loading...

Yayasan BaKTI Membuka 3 Posisi Lowongan Pekerjaan, Penempatan di Makassar

YAYASAN BAKTI JOB VACANCIES 2014

LATAR BELAKANG PROGRAM
Keterwakilan perempuan di parlemen masih menjadi perbincangan hangat dan perdebatan seru. Meskipun telah banyak perempuan di parlemen dan menjadi pengurus partai politik di semua jajaran, tidak membuat membuat kondisi perempuan lebih baik karena realitas keterwakilan perempuan di parlemen dan partai politik saat ini, dinilai belum merepresentasikan perjuangan kaum perempuan. Banyak perempuan yang dipilih misalnya karena soal ketenaran dan menjadi sekedar pelengkap untuk memenuhi kuota 30% saja. Padahal banyak perempuan-perempuan lain yang sebenarnya punya kemampuan lebih dan tahu persoalan-persoalan perempuan tetapi mereka tidak memiliki akses atau kesempatan untuk terlibat dalam partai politik dan di parlemen.

Dari berbagai sumber kajian akademik terlihat bahwa sampai saat ini, masih banyak daerah yang dalam penyusunan anggarannya belum menerapkan asas-asas responsif gender. Tajuk berita beberapa media regional di KTI di awal 2012 menunjukkan perjuangan para legislator perempuan untuk meloloskan rancangan perda mengenai anggaran yang responsif gender. Sementara di tingkat kementerian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan serta enam kementerian lain sudah menerapkan anggaran yang responsif gender di lingkup kerjanya.

Yayasan BaKTI dengan dukungan Australian Aid telah melakukan “Penelitian Kebutuhan, Penguatan Kapasitas Yang Telah Diikuti dan Hasil Kerja Perempuan Parlemen” dan “Survey Harapan Masyarakat Terhadap Anggota Parlemen Perempuan (APP)”. Hasil Penelitian tersebut, mendapatkan temuan-temuan berupa kendala seperti kendala internal dan eksternal yang dihadapi dan dialami APP dalam menjalankan tupoksinya.

Kendala internal seperti kurangnya rasa percaya diri APP untuk mengemukakan gagasan di depan orang banyak, rendahnya kapasitas dalam mengidentifikasi dan mengemas issu, kurangnya pemahaman tentang prosedur pelaksanaan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan. Selain itu, juga ditemukan kendala internal secara kelembagan seperti kurangnya realisasi inisiatif akibat tidak adanya dukungan dari fraksi mayoritas oleh karena kepentingan yang berbeda.

Hal-hal tersebut diatas mendasari Yayasan BaKTI bersama jaringannya mengusung program “Penguatan Kapasitas Anggota Parlemen Perempuan dalam Memperjuangkan Kebijakan yang Berpihak pada Perempuan dan Masyarakat Miskin”. Program ini dilaksanakan di bawah program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan) yang didanai oleh Australian Aid melalui Cowater Internationa l Inc. pada 9 (sembilan) provinsi di kawasan timur Indonesia. Tahun pertama telah berprogram pada 3 (tiga) Provinsi yaitu NTB , Sulsel dan Maluku serta akan bekerja dengan LSM/Ornop sebagai Mitra Daerah yang berfokus pada 5 (lima) tema MAMPU yaitu:
  • Meningkatkan akses perempuan terhadap program perlindungan sosial pemerintah
  • Penguatan kepemimpinan perempuan untuk kesehatan reproduksi dan kesehatan ibu hamil;
  • Memperkuat kepemimpinan perempuan untuk menguruangi kekerasan terhadap perempuan;
  • Memperbaiki kondisi untuk buruh migrant;
  • Meningkatkan terhadap pekerjaan dan menghapus diskriminasi di tempat kerja) di masing-masing wilayah.
Tahun ke 2 (dua) akan melakukan penambahan wilayah program pada 6 (enam) propinsi tambahan yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Selain pada propinsi baru tersebut juga akan melakukan pemetaan kelembagaan calon mitra pada 3 (tiga) propinsi yang telah berjalan saat ini.

Untuk pelaksanaan program tersebut, saat ini Yayasan BaKTI sedang mencari staf program dan konsultan untuk posisi: Program Assisstant, Program Officer dan Konsultan Pemetaan Kelembagaan.

PROGRAM ASSISSTANT MAMPU (PA)

Program Assisstant bertanggung jawab langsung kepada Program Officer, dengan tugas kualifikasi sebagai berikut:

Tugas
  • Bertanggung jawab untuk mendokumentasikan segala dokumen program MAMPU, seperti Laporan-laporan narasi dari mitra daerah, foto, kliping, dan segala publikasi pelaksanaan program.
  • Membantu Program Officer mengumpulkan laporan narasi kegiatan dan dokumen-dokumen program lain yang di butuhkan.
  • Membuat dan mengajukan permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan perjalanan untuk keperluan program bersama dengan Program Officer.
  • Mempersiapkan kelengkapan administrasi dan keuangan untuk pelaporan kegiatan.
  • Membantu Program Officer mengelola SMS Gateway dan Media on line Pintar MAMPU.
  • Membantu Program Officer MAMPU berkaitan dengan surat-menyurat, mengorganisir kegiatan, mengorganisir transportasi, akomodasi, pemesanan penerbangan dalam rangka pelaksanaan program.
  • Membuat terjemahan Indonesia – Inggris dan sebaliknya.
  • Melakukan tugas lain yang diminta supervisor dan atau line manager.
Kualifikasi
  • Minimum S1 bidang ilmu sosial, ekonomi atau bidang lain yang relevan.
  • Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang administrasi dan program.
  • Terampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan Administrasi dan pelaporan.
  • Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
  • Self initiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minimu.
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam tim dengan baik.
PROGRAM OFFICER MAMPU (PO)

Program Officer akan bertanggung jawab kepada Program Manager MAMPU BaKTI

Tugas
  • Memastikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan program sesuai dengan rencana kegiatan yang telah ditetapkan.
  • Menggantikan peran Program Manager MAMPU jika berhalangan.
  • Melakukan koordinasi pelaksanaan program dengan Mitra Daerah.
  • Mengumpulkan laporan-laporan narasi dari Mitra Daerah.
  • Membuat laporan narasi program sesuai dengan periode yang telah ditentukan.
  • Membuat analisa terhadap media monitoring yang dikumpulkan oleh Admin Assistant.
  • Mengidentifikasi dan mendokumentasikan praktik-praktik cerdas.
  • Menjadi moderator mailing list Program MAMPU BaKTI.
  • Melakukan koordinasi dengan Unit Komunikasi BaKTI mengenai informasi dan pengetahuan yang diterima dan didiseminasikan baik kepada Mitra BaKTI Program MAMPU maupun pihak lain.
  • Membuat database terkait dengan Program MAMPU.
  • Mereview permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan perjalanan untuk keperluan program yang diajukan oleh Admin Officer MAMPU.
  • Membuat terjemahan Indonesia – Inggris dan sebaliknya.
  • Melakukan tugas lain yang diminta supervisor atau dan line manager
Kualifikasi
  • Minimum S1 bidang ilmu sosial, ekonomi atau bidang lain yang relevan.
  • Berpengalaman minimal 4 tahun dalam pengelolaan program.
  • Trampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
  • Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
  • Self Initiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minimum.
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam tim dengan baik.
KONSULTAN PEMETAAN KELEMBAGAAN (PK)

Bertanggungjawab kepada Program Manager MAMPU

Tugas (dilakukan pada 9 (Sembilan) propinsi)
  • Melakukan Pemetaan dan Asesmen Kelembagaan dari sisi konsen/fokus program, hasil-hasil pengelolaan program berupa output, outcome dan kebijakan yang pernah didorong maupun telah dihasilkan, manajemen dan staffing, SDM yang tersedia meliputi jumlah dan kapasitas staf, manajemen pengelolaan keuangan.
  • Melakukan pemetaan/ identifikasi Anggota DPRD terpilih berdasarkan jenis kelamin, dapil, partai dan peroleh suara masing-masing.
  • Menyusun laporan tentang hasil pemetaan organisasi CSO/NGO dan Anggota DPRD terpilih sebagaimana point 1 dan 2. Draft laporan hasil asesmen akan di konsultasikan terlebih dahulu sebelum di finalisasi.
Kualifikasi
  • Minimum berkualifikasi S1 bidang ilmu sosial, ekonomi atau bidang lain yang relevan.
  • Berpengalaman minimal 4 (empat) tahun melakukan asesmen kelembagaan dan keorganisasian CSO/NGO.
  • Berpengalaman minimal 5 (lima tahun) mengelola/ melaksanakan program dan advokasi Kebijakan.
  • Terampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
  • Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
  • Self Initiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minimum.
LOKASI DAN DURASI
  • Posisi PA, PO dan Konsultan PK adalah local hired dan akan berbasis di Kantor Yayasan BaKTI MAMPU di Makassar, Indonesia.
  • Durasi kerja untuk posisi PA dan PO ini dimulai 10 Juni – 10 September 2014 dengan kemungkinan perpanjangan, tergantung pada kinerja
  • Untuk Posisi Konsultan PK akan bekerja selama 30 hari kerja dalam rentang 10 Juni – 10 September 2014 pada 9 propinsi wilayah program dan calon wilayah program (tambahan).
  • Yayasan BaKTI membuka kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan akan dipilih berdasarkan prestasi melalui proses perekrutan sesuai standard Yayasan BaKTI tanpa membedakan latar belakang etnis, jenis kelamin, kondisi fisik, status sosial, orientasi seksual atau keyakinan agama.
Bagi yang berminat dan merasa memenuhi kualifikasi diatas, silahkan untuk mengirim lamaran ke info@bakti.or.id (CV dan surat lamaran) dengan batas waktu tidak lewat dari tanggal 5 Juni 2014.

Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia)
Jl. H.A. Mappanyukki No.32
Makassar, Sulawesi Selatan 90125
Telp. +62 411 832 228, 833 383 Fax +62 411 852 146