loading...

Lowongan Konsultan Penguatan Kapasitas Mitra Untuk Penggunaan Aplikasi Mobilephone

OXFAM  

SEKILAS TENTANG OXFAM DI INDONESIA
Satu dari tiga penduduk dunia hidup dalam kemiskinan. Oxfam bertekad untuk mengubah kondisi tersebut dengan menggerakkan pemberdayaan masyarakat untuk memerangi kemiskinan. Di seluruh dunia, Oxfam berupaya untuk menemukan solusi-solusi praktis dan inovatif guna membantu masyarakat untuk keluar dari kemiskinan dan hidup lebih baik. Oxfam menyelamatkan kehidupan dari berbagai ancaman dan membantu mengembangkan penghidupan masyarakat di masa krisis. Oxfam juga melakukan kampanye secara luas agar suara kaum miskin mampu mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.  

Oxfam, dalam tiap upayanya, selalu bekerja bersama organisasi mitra serta bergandengan tangan dengan masyarakat rentan, baik perempuan maupun laki-laki,  untuk mengakhiri ketidakadilan yang menyebabkan kemiskinan.

Di Indonesia, Oxfam bekerja sejak tahun 1957 untuk membantu pengurangan kemiskinan serta memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh kaum miskin maupun kelompok rentan lainnya. OXfam telah menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai organisasi nasional dan lokal di berbagai wilayah di Indonesia guna memastikan pemenuhan hak perempuan atas penghidupan bekelanjutan, hak untuk menyuarakan kepentingan dan berpartisipasi dalam mengambil keputusan seta hak untuk memperoleh pelayanan sosial dasar, khususnya dalam pengurangan resiko kebencanaan. Salah satu titik tumpu kampanye Oxfam dalam mendorong keadilan ekonomi di Indonesia pada periode 2014-2015 adalah kampanye tentang pemenuhan hak atas pangan, khususnya bagi para penghasil pangan skala kecil, serta peningkatan kapasitas masyarakat dalam beradaptasi terjhadap perubahan iklim.


Konsultan Penguatan Kapasitas Mitra Untuk Penggunaan Aplikasi Teknologi Mobilephone

Latar Belakang

Oxfam di Indonesia melalui program – programnya bersama mitra dan pemerintah di daerah telah melaksanakan berbagai program yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan advokasi baik di nasional maupun di daerah untuk melaksanakan kerja-kerja kemanusiaan yang antara lain adalah Emergency Preparedness and Response, Building Resilience, Advokasi dan Kampanye. Dalam menjalankan programnya, Oxfam dan Mitra terus melakukan terobosan dan inovasi dalam pendekatannya dalam pemanfaatan teknologi agar dapat lebih efektif, efisien, dan tepat guna. Melihat adanya perkembangan teknologi ini OXFAM mulai mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk melakukan pendataan, monitoring dan evaluasi capaian-capaian program khususnya program-program kemanusiaan seperti penggunaan Epicollect, Kobocollect dan Mobinze untuk pendataan lapangan pada saat terjadi bencana, pendataan untuk monitoring perkembangan proyek, pendataan untuk baseline dan endline studi dan lainnya. Penggunaan aplikasi dapat mempermudah bagi Oxfam dan mitranya dalam mengimplementasikan program dan memantau langsung perkembangan program seperi pengumpulan data assessment saat terjadi bencana, pengumpulan data primer untuk penyusunan peta risiko bencana, yang dapat diintegrasikan dengan system database dan system informasi geografis. Untuk kebutuhan di atas Oxfam akan memfasilitasi mitra dan pemerintah daerah untuk melakukan pelatihan penggunaan aplikasi mobilephone untuk pengumpulan data secara online yang terstruktur dan tersistem dalam system informasi geografis.

Tujuan
Untuk memberikan peningkatan kapasitas kepada staff Oxfam, mitra dan pemerintah daerah wilayah kerja Oxfam tentang bagaimana penggunaan dan pengaplikasian teknologi untuk melakukan pendataan lapangan melalui aplikasi software dan mobilephone.
Hasil yang diharapkan
1.        Staff Oxfam dan mitra mampu memahami penggunaan aplikasi teknologi melalui software Mobenzi dan Kobo Collect untuk pendataan, melakukan monitoring program, membuat baseline dan endline survey 2.        Staff Oxfam dan mitra mampu menggunakan aplikasi teknologi untuk pengembangan programnya
3.        Ada focal point di masing-masing mitra sebagai trainer penggunaan aplikasi Mobenzi dan Kobo Collect
Metodologi
Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan menggunakan metode pemaparan, praktik, diskusi dan tanya jawab, serta simulasi kasus Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah Pelatihan Penggunaan Teknologi Mobilephone untuk Pendataan dan Monitoring kepada Mitra kerja Oxfam dari program Kemanusiaan ( termasuk Badan Penanggulanagan Bencana Daerah) sebanyak 25 orang untuk 2x pelatihan
Tugas dan tanggungjawab konsultan
·        Menyiapkan silabus dan rencana belajar untuk pelatihan serta jadwal materi
·        Meniapkan TOR Pelatihan
·        Menyiapkan bahan materi pelatihan
·        Membuat indicator untuk mengukur penyerapan materi, perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan praktek saat sebelum dengan saat sesudah dilatih
·        Memfasilitasi pelatihan, sebagai fasilitator dan trainer
·        Membuat evaluasi hasil pelatihan
·        Membuat laporan hasil pelatihan Mengelola budget anggaran yang diusulkan
·        Menyiapkan dan mengatur tempat, akomodasi dan transportasi peserta
·        Menyiapkan dan memberikan undangan kepada peserta
·        Menghubungi peserta pelatihan
·        Mengkomunikasikan progress persiapan pelaksanaan kepada Oxfam dan peserta pelatihan

Time Frame: 22 – 30Juni 2015


Proposal dan budget dapat dikirimkan melalui email ke jakarta@oxfam.org.uk
Batas pengiriman proposal: 12 Juni 2015, pukul 12.00.



Oxfam works with others to overcome poverty and suffering
Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.
Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.
A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)