loading...

Lowongan Fasilitator Pelatihan Keorganisasian dan Manajemen Proyek KSB Based In Lembang - Bandung Barat

Latar Belakang:
Indonesia harus menghadapi bencana yang terus meningkat dalam skala dan intensitas dari tahun ke tahun seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, tanah longsor, banjir, kekeringan dan angin topan. Perubahan iklim ikut memperparah bencana-bencana tersebut. efek dari bencana adalah hilangnya nyawa manusia, rusaknya ekonomi dan lingkungan.

Ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana sangat diperlukan, seperti dengan cara dibentuknya rencana pengurangan risiko bencana dan mitigasi. Ada beberapa cara untuk mencapai tujuan tersebut, diantaranya pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB).

Program DRIVE-C saat ini telah membentuk KSB di Desa Laksanamekar. KSB terbentuk telah melakukan assessment kajian kerentanan atau Vulnerability Capacity Assessment (VCA). Selanjutnya berdasarkan hasil dari VCA tersebut telah dituang dalam penyusunan Rencana Aksi Komunitas (RAK) dalam mengurangi risiko bencana, kegiatan ini dilakukan melalui forum pertemuan tingkat desa yang dihadiri oleh unsur perwakilan masyarakat.

Pelatihan keorganisasian dan manajemen proyek adalah usaha Program DRIVE-C untuk meningkatkan kapasitas keorganisasian KSB dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola proyek agar RAK yang telah dibuat mampu diimplementasikan secara mandiri oleh KSB bersama masyarakat dan pemerintah Desa Laksanamekar.

Garis Besar Pekerjaan:
Lembaga yang ditunjuk sebagai penyedia fasilitator, menunjuk tim untuk membawakan materi pelatihan keorganisaasian dan manajemen proyek selama dua hari dengan rumusan materi yang telah disepakati.
 
Lingkup Pekerjaan:
Membawakan/menyampaikan materi-materi pelatihan kepada peserta dengan baik  sesuai dengan rumusan dan waktu yang telah disepakati.
 
Pekerjaan Pokok:
Pekerjaan pokok lembaga penyedia fasilitator adalah sebagai berikut:
  • Mempersiapkan materi-materi pelatihan yang akan dibawakan sesuai rumusan materi yang disepakati;
  • Merumuskan materi untuk baseline dan endline pelatihan pada dua materi pokok yaitu keorganisasian dan manajemen proyek;
  • Menunjuk tim untuk membawakan materi-materi pelatihan sesuai rumusan dan perencanaan waktu yang telah disepakati;
  • Melakukan pelaporan hasil kegiatan pelatihan.
Keluaran:
  • Menyelesaikan penyampaian materi-materi pelatihan keorganisasian dan manajemen proyek;
  • Menyelesaikan laporan pelatihan dan hasil penilaian kemampuan peserta sebelum dan setelah mendapatkan pelatihan.
Lokasi:
Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat

Waktu Pelaksanaan:
18-19 Oktober 2014
 
Closing date:
Kirimkan aplikasi dan CV ke procurement@id.mercycorps.org sebelum 16 Oktober 2014.

Terima kasih.