loading...

Fauna & Flora International Vacancy: Sub-Grant Officer - Aceh

Fauna & Flora International –  Aceh Office
Term of Conditions

Posisi: Sub-Grant Officer

Jenis Pekerjaan: Mendukung Proses Pelaksanaan Program Sub-Grant
Tipe Kontrak: Staf Kontrak
Supervisor: REDD Coordinator
Mulai Bekerja: 25 February 2015
Durasi Pekerjaan: 12 Bulan

Latar Belakang: 
Proyek “Transformasi Perubahan Iklim di Indonesia: Sebuah Pendekatan Multi-pihak” yang didanai oleh Uni Eropa, secara keseluruhan merupakan bagian dari komitmen Uni Eropa terhadap rezim perubahan iklim yang telah dibangun di Aceh dan Papua dan telah diinisiasi sejak tahun 2011. Pemerintah Aceh dan Papua telah mempelopori skema mitigasi perubahan iklim melalui inisiatif REDD+, perencanaan tata ruang, moratorium logging dan upaya untuk transisi ke ekonomi hijau. Hal ini tidak terlepas dari skenario dan kebijakan rezim perubahan iklim di tingkat nasional dan international.

Mengupayakan ekonomi hijau di Aceh membutuhkan persiapan-persiapan, termasuk di dalamnya mempersiapkan masyarakat yang mampu dan berdaya dalam menterjemahkan peran-peran yang melekat dalam diri mereka ke dalam proses transisi itu sendiri.  Para pihak mulai dari unsur Pemerintah, Pelaku Bisnis, para praktisi, akademisi, masyarakat adat, sudah saatnya mulai menentukan sendiri mekanisme seperti apa yang patut untuk dilakukan dalam konteks penerapan perannya.  Bercermin pada peran masyarakat, maka tidak terlepas kaitannya pada gerakan-gerakan peran yang dilakukan secara terorganisir dalam lembaga kemasyarakatan yang berkomitment dalam pengelolaan sumberdaya alam di Aceh.  Disadari peran masyarakat yang tertuang dalam tubuh organisasi kelembagaan mewarnai kompleksitas beragam pendekatan pengelolaan sumberdaya alam adil dan lestari.

Oleh karena itu, melalui program perubahan iklim dengan pendekatan multipihak ini, juga memberikan kesempatan bagi lembaga lokal di Aceh untuk turut berpartisipasi dalam menungkan ide, mewarnai gerakan-gerakan konservasi yang apik dan berdaya guna melalui skema sub-hibah.

Skema sub-hibah ini, diterjemahkan dalam konteks melakukan aksi bersama, aksi berkelanjutan dan aksi berdayamanfaat berbasis masyarakat lokal.  Dalam rangka menerapkan skema ini, akan dilakukan beberapa tahapan kegiatan baik administrasi maupun teknis, sehingga dalam implementasinya memiliki indikator capaian keberhasilan yang terukur, bernilai dan berkelanjutan.  Untuk mencapai tujuan dan makna tersebut maka, Fauna & Flora International membutuhkan 1 (satu) orang konsultan untuk mendukung persiapan dengan detil pekerjaan sebagaimana termaktub dalam kerangka acuan dalam dokumen ini.

Deskripsi Pekerjaan
Pekerjaan ini akan mencapai tujuan sebagaimana dijelaskan di atas, dengan detil pekerjaan mencakup hal-hal sebagai berikut:
  • Mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan Pelatihan terkait dengan kebutuhan peningkatan kapasitas 10 lembaga Penerima sub-hibah (Pelatihan Nursery dan Pengelolaanya, Pelatihan terkait dengan Aturan Adat, Monitoring dan Patroli Sumberdaya, Gender Mainstreaming, Pelatihan PRA, Mainstreaming Perubahan Iklim dalam kaitannya dengan Perencanaan).
  • Melakukan penilaian dan Fasilitasi Sub-grant untuk kegiatan yang terkait pengembangan “Hutan Desa”.
  • Melaksanakan pendampingan teknis terkait dengan tujuan dan capaian program sebagaimana kebutuhan implementasi sub-hibah.
  • Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Sub-hibah yang dilakukan oleh 10 lembaga penerima sub-hibah.
  • Melakukan supervisi secara regular dan atau terjadwal pada lokasi kegiatan pelaksanaan 10 program sub-hibah.
  • Membuat laporan narasi terkait dengan perkembangan dan proses yang terjadi selama program sub-hibah yang dilaksanakan oleh 10 lembaga penerima sub-hibah.
  • Melakukan pendokumentasian terhadap proses pembelajaran yang terlaksana pada 10 program sub-hibah sebagai bahan utama pembuatan buku Lesson Learnt Sub-Hibah Adaptasi & Mitigasi Perubahan Iklim.
  • Melapor kepada REDD Coordinator.
  • Berkoordinasi dengan Bagian Administrasi, Bagian Keuangan, Bagian Biodiversity dan GIS.
Output
  • Terlaksananya pelatihan tematik yang dibutuhkan oleh 10 lembaga penerima sub hibah  yaitu ( Nursery dan Pengelolaanya, Pelatihan terkait dengan Aturan Adat, Monitoring dan Patroli Sumberdaya, Gender Mainstreaming, Pelatihan PRA, Mainstreaming Perubahan Iklim dalam kaitannya dengan Perencanaan). 
  • Terfasilitasinya kegiatan-kegiatan livelihood pengembangan “Hutan Desa” melalui kegiatan sub-grant hutan desa.
  • Kegiatan Sub-Hibah memperoleh dampingan, termonitor dan ter-evaluasi dengan baik sesuai dengan visi dan misi program.
  • Lembaga penerima sub-hibah memperoleh peningkatan kapasitas secara simultan baik melalui pelatihan maupun mellaui supervisi yang dilakukan oleh FFI Aceh.
Kriteria Sub-Grant Officer   
  • Sarjana S1 (diutamakan yang memiliki latar belakang ilmu Kehutanan, Ilmu Pertanian, Komunikasi) 
  • Memiliki pengalaman dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan pelatihan terkait dengan konservasi sumberdaya alam dan penguatan lembaga lokal min 3 Tahun.
  • Memiliki kemampuan mempersiapkan desain beserta dengan indikator yang terukur untuk aktifitas monitoring dan evaluasi kegiatan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan para pihak tidak terbatas pada lembaga lokal penerima sub-hibah namun juga masyarakat, tokoh adat, pemerintah dan lainnya.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan menyajikan laporan narasi.
Lamaran & CV dikirimkan  ke email:  hrdffi01@gmail.com  paling lambat 6 Februari 2015  Pukul 16.00 Wib.

Kami hanya akan mewawancarai  para pelamar yang memenuhi kriteria/kualifikasi .