loading...

Lowongan M&E Assistant - Program FEED Mobile di Indramayu

M&E Assistant - Program FEED Mobile

Latar Belakang
Menurut Badan Pusat Statistik 2011, lebih dari 31 juta pekerja dari total jumlah 108 juta tenaga kerja di Indonesia adalah petani skala kecil. Oleh sebab itu, Indonesia menjadi pusat perhatian bagi Mercy Corps Indonesia dalam hal pertanian.Pada tahun 2012, ketika lahirnya program pertanian di Mercy Corps, riset menunjukan bahwa betapa pentingnya bagi para petani untuk meningkatkan pengetahuan financial dan digital mereka melalui perangkat mobile terbaru. Secara global, pendidikan keuangan telah bergerak ke era digital.Isu yang berhubungan dengan ini, pendidikan keuangan melalui digital ditargetkan untuk kalangan atas dan belum pernah dicoba di Indonesia. Penemuan terbaik menyarankan bahwa penggunaan digital hanyalah untuk tahapan pertama.Bahkan, pemahaman yang lebih tentang bagaimana cara pengguna digital menghadapi teknologi dan bagaimana cara mereka mempelajari adalah hal yang sangat krusial dalam hal mengembangkan platform digital yang sukses untuk pendidikan keuangan dan digital. Mercy Corps Indonesia telah menciptakan pengajaran dan metodologi atas keperluan petani Indonesia.Secara unik, Mercy Corps Indonesia telah diposisikan untuk mengambil tantangan ini melalui ide yang inovatif, yaitu Program Pengembangan Pendidikan Keuangan melalui Digital dan Mobile untuk Petani (FEED Mobile).
Garis Besar Pekerjaan
M&E Assistant memiliki tanggung jawab sebagai perpanjangan tangan M&E Coordinator, dan bersedia untuk melakukan perjalanan dinas ke Indramayu serta berkoordinasi dengan pihak-pihak yang bekerjasama dalam program FEED Mobile.  Diluar tanggung jawab tersebut M&E Assistant juga diharapkan mengerti dan dapat mengkoordinir berbagai kegiatan atau event di lapangan, dan juga menangani kebutuhan untuk media campaign program FEED Mobile.

Lingkup Pekerjaan
Monitoring & Evaluation Assistant bertanggung jawab terhadap beberapa hal berikut ini:
  • Melakukan monitoring / pengawasan kepada kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan di 31 kecamatan yang terdapat di Indramayu. Yaitu pada pelaksanaan pelatihan tahap 1 ( bulan Desember ), tahap 2 ( bulan Januari 2015 ), Tahap mentoring dan close monitoring ( Februari – April 2015 )
  • Memastikan terlaksananya kegiatan monitoring pada wilayah focus kerja FEED Mobile yang berfokus kepada perubahan perilaku keuangan pada  (1000 petani) dari 5000 petani yang dilatih untuk kemudian dipilih menjadi 500 petani yang paling menunjukkan result statement dari program FEED Mobile.
  • Memberikan asistensi dalam pengumpulan data beneficiaries, dan juga asistensi dalam penyusunan report program.
  • Melakukan koordinasi dengan BKP3 dan juga penyuluh lapangan untuk memastikan jadwal pelatihan dan pencapaian target.
  • Turut memastikan setiap komponen kegiatan program terlaksana sesuai dengan ketentuan.
  • Memberikan asistensi dalam persiapan komponen media campaign ( pembuatan materi, pengaturan jadwal, dll ) program FEED Mobile dengan partner media. M&E assistant diharuskan memahami berbagai media tools untuk dapat membantu produksi media campaign program.
WaktuPelaksanaan
Desember 2014 – Juli 2015 ( 7 bulan )

Kirimkan CV dan Aplikasi ke procurement@id.mercycorps.org paling lambat 19 Desember 2014.

Terima kasih