loading...

Lowongan Fotografer “Laki-laki Peduli” - Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur

Rutgers WPF Indonesia adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang bekerja di bidang kesehatan reproduksi, seksualitas, dan gender. Kami bekerja bersama mitra yang tersebar dari di lebih dari 7 provinsi di Indonesia. Saat ini kami sedang mencari fotografer untuk mendukung program “Laki-laki Peduli”

Kerangka acuan fotografer “Laki-laki Peduli”

1.   Latar Belakang
Program Laki-laki Peduli adalah program global di 4 negara yakni Indonesia, Rwanda, Brazil, dan Afrika Selatan. Program ini diadaptasi dari program MenCare+ yang didukung oleh kementrian luar negeri Belanda sejak tahun 2013. Pada 2014, program Laki-laki Peduli sudah memasuki tahun kedua dan begitu juga dengan kampanyenya. Jika pada tahun sebelumnya kampanye difokuskan pada pengenalan program, di tahun kedua ini kampanye diperdalam dengan membawa isu nasional yang berakar dari kekhasan isu di empat wilayah yang menjadi intervensi program yakni Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kegiatan kampanye untuk program Laki-laki Peduli berada dalam wilayah Result Area 1 yakni membuka akses informasi bagi remaja laki-laki dan pengasuh serta mendorong mereka untuk membuat keputusan yang lebih sehat terkait seksualitas, hubungan, kesehatan ibu, dan pengasuhan. Lebih jauh lagi, mendorong organisasi yang terlibat dalam program ini untuk membuat materi kampanye di dalam isu keluarga berencana, keayahan, dan pengasuhan.

Berdasarkan laporan global MenCare+ 2013, program kampanye di Indonesia telah menjangkau sebanyak 262.767 orang selama 2013. Hingga akhir 2015 target yang diharapkan tercapai adalah sebanyak 344.000 orang. Kontribusi di Result Area 1 ini berdampak secara tidak langsung kepada capaian di Result Area 4 yakni pembentukan lingkungan yang menghormati dan melindungi hak-hak seksual dan reproduksi kelompok yang selama ini haknya terabaikan yakni perempuan dan anak.

Kegiatan kampanye ini adalah bagian pendukung keseluruhan program MenCare+ di Indonesia. Konsep dan identitas kampanye harus diejawantahkan secara komprehensif di keseluruhan materi komunikasi oleh mitra. Harapannya pesan dari kampanye ini dapat diinternalisasi oleh penerima pesan dan manfaat program.

Dalam strategi komunikasi lanjutan, mitra sudah membuat rencana per wilayah namun untuk kampanye nasional diperlukan strategi yang merangkum semua pesan yang berbeda di empat wilayah ini. Untuk mendukung kampanye khususnya materi kampanye, kami membutuhkan stok foto untuk kampanye ayah dan kelompok remaja. Untuk tujuan ini, diperlukan seorang fotografer untuk melakukan pengambilan gambar yang berasal langsung dari pengalaman ayah dan remaja. Hasil foto akan digunakan di berbagai materi kampanye selama 2014 – 2015. Fotografer akan bekerja langsung dengan tim MenCare+ di RutgersWPF Indonesia

2.   Tujuan
  • Melengkapi materi foto untuk materi kampanye di tingkat nasional 
3.   Ruang lingkup pekerjaan 
Fotografer akan bekerja berdasarkan rincian kerja berikut:
  • Menerjemahkan konsep foto yang diinginkan Rutgers WPF Indonesia dalam program Laki-Laki Peduli ke dalam materi fotografi.
  • Membuat foto di lapangan, yakni di daerah intervensi, namun tidak terbatas di DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Lampung, dan Jawa Timur.
4.   Keluaran 
  • 50 Foto untuk 2 kelompok : ayah dan remaja laki-laki
Ayah
  • Ayah yang terlibat aktif dalam pekerjaan domestik, pengasuhan anak, menemani istri yang hamil ke layanan kesehatan, mengantar anak ke puskesmas atau hadir pada saat istri bersalin. 
  • Ayah, ibu, dan anak melakukan kegiatan bersama dalam satu frame, bisa berupa olahraga, kegiatan domestik, outbond, dan lainnya
Remaja laki-laki
  • Remaja laki-laki yang melakukan aktivitas olahraga, hobi, dan menunjukan keakraban 
5.   Metodologi 
Pada saat permulaan konsultasi, fotografer akan menelaah keseluruhan strategi program Laki-laki Peduli. Setelah menelaah, fotografer akan membuat usulan konsep untuk kemudian diterjemahkan ke dalam materi foto. Dalam kerjanya, konsultan akan berkoordinasi dengan PM MenCare+ dan Communication Officer.

6. Keahlian yang dibutuhkan 
Konsultan dipilih berdasarkan keahliannya sebagai fotografer profesional. Keahlian yang dibutuhkan oleh fotografer ini adalah:
  • Pengalaman sebagai fotografer dengan spesialisasi laki-laki dan keluarga 
7.   Lini masa 
1  – 15 Januari 2015 : fotografer mengumpulkan foto serta menunjukkan hasilnya pada RutgersWPF.

8.    Cara melamar konsultasi ini
Konsultant yg berminat diundang untuk mengirim aplikasi:
  • Tulisan pendek berisi expression of interest (maksimal 2 halaman) menjelaskan pemahaman terhadap pekerjaan, langkah, dan pendekatan yang akan digunakan dalam implementasi konsultasi ini termasuk timeline, ketersediaan waktu, dan budget yang diajukan.
  • Curriculum Vitae.
  • Portofolio yang relevan, dengan daftar tugas yang serupa serta hasil karya yang sebelumnya
Aplikasi dikirimkan melalui e-mail ke recruitment.rutgerswpf.indo@gmail.com dengan mencantumkan posisi:  Konsultan kampanye Laki-Laki Peduli. Deadline aplikasi ini adalah 30 Desember 2014.