loading...

Lowongan Enumerator di Bojonegoro, Yogyakarta, Lombok & Bandung

Endline Survey of Business Impact
on Mobile Value Added Service (MVAS) Women Entreprenuers in 4 locations
April 2014
 
Lingkup Kerja Enumerator
Latar Belakang
Di Indonesia, terdapat 3 tantangan yang dihadapi oleh khususnya wanita pengusaha namun tantangan tersebut juga berdampak luas terhadap para wanita pada umumnya. Pertama, budaya – menjadikan suatu karakter penting terhadap keberlangsungan hidup sehari-hari, banyak terdapat stigma negative yang diberikan kepada wanita terutama terkait masalah teknologi. Kedua, kurangnya pendidikan dan keterampilan dan ketiga, keterbatasan akses terhadap keuangan dan jaringan informasi.

The Cherie Blair Foundation for Women (CBFW) bekerja dengan wanita pengusaha untuk memperkuat kemampuan keuangan dan membantu meningkatkan taraf ekonomi mereka. Hal ini dilakukan dengan memberikan wanita pengusaha sebuah dukungan pengembangan bisnis yang terintergrasi, pilar utamanya adalah dengan menggunakan teknologi handphone untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka dibawah program Mobile Value Added Service (MVAS) for Women Entrepreneur.

Melalui program Mobile Value Added Services (MVAS) for Women Entrepreneurs, Mercy Corps sebagai mitra lokal dari Cherie Blair Foundation for Women (CBFW) mengembangkan 2 bentuk pelatihan yang berhubungan dengan kapasitas berbisnis yaitu Pengelolaan Keuangan untuk Usaha Mikro (diberikan pada bulan September 2013) dan Promosi untuk Usaha Mikro (diberikan pada bulan Maret 2014).
 
Target program ini adalah 2,000 wanita pengusaha yang menerima kedua pelatihan diatas di 4 lokasi. Lokasi tersebut berada di Bojonegoro (Jawa Timur), Yogyakarta (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat) and Lombok (NTB).
 
 
 
Tujuan Survei
Survei ini bertujuan untuk:
  • Memonitoring dampak kedua pelatihan program terhadap wanita pengusaha di ke-empat lokasi diatas.
  • Melakukan analisa atas kebutuhan mendasar lainnya dari wanita pengusaha tersebut yang dapat diberikan sebagai rekomendasi lanjutan.

Lokasi Survei
Survei akan dilakukan di 4 wilayah program yaitu:
1.     Bojonegoro
2.     Yogyakarta
3.     Lombok
4.     Bandung
 
 
Metodologi
Metodologi yang dilakukan dalam proses endline survey akan meliputi:
  • Survey: Kegiatan survey meliputi proses pengumpulan data, olah data dan analisa data. Pengumpulan data akan menggunakan tenaga enumerator yang akan mewawancarai responden survey (wanita pengusaha) dengan menggunakan kuesioner. Pengumpulan data para enumerator akan disupervisi oleh Research Supervisor.
  • Focus Group Discussion: Kegiatan in depth interview terhadap beberapa kelompok wanita pengusaha dan partner/mitra program
Untuk melakukan kegiatan survey ini Program MVAS for Women Entrepreneur memerlukan tenaga pengumpul data (Enumerator) sebanyak (3) orang di 4 lokasi, sehingga total yang dibutuhkan adalah 12 enumerator.
 
Enumerator
Enumerator bertugas melakukan wawancara dengan responden terpilih dalam survey ini dan bertanggungjawab langsung terhadap keabsahan dan kualitas hasil wawancara yang tertulis di dalam kuesioner.
 
Supervisor: Research Supervisor
 
Tugas Enumerator
  • Mengikuti training enumerator, termasuk melakukan uji coba wawancara menggunakan kuesioner; 
  • Perpartisipasi dan memberikan feed-back dalam diskusi hasil uji coba wawancara dan penggunaan kuesioner;
  • Berkoordinasi langsung dengan Research Supervisor dalam melakukan tugas wawancara dalam survey ini; 
  • Bersama Research Supervisor melakukan pemilihan responden untuk diwawancarai sesuai dengan metode dan tehnik pemilihan sampel yang ditetapkan;
  • Mewawancarai responden menggunakan kuesioner/electronic data form; 
  • Mengisi kuesioner sesuai dengan jawaban responden dan panduan dalam pengisian kuesioner; 
  • Dalam hal terjadinya kesalahan/ketidakakuratan pengisian data wawancara dalam kuesioner, enumerator bersedia melakukan perbaikan sesuai dengan arahan dari Research Supervisor;
  • Perbaikan yang dimaksud meliputi perbaikan jawaban pada kuesioner dan atau mengunjungi kembali responden atau melakukan wawancara ulang terhadap responden; 
  • Mengirimkan hasil wawancara ke server datadyne dan sudah divalidasi oleh Research Supervisor.
 
Kualifikasi Enumerator
 
  • Lulusan S-1 atau dalam tahun terakhir studi S1 di Fakultas Ekonomi atau yang relevan; 
  • Menguasai Bahasa Inggris (preferable)
  • Menguasai prinsip-prinsip penelitian kuantitatif; 
  • Berpengalaman mengumpulkan data di lapangan sebagai enumerator dalam survey;
  • Bersedia menyelesaikan pekerjaannya/melakukan wawancara sampai jumlah responden yang ditentukan selesai; 
  • Memiliki smartphone/android phone.
 
Deliverable
Hasil akhir kerja enumerator adalah kuesioner yang telah terisi jawabannya sesuai dengan hasil wawancaranya dengan responden, yang sudah dikirim dan divalidasi oleh Research Supervisor.

 
Waktu Kerja
Waktu kerja enumerator dimulai sejak tanggal 21 April – 30 April 2014, atau lebih cepat dari waktu tersebut sesuai target jumlah responden yang menjadi tanggungjawabnya.
 
 
Aplikasi dan CV bisa dikirimkan ke procurement@id.mercycorps.org paling lambat 17 April 2014.

Terima kasih,
Mercy Corps