loading...

Lowongan Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat Laki-Laki Peduli - Jakarta

Rutgers WPF Indonesia adalah sebuah organisasi yang bekerja dalam bidang hak dan kesehatan seksual dan reproduksi (SRHR), dan kekerasan seksualitas berbasis gender (SGBV). Kami memiliki keahlian dan rekam jejak yang panjang dan bekerja di banyak negara di seluruh dunia. Rutgers WPF Indonesia terdiri dari 20 anggota tim yang dinamis. Kami bekerja sama dengan banyak organisasi mitra dalam mempromosikan SRHR dan mencegah SGBV di Indonesia.
 
 
Term of Reference
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT LAKI-LAKI PEDULI
 
 
 
1.  Latar belakang
 
Program Laki-laki Peduli sudah diimplementasikan di Indonesia sebagai bagian dari kampanye global MenCare+ sejak tahun 2013. Pada tahun pertama, kampanye berfokus pada pengenalan isu pelibatan laki-laki melalui duta MenCare+ yakni Lukman Sardi dan Ersa Mayori. Memasuki tahun kedua, kampanye berfokus pada konseling laki-laki dan juga pelibatan remaja laki-laki melalui kampanye maskulinitas positif dalam kemasan kampanye Generasi Jagoan.
 
Sejauh ini, kampanye MenCare+ di Indonesia relatif mendapatkan respon yang positif. Hal ini tidak terlepas dari pendekatan yang digunakan, yakni pelibatan laki-laki dalam pengasuhan dan tidak menggunakan pendekatan yang menyalahkan laki-laki sebagai pelaku kekerasan terhadap perempuan. Pendekatan ini terbukti efektif bisa menjangkau lebih banyak laki-laki untuk terlibat dalam upaya kami mewujudkan masyarakat yang lebih setara gender dan menghapus kekerasan terhadap perempuan.
 
Kegiatan kampanye ini adalah salah satu pendukung keseluruhan program MenCare+ di Indonesia. Kegiatan ini dimulai dari kampanye mendukung kegiatan pendidikan di komunitas, advokasi kebijakan, hingga mobilisasi kelompok ayah untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Tak kalah pentingnya adalah pelibatan remaja laki-laki baik di komunitas maupun sekolah untuk menghapus kekerasan dengan mendefinisikan ulang konsep maskulinitas.
 
Memasuki tahun 2015 sebagai tahun terakhir implementasi program MenCare+ di Indonesia, Rutgers WPF Indonesia sebagai koordinator program nasional akan mengadakan kampanye penutupan program yang diimplementasikan untuk sisa tahun 2015. Kampanye yang kami buat akan menyasar media audio visual melalui iklan dan tema yang kami pilih untuk penutupan ini adalah mengenai fatherhood.
 
Selama tahun 2013 dan 2014 kami berfokus pada peningkatan kesadaran masyarakat khususnya laki-laki tentang pentingnya pelibatan laki-laki untuk menghapus kekerasan, pengasuhan dan kesehatan perempuan. Di tahun penutupan ini, berdasarkan hasil pencapaian program Mencare+ kami perlu fokus kepada meningkatnya kesadaran kelompok ayah tentang pentingnya pelibatan laki-laki untuk lebih lanjut dalam mendukung perempuan mengakses layanan kesehatan. Berdasarkan hasil hasil tahun tahun sebelumnya kelompok ayah kurang terlibat dalam proses kehamilan pasangannya. Untuk itu kampanye ini membawa pesan yang mengajak mereka untuk turut terlibat bersama pasangan dalam proses kehamilan dan juga menjaga kesehatan ibu dan anak. Data menunjukan Indonesia adalah salah satu negara di mana Angka Kematian Ibu tergolong tertinggi di Asia Tenggara yakni 359 per 1000 kelahiran dan ini berarti Indonesia jauh tertinggal dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.
 
Selain itu, pencapaian tahun tahun sebelumnya masih kurang di outcome ‘increased use of contraceptives’ maka adalah penting mendorong laki-laki untuk terlibat aktif dalam penggunaan kontrasepsi. Berbicara kontrasepsi dalam konteks pasangan tidak akan terlepas dari relasi kuasa dan kesehatan reproduksi perempuan. Untuk itu kami ingin mempromosikan bahwa laki-laki yang peduli adalah yang turut menggunakan kontrasepsi dan tidak sepenuhnya mempromosikan kontrasepsi yang untuk perempuan saja. Pendekatan yang kami gunakan adalah yang positif terhadap seksualitas.
 
Untuk kebutuhan ini, kami mencari vendor rumah produksi yang mampu membuat dua iklan televisi dengan pendekatan yang populer namun tetap berpegang teguh pada substansi isu kesetaraan gender dan pelibatan laki-laki.
 
 
2.  Tujuan
 
a)    Mendorong kampanye di tingkat komunitas untuk peningkatan kesadaran masyarakat khususnya laki-laki tentang pentingnya pelibatan laki-laki untuk kesehatan ibu dan perempuan.
b)    Mendorong kampanye di tingkat komunitas untuk peningkatan laki-laki untuk terlibat aktif dalam penggunaan kontrasepsi.
 
 
3.  Ruang Lingkup Pekerjaan
 
Rumah Produksi akan bekerja berdasarkan rincian kerja berikut:
a).  Mengembangkan materi konsep untuk iklan layanan masyarakat yang terdiri dari dua konsep yang akan dieksekusi yakni (1) pelibatan kelompok ayah dalam mendukung pasangan mengakses layanan kesehatan mulai dari proses kehamilan hingga menjaga kesehatan ibu dan anak, (2) mempromosikan penggunaan kontrasepsi laki-laki dengan pendekatan yang positif terhadap seksualitas.
b).   Membuat naskah untuk keseluruhan iklan televisi.
c).   Membuat iklan televisi paling lambat 31 Juli 2015
 
 
4.  Keluaran
 
a). Inception report (7 hari setelah penandatangan kontrak), yg mencantumkan, rencana kerja, timeline, dan strategi yang akan ditempuh.
b). Konsep dan materi kampanye.
c). 2 iklan layanan masyarakat untuk televisi masing-masing 30 detik.
d). Laporan akhir kegiatan
 
5.  Metodologi
 
Pada saat permulaan pekerjaan, Rumah Produksi akan menelaah berbagai dokumen dan materi kampanye program laki-laki peduli. Setelah menelaah, Rumah Produksi akan membuat konsep kampanye yang kemudian diterjemahkan ke dalam timeline. Dalam kerjanya, Rumah Produksi akan berkoordinasi dengan Program Manager, Program Officer dan Communication Officer. Materi yang dibuat akan melalui evaluasi oleh PM dan Communication Officer untuk kemudian dieksekusi ke dalam materi kampanye yang akan disebar.
  
6.  Keahlian yang Dibutuhkan
 
Rumah Produksi akan dipilih berdasarkan keahliannya sebagai praktisi di bidang kampanye khususnya pembuatan iklan layanan masyarakat.
 
        Keahlian yang dibutuhkan :
a)  kemampuan untuk mengembangkan strategi kreatif kampanye,
b)  kemampuan untuk penulisan naskah materi kampanye.
c)  pengalaman sebagai praktisi komunikasi dengan beragam klien khususnya sosial.
 
 
7.    Cara Pembayaran
 
        Cara Pembayaran yang akan dilakukan untuk pekerjaan ini, sebagai berikut :
a).  Pembayaran termin pertama sebesar 20% dari total biaya, dibayarkan setelah penandatanganan kontrak.
b).  Pembayaran termin Kedua sebesar 20% dari total biaya,  setelah Laporan Awal diterima dan disetujui RutgersWPF.
c).  Pembayaran termin Ketiga sebesar 20% dari total biaya,  setelah konsep iklan diterima dan disetujui RutgersWPF.
d).  Pembayaran termin Ke-empat sebesar 20% dari total biaya, setelah draft iklan diterima dan disetujui RutgersWPF.
e).  Pembayaran termin Ke-lima sebesar 20% dari total biaya, setelah iklan diterima dan disetujui RutgersWPF.


 
8.    Cara Menyampaikan Penawaran
  
Rumah Produksi yang berminat, harap menyampaikan dokumen sebagai berikut :
a)    Portofolio yang memperlihatkan pengalaman yang relevan untuk pekerjaan ini.
b)    CV yang relevan dan Biaya.
 
Dokumen dikirimkan melalui e-mail ke :  recruitment.rutgerswpf.indo@gmail.com dengan mencantumkan posisi:  Kampanye MenCare+. Deadline pengiriman dokumen tanggal 30 Juni 2015.