loading...

Lowongan Konsultan Desk Study Tentang Isu Migran dan Perdagangan Manusia

KONSULTAN DESK STUDY TENTANG ISU MIGRAN DAN PERDAGANGAN MANUSIA

Palang Merah Indonesia (PMI)  bersama Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) memulai program “Rights of Migrants in Action” dengan dukungan Uni Eropa (EU).  Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah mengadakan Desk Study tentang isu migran dan perdagangan manusia (human trafficking) di Indonesia sebagai kelengkapan dari proyek. 

Tujuan desk study ini adalah menyediakan tinjauan dan analisis literatur yang komprehensif untuk menggambarkan situasi migran dengan terfokus pada tingkat perlindungan hak-hak mereka; serta menyoroti prevalensi dan sebab-sebab masalah perdagangan manusia dan buruh migran khususnya pembantu rumah tangga (domestic work migrant).

Audiens dari hasil laporan ini nantinya secara langsung adalah para organisasi masyarakat sipil atau OMS (pada tingkat negara dan DG.DEVCO. Secara tidak langsung, laporan ini nantinya menyasar pada organisasi dan lembaga lokal, regional dan internasional yang bekerja di bidang migran, pemerintah, serta publik pada umumnya.

PMI dan IFRC mencari konsultan eksternal yang dapat melaksanakan studi tersebut di atas.  Kegiatan studi ini akan dilaksanakan di bawah panduan dan supervisi PMI dengan dukungan dari Central Project Unit (CPU) proyek Righsts of Migrants in Action.

Lama studi adalah 2 (dua) bulan, diharapkan mulai April hingga Mei 2015 di Indonesia.

Kriteria konsultan:
  • Lulusan perguruan tinggi bidang ekonomi, sosisologi, atau yang terkait, lebih diutamakan lulusan doctoral (PhD).
  • Berpengalaman dalam riset kebijakan, analisis dan rekomendasi di bidang migran, ketenagakerjaan dan gender; 
  • Memiliki pengetahuan yang memadai tentang konteks kebijakan negeri, dengan referensi khusus tentang migrasi dan pembangunan sosial-ekonomi.
  • Berpengalaman bekerja dengan UN atau organisasi/donor internasional di area riset dan penyusunan laporan analitik; 
  • Trampil dalam menulis laporan (Bahasa Inggris)
Prosedur:
  • Kandidat yang berminat dapat menghubungi PMI Pusat (c/q Bapak John F. Mamoedi, kontak silakan lihat di bawah) untuk memperoleh copy TOR studi. 
  • Kandidat mengirimkan aplikasi mereka ke PMI Pusat (c/q Bapak John F. Mamoedi), dengan menyertakan: 
    • CV atau resume
    • Cover letter yang secara jelas dan ringkas memaparkan pengalaman kandidat dan kelayakannya untuk melakukan studi ini, jasa konsultasi yang diminta 
    • Tiga referensi 
    • Menyertakan sedikitnya satu contoh laporan tertulis yang mirip dengan penugasan desk study ini sebagaimana tergambar dalam TOR.

Kontak:
John F. Mamoedi
PMI Pusat
Telp: 021-7992325
HP: +62 813 1509 4954
E-mail: john_mamoedi@pmi.or.id