S3, postdoktoral, dan riset.

Kandidat yang terpilih akan memperoleh beasiswa S3 maksimum tiga tahun, beasiswa postdoktoral 12 bulan, dan beasiswa riset 12 bulan. Komponen beasiswa, di antaranya tunjangan bulanan 1.920 Swiss Franch, bebas biaya kuliah, asuransi kesehatan, lump sum untuk penerbangan, tunjangan khusus 300 Swiss Franch di awal beasiswa, kartu transportasi umum untuk tarif satu setengah tahun, bimbingan dan berbagai perjalanan, makan malam dan sejumlah tur wisata.


Pemerintah Swiss melalui Federal Comission for Scholarships for Foreign Students (FCS) memberi kebebasan bagi kandidat untuk memilih studi di 10 universitas Swiss, dua institut teknologi, pusat penelitian, maupun universitas-universitas ilmu terapan yang ada di negara tersebut.

Universitas umum:
University of Basel, University of Bern, University of Fribourg, University of Geneva, University of Lausanne, University of Lucerne, University of Neuchâtel, University of St.Gallen, University of Zurich, dan University of Lugano.

Institut teknologi:
Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL)
Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETHZ)

Lembaga penelitian:
Graduate Institute of International and Development Studies (IHEID)

Universitas ilmu terapan (hanya untuk postdoktoral dan riset):
University of Applied Sciences Western Switzerland, Bern University of Applied Sciences, University of Applied Sciences Northwest Switzerland, University of applied Sciences Eastern Switzerland, Lucerne University of Applied Sciences and Arts, University of Applied Sciences and Arts of Southern Switzerland, The Zürcher Fachhochschule.

Kriteria dan Persyaratan (S3):
  • Bergelar master atau setara yang diakui universitas Swiss
  • Usia saat mendaftar tidak lebih dari 35 tahun
  • Pelamar yang telah menetap di Swiss lebih dari satu tahun tidak memenuhi syarat
  • Surat (atau e-mail) dari seorang profesor di institusi di Swiss yang menyatakan kesediaannya untuk memberikan supervisi PhD. Pada kasus di mana PhD dijalankan dalam sebuah sekolah doktor terstruktur, pelamar harus memberikan surat penerimaan (admission letter) atau bukti bahwa Anda sedang dipertimbangkan untuk masuk.
  • Pelamar harus memiliki proposal penelitian termasuk jangka waktu (ini adalah bagian utama dari aplikasi).
  • Pelamar memiliki keterampilan bahasa yang diperlukan untuk studi PhD
  • Pelamar yang telah menerima beasiswa Pemerintah Swiss sebelumnya tidak berhak lagi mengajukan permohonan beasiswa kedua.
Dokumen aplikasi:
  • Formulir aplikasi FCS 2016/2017 (diketik dan dicetak)
  • Salinan ijazah beserta nilai (S1 dan S2) yang telah dilegalisir (Harus diterjemahkan jika aslinya tidak dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, atau Italia)
  • Dua (2) surat rekomendansi dari profesor di bidang pemohon. (Menggunakan formulir FCS)
  • Proposal penelitian lengkap (maksimal 5 halaman). (Menggunakan formulir FCS)
  • Motivation letter (maksimal 2 halaman)
  • Curriculum vitae beserta daftar publikasi akademik
  • Salinan konfirmasi dari seorang profesor dari perguruan tinggi di Swiss yang menyatakan kesediaannya untuk memberikan supervisi. Dalam kasus di mana PhD dijalankan dalam sebuah sekolah doktor terstruktur, pelamar harus memberikan admission letter atau bukti bahwa Anda sedang dipertimbangkan untuk masuk universitas.
  • Sertifikat sehat (menggunakan formulir FCS)
  • Salinan paspor
* Bagi Anda yang ingin mengajukan beasiswa postdoktoral dan riset dapat mengunduh persyaratan dan dokumen yang diperlukan di laman beasiswa Pemerintah Swiss.

Pendaftaran:
Formulir aplikasi lengkap beasiswa Pemerintah Swiss 2016/2017 bisa diperoleh di Kedutaan Besar Swiss di Jakarta atau dapat diminta melalui email: jak.vertretung@eda.admin.ch

Aplikasi dibuat rangkap 3 (tiga) kertas ukuran A4 dan dikirim ke:

Swiss Embassy in Jakarta
Jl.H.R. Rasuna Said Kav X3/2, 12950 Jakarta

Perlu dipahami bahwa pendaftaran beasiswa terpisah dari pendaftaran ke universitas. Pelamar perlu mengajukan aplikasi tersendiri untuk mendaftar ke universitas.

Informasi tambahan bisa menghubungi telp. +62215256061.



Pendaftaran paling lambat 11 Desember 2015. Kandidat yang lulus berkas akan mengikuti seleksi wawancara yang digelar Kedutaan Besar Swiss. Beasiswa akan dimulai 1 September 2016.