Kerangka
Acuan
Konsultan Kampanye “Laki-laki Peduli”
1. Latar belakang
Program Laki-laki Peduli sudah memasuki tahun kedua dan begitu juga dengan kampanyenya. Jika pada tahun sebelumnya kampanye difokuskan pada pengenalan program, di tahun kedua ini kampanye diperdalam dengan membawa isu nasional yang berakar dari kekhasan isu di empat wilayah yang menjadi intervensi program yakni Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.
Kegiatan kampanye untuk program Laki-laki Peduli berada dalam wilayah Result Area 1 yakni membuka akses informasi bagi remaja laki-laki dan pengasuh serta mendorong mereka untuk membuat keputusan yang lebih sehat terkait seksualitas, hubungan, kesehatan ibu, dan pengasuhan. Lebih jauh lagi, mendorong organisasi yang terlibat dalam program ini untuk membuat materi kampanye di dalam isu keluarga berencana, keayahan, dan pengasuhan.
Berdasarkan laporan global MenCare+ 2013, program kampanye di Indonesia telah menjangkau sebanyak 262.767 orang selama 2013. Hingga akhir 2015 target yang diharapkan tercapai adalah sebanyak 344.000 orang. Kontribusi di Result Area 1 ini berdampak secara tidak langsung kepada capaian di Result Area 4 yakni pembentukan lingkungan yang menghormati dan melindungi hak-hak seksual dan reproduksi kelompok yang selama ini haknya terabaikan yakni perempuan dan anak.
Kegiatan kampanye ini adalah bagian pendukung keseluruhan program MenCare+ di Indonesia. Konsep dan identitas kampanye harus diejawantahkan secara komprehensif di keseluruhan materi komunikasi oleh mitra. Harapannya pesan dari kampanye ini dapat diinternalisasi oleh penerima pesan dan manfaat program.
Dalam strategi komunikasi lanjutan, mitra sudah membuat rencana per wilayah namun untuk kampanye nasional diperlukan strategi yang merangkum semua pesan yang berbeda di empat wilayah ini. Sebagai gambaran, PKBI Lampung dan Yayasan Pulih akan memfokuskan pesan kampanyenya di isu pengasuhan pada kelompok ayah, sedangkan PKBI Jatim akan berfokus di penggunaan kontrasepsi oleh laki-laki, dan Rifka Annisa akan menyasar di isu pernikahan dini. Di sisi lain, di dalam keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh mitra, belum semuanya menggunakan branding program MenCare+ dengan komprehensif.
Untuk mendukung ini, berdasarkan workshop komunikasi lanjutan mitra MenCare+ menyatakan kebutuhan akan asistensi dari konsultan praktisi komunikasi yang bisa membantu mereka menyempurnakan perencanaan dan konsep kampanye Laki-laki Peduli. Konsultan kampanye laki-laki penduli diperlukan untuk mempertajam dan menelaah perencaan mitra, memberikan masukan, dan akhirnya merangkum keseluruhan kampanye yang dibuat oleh mitra dan mensinergikannya dengan visi dari program MenCare+. Konsultan akan bekerja langsung dengan tim MenCare+ di RutgersWPF Indonesia dan mitra pelaksana yakni PKBI Lampung, Yayasan Pulih, Rifka Annisa, dan PKBI Jawa Timur.
2. Tujuan
- Mengembangkan materi konsep dan materi kampanye di tingkat nasional berdasarkan strategi yang sudah dibuat di tingkat provinsi
- Membimbing dan memperkuat kapasitas mitra MenCare+ di tingkat provinsi untuk mempertajam materi eksekusi kampanye
Konsultan akan
bekerja berdasarkan rincian kerja berikut:
- Merangkum konsep per provinsi dan mengintegrasikan pesan kampanye dalam tingkat nasional
- Membuat naskah untuk keseluruhan materi kampanye nasional
- Mengasistensi mitra program Laki-laki Peduli dalam mengembangkan materi kampanye
- Konsultan membuat laporan akhir kegiatan ketika seluruh materi sudah selesai dibuat sebelum 31 Oktober 2014. Laporan ini berisi detail hasil dari kegiatan yang berupa berbagai materi komunikasi. Termasuk di dalamnya pembelajaran yang didapat dalam menyusun materi baik kampanye nasional maupun kampanye di tingkat provinsi oleh mitra.
Materi
ini nantinya akan mencakup antara lain:
- Poster
- Handbook program
- Factsheet
- Brosur program, map folder
- Infografis
- Notebook
- Goody bag
- Pin
- Stiker
- Topi
- T-shirt
- Radio ad
- Template untuk brosur di klinik
- Gantungan kunci
- Mug
- Kaos
- Rompi untuk fasilitator mencare
- Inception report (7 hari setelah penandatangan kontrak), yg mencantumkan, rencana kerja, timeline, dan strategi yang akan ditempuh.
- Konsep dan materi kampanye tingkat nasional
- Laporan akhir kegiatan
- Poster
- Handbook program
- Factsheet
- Brosur program, map folder
- Infografis
- Notebook
- Goody bag
- Pin
- Stiker
- Topi
- T-shirt
- Radio ad
- Template untuk brosur di klinik
- Gantungan kunci
- Mug
- Kaos
- Rompi untuk fasilitator mencare
Pada saat permulaan konsultasi, konsultan akan menelaah keseluruhan strategi mitra program Laki-laki Peduli. Setelah menelaah, konsultan akan membuat rangkuman strategi untuk kemudian diterjemahkan ke dalam strategi nasional yang akan dituangkan ke dalam materi cetak dan online. Dalam kerjanya, konsultan akan berkoordinasi dengan PM MenCare+ dan Communication Officer. Materi yang dibuat akan melalui evaluasi oleh PM dan Communication Officer untuk kemudian dieksekusi ke dalam materi kampanye yang akan disebar.
6. Keahlian yang dibutuhkan
Konsultan dipilih berdasarkan keahliannya sebagai praktisi di bidang periklanan dan kampanye pemasaran.
Keahlian yang dibutuhkan oleh konsultan ini adalah:
- Kemampuan untuk mengembangkan strategi kreatif kampanye,
- Kemampuan untuk penulisan naskah materi kampanye.
- Pengalaman sebagai praktisi komunikasi dengan beragam klien mulai dari produk komersil hingga kampanye sosial.
- Memahami program Mencare+
25 – 29 Aug : penelaahan dan pengembangan konsep kampanye nasional
2 Sep : presentasi pertama
19 Sep : finalisasi seluruh ide kampanye nasional
1 - 19 Sep : asistensi mitra
19 Sep : finalisasi materi kampanye termasuk disain
22 – 26 Sep : final proofread
27 – 29 Sep : cetak materi
31 Okt : laporan akhir telah disetujui
8. Cara melamar untuk konsultasi ini
Konsultant yg berminat diundang untuk
mengirim aplikasi:
- Tulisan pendek berisi expression of interest (maksimal 2 halaman) menjelaskan pemahaman terhadap pekerjaan, langkah, dan pendekatan yang akan digunakan dalam implementasi konsultasi ini termasuk timeline, ketersediaan waktu, dan budget yang diajukan.
- CV yang relevan dengan konsultasi ini.
- Portofolio yang relevan.
Deadline aplikasi ini adalah 23 Agustus 2014